Media Informasi Terkini

#KajianIslam* Inilah Hukum Zakat Dengan Potongan Gaji Karyawan




Ramadlan sudah hampir tiba itu artinya umat muslim akan berbondiong-bondong untuk memenuhi kewajibannya yakni membayar zakat, membayar zakat bentuknya bemacam-macam, ada yang menggunakan uang ini yang llumrah terjadi ada juga yang menggunakan beras.

Ini semua di fungsikan untuk memenuhi kebutuhan kaum fakir miskin yang berada di daerah pengambilan zakat.




Nah, yang menjadi problematika terkait pembayaran zakat fitrah, untuk Instansi pemerintahan atau perusahaan ahir-ahir ini memperlakukan potong gaji untuk perbayaran  karyawan yang zakat.

Terkait kasus pembayaran zakat yang terjadi di pemerintahan atau perusahaan. apakah di perbolehkan memotong gaji karyawannya sebagai pembayaran zakat.

Menurut Hasyiyah Bujairamy 'Ala Minhaj Juz 2 Halaman 52


Orang tua di perbolehkan membayarkan zakat bagi anaknya yang berada di bawah kekuasaannya meskipun anaknya sendiri kaya raya, berbeda jika seseorang di bayarkan zakatnya, tapi tidak di bawah kekuasaannya.

Seperti anak orang lain yang masih kecil yang sudah pandai, maka tidak di perbolehkan orang lain mengeluarkan zakat untuk anak tersebut, kecuali ada izin dari anak tersebut atau walinya.

Apabila tidak mendapatkan izin dari anak tersebut, maka zakat yang di kelaurkan tidak sah. kenapa tidak mengesahkan, sebab, zakat sendiri ialah bentuk ibadah yang membutuhkan niat.

Jadi, Kewajiban zakat tidaklah gugur dari orang mukallaf jika mengerluarkan zakat fitrah tanpa izin dari orang yang di zakati. ini merupakn pendapatnya Imam Ramli dalam Syarhnya.

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari penjelasan kitab Hasyiyah Bujairamy adalah dapat mengesahkan zakat yang di ambil dari potongan gaji karyawan pemerintahan atau perusahaan.

Namun, Syaratnya mendapatan izin dari orang yang di zakati, atau ada prasangkan bahwa orang yang akan di zakati, yang di ambilkan dari potongan gajinya bisa menerima dengan baik. 




Zakatnya tidak sah kalau mezakki (orang yang di zakati) tidak mau atau menolak untuk pembayaran zakatnya di ambil dari gajinya.

Demikian artikel yang dapat kami bagikan kepada sahabat semuanya, semoga apa yang kami bagikan memberi kemanfaatan untuk sahabat semua..

Kalau ada permasalah yang rumit untuk di pecahkan terkait hukum islam, bisa tanya di dalam komentar, Insa Allah Admin akan segera menjawab..
Tag : Islam
0 Komentar untuk "#KajianIslam* Inilah Hukum Zakat Dengan Potongan Gaji Karyawan "

Back To Top