Media Informasi Terkini

Kisah Inspirastif. Orang Buta Berjiwa Malaikat

Kisah Inspirastif. Orang Buta Berjiwa Malaikat
Mengusap Kedua Mata

Rasulullah pernah bercerita kepada Abu Hurairah terkait tiga orang dari golongan kaum bani Israil, ketiga orang ini memiliki kekurangan fisik yang pertama orangnya terkena penyakit belang, yang kedua terkena penyakit botak, orang  ketiga mengalami kebutaan.

Lalu Allah Swt ingin menguji ketiga orang ini dengan mengutus para malaikatnya. Apakah ketiga orang ini mampu mengendalikan dirinya atau sebaliknya.

Lalu malaikat yang di utus oleh Allah Swt untuk menguji hambanya mendatangi orang yang pertama (orang yang terkena penyakit belang), lalu malaikat tersebut berkata, “ Apa yang kamu inginkan?, orang pertama berkata, “Yang paling aku inginkan ialah Bentuk fisik yang baik, kulit yang baik.




Sebab, adanya penyakit belang yang menimpa saya ini, masyarakat merasa jijik melihatku, Lalu malaikat tersebut mengusap penyakit belang yang menimpa dirinya, dengan usapan malaikat ini penyakit belang yang menimpa dirinya seketika itu hilang.

Lalu berkata malaikat, “ sekarang Harta apa yang kamu inginkan, lalu orang belang tersebut menjawab, “yang saya inginkan hewan unta. 

Riwayat hadits ini terjadi khilaf, ada yang mengatakan unta ada yang mengatakan sapi, lalu dengan keinginan orang tersebut, malaikat memberikannya unta yang sedang hamil.

Setelah malaikat tadi memberikan apa yang di inginkan oleh orang yang terkena penyakit belang tadi, lalu malaikat mendoakan agar Allah Swt memberikan barakah kepadanya.

Setelah mendatangi orang yang pertama malaikat mendatangi orang yang buta , lalu berkata, “apa yang sekarang kamu inginkan”. Orang buta tadi menjawab, “aku ingin Allah Swt mengembalikan penglihatanku, agar aku bisa melihat manusia.


Kisah Inspirastif. Orang Buta Berjiwa Malaikat
Penyakit Belang


Kemudian malaikat tersbut mengusap kedua mata orang yang mengalami kebutaan tadi, dengan usapan malaikat tersebut, seketika itu orang yang mengalmi kebutaan dapat melihat dengan jelas.

Setelah itu malaikat menawarkan hewan yang di inginkan, dengan tawaran dari malaikat tersebut, sontak saja ia menginginkan seeokor kambing, lalu malaikat tersbut mengabulkan permintaannya dengan memberikan seekor kambing yang akan melahirkan.




Lalu malaikat mendatangi orang yang terahir yakni orang yang mengalami kebotokan, dengan berkata, “apa yang kamu inginkan sekarang?, orang botak tersbut menginginkan rambut yang bