Media Informasi Terkini

Lengkap. Solusi Bijak Menyesaikan Masalah Dalam Rumah Tangga


Semua umat manusia yang beriman, ketika seorang memiliki istri tidak akan lepas dengan yang namanya masalah yang datang silih berganti, seperti yang kita tahu suami atau istri memiilki karakteristik yang berbeda, biasanya pasangan yang tidak bisa membedakan karakter  tersebut cenderung sulit untuk memecahkan masalah yang datang.

Di web mursyid hasan kali ini akan menjelaskan dan memaparkan masalah yang sering di hadapi oleh pasangan suami istri dan juga akan memberikan solusi dalam menghadapi permasalah yang terjadi di dalam rumah tangga.

Serta memaparkan tahapan demi tahapan dalam memahami perbedaaan emosi antara laki-laki dan perempuan, berikut pemaparan yang dapat kami sampaikan:

Perbedaan Emosi Laki Dan Perempuan


Solusi Bijak Menyesaikan Masalah Dalam Rumah Tangga
Emosi




Emosi yang di hadapi oleh kaum laki-laki menurut dokter Aisyah Dahlan terletak di tengah otak, di tengah otak tersebut ada bermacam-macam sifat seperti penakut, marah, malu, emosi dan cemburu, semuanya perasaan berada di otak bagian tengah.

Sehingga ketika laki-laki marah atau emosi mengarah pada bagian otak sebelah kanan, sehingga tidak memperngaruhi otak sebelah kiri, sebetulnya Allah Swt kasih otak sebelah kanan ini kerjanya hanya untuk rilex, santai, ber-imajinasi, bahagia.

Sedangkan untuk otak bagian kiri Allah Swt ngasih kerja sebagai membaca, menghitung, sebagai otak serius.

Sehingga ketika seorang laki-laki sedang emosi hanya otak bagian kanan saja yang terganggu tidak otak sebelah kiri, sehingga laki-laki bisa menahan emosinya dan masih bisa berfikir cerdas, dan juga bisa melakukan sesuatu, agar emosi atau persaan takut tersebut bisa hilang dan tidak terlihat oleh orang lain.

Banyak contoh ketika seorang istri sedangkan sakit suami akan terlihat tenang meskipun sebenarnya ia cemas, sebab, cemasnya ini di bagian otak sebelah kanan, sedangkan otak sebelah kiri bersikap tenang dan terus berfikir.

Sedangkan untuk kaum hawa semua otak kanan dan kiri semuanya terganggu, ini terbukti ketika seorang perempuan sedang sedih kelhatan dari wajahnya, dan juga ketika perempuan sedang marah ia akan itu sulit untuk bisa mengendalikan dirinya, bahkan ia akan melukai dirinya sendiri.

Karena perempuan kalau sedang marah otak bagian kakan dan otak bagian kiri terganggu, sehingga sulit untuk mengendalikan dirinya dan tidak bisa berfikir jernih.

Cegah Masalah Dalam Rumah Tangga


“Sedia payung sebelum hujan” kalimat tersebut mengawali  dalam kesempatan hari ini, seseorang yang menjalani kehidupan rumah tangga, pasti tidak akan  dari berbagai macam ujian yang menimpa,
Untuk itu sebelum ujian itu menimpa, maka sebaiknya sediakan payung, agar air hujan tidak membasahi kehidupan rumah tangga, 


Biasakan Berdiskusi


Solusi Bijak Menyesaikan Masalah Dalam Rumah Tangga
Sharing




Allah Swt dalam kitabnya menerangkan untuk selalu bermusyawarah dalam suatu masalah, baik masalah pribadi, keluarga atau dalam pemerintahan, musyawarah ini sangat berguna sekali salah satunya, mudah menemukan titik terang suatu masalah serta mudah mencari jalan yang terbaik.

Dalam rumah tangga juga penting untuk selalu bermusyawarah, ketika ada permasalah yang di nilai berat oleh pasangan suami istri tersebut untuk mengambil suatu tindakan, seperti contoh musyawarah masalah anak ketika ingin di sekolahkan atau di pondokkan atau ketika ingin mengambil suatu keputusan baik untuk urusan pribadi atau keluarga.

Sebab, ketika seorang suami atau istri melakukan sesuatu tindakan yang tidak di ketahui oleh pasangannya, lalu ada masalah di dalamnya, ia akan merasa terbebani sendiri, terkadang ketika permasalahn itu terjadi tanpa sepengetahuan pasangan yang lain, lalu di adukan kepada pasangannya.

Hal semacam ini akan timbul saling menyalahkan, akan menyudutkan satu sama lain, tidak merasa di ikut andilkan,  niat hati ingin menyelesaikan masalah, malah menambah masalah.


Saling Terbuka


Saling terbuka ini akan timbul ketika sistem musyawarah dalam rumah tangga di lakukan, saling terbuka ini penting, agar masing-masing pasangan tidak merasa ada beban, semisal ketika ada beban ia akan berterus terang pada pasangannya, sehingga dengan begitu ia bermusyawarah,  berdiskusi mencari solusi yang lebih baik.

Saling terbuka ini juga ada batasan-batasan tertentu misal terkait gajian suami, aib masing-masing pasangan, atau apapun yang di nilai tidak perlu untuk di ketahui oleh orang lain, semisal kalau di ketahui oleh orang lain termasuk salah satu pasangan suami istri akan terjadi masalah yang sangat besar. Maka tidak perlu untuk di buka.

Karena di sini komitmen kita menuju rumah tangga yang sakinah dan mawadlah, meskipun pada saat tertantu tidak saling terbuka, karena sebab-sebab tertntu. Dan untuk mempertahankan hubungan yang sudah di bina. Dan menyanyangi pasangannya.


Bersikap Romantis Setiap Hari


Solusi Bijak Menyesaikan Masalah Dalam Rumah Tangga
Romantis




Mencegah masalah dalam rumah tangga sebelum masalah itu terjadi, caranya dengan bersikap romantis pada pasangannya, karena dengan bersikap romantis pada pasangannya, tidak ada celah atau lubang untuk bermasalah.

Walapun ada masalah tidak begitu besar, karena sudah di pupuk sekian hari dengan sikap romantis, tujuan romantis ini agar suasana dalam rumah tangga bisa cair tidak tegang, mendorong untuk saling terbuka, saling berdiskusi untuk melakukan tindakan.

Sikap romantis yang di terapkan dalam rumah tangga akan menimbulkan banyak hal semisal anak merasa nyaman. Rumah layaknya surga, sehingga suami atau istri tidak akan berlama-lama di luar rumah, karena apa yang ia harapkan sudah terwujud yang tidak ia temukan di luar rumahnya.


Saling Membantu


Manusia memiliki keterbatasan untuk melakukan sesuatu, karena menusia memiliki sifat lemah yang masih memerlukan bantuan orang lain untuk mengerjakan sesuatu yang memberatkan dirinya.

Agama islam dan agama yang lain menganjurkan untuk saling tolong menolong dalam hal apapun, sekira orang yang tertimpa beban itu tidak bisa mengerjakan sendiri.

Dalam rumah tangga juga perlu adanya sikap saling membantu, agar semua pekerjaan menjadi ringan, dan juga dengan adanya sikap membantu ini, maka di antara suami istri tersebut akan tercipta suasana yang harmonis. Tentram,  akan timbul sikap romantis, Satu sama lain merasa di perdulikan dan akan tercipta  kasih sayang di dalam rumah tangganya.


Saling Memaafkan


Manusia memiliki kekuatan untuk melakukan sesuatu hal, baik itu berkaitan dengan pribadinya atau dengan orang lain, dengan adanya hal tersebut ia terkadang melakukan sebuah kesalahan baik dengan kesengajaan atau kesalahan yang tak terduga.

Maka, untuk menciptakan suasana yang islami dalam rumah tangga, tanpa ahrus beradu otot ada sikap yang paling di anjurkan ialah selalu memaafkan, Namun, bagi orang yang melakukan kesalahan lalu di maafkan untuk selalu memperbaiki diri.

Jangan mentang-mentang selalu di maafkan oleh orang lain atau istrinya, lalu berbuat seenaknya, ini jangan sampai terjadi, karena manusia zaman sekarang ada batas kesabarannya.

Tetap berkomitmen untuk mempertahankan rumah tangga yang kita bina, ingatlah hal yang terjadi sebelum pernikahan, janji untuk selalu setia dan memperbaiki hubungan.

Hindari Dalam Rumah Tangga


Gegabah 


Solusi Bijak Menyesaikan Masalah Dalam Rumah Tangga
Tenang Ketika Ada Masalah




Dalam hadits ada larangan untuk melakukan sesuatu dengan tergesa-gesa, terburu-buru atau gegaba, sebab, sikap gegabah dalam melakukan tindakan akan merugikan diri sendiri atau orang lain.

Bermusyawarahlah, tukar pikiran dengan pasangannya untuk menemukan solusi yang terbaik, karena seseorang yang melakukan suatu hal dengan terburu-buru, maka godaan syetan akan menyertainya.

Banyak kan yang terjadi ketika seseorang melakukan perkara dengan gegabah dan terburu-buru, ia akan tertipu, mudah melakukan kesalahan. bersikaplah tenang tapi pasti


Jangan saling menyalahkan


Menyalahkan, menyudutkan dalam rumah tangga merupakan bentuk perkara yang harus di hilangkan, sebab,  timbulnya masalah dalam rumah tangga, itu sering terjadi karena satu sama lain saling menyalahkan dan yang paling parah saling menyudutkan satu sama lain.

Kalau semisal tidak mampu untuk menyelesaikan masalah, solusi terbaiknya mendatangkan pihak ketiga sebagai penengah dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi, di anjurkan bagi orang ketiga harus memiliki sikap bijak dalam memutuskan masalah di segani oleh kedua belah pihak.

Demikian artikel yang dapat kami informasikan semoga bermanfaat untuk semuanya, terutama bagi pasangan suami istri. aminn





Tag : Inspirasi
0 Komentar untuk "Lengkap. Solusi Bijak Menyesaikan Masalah Dalam Rumah Tangga"

Back To Top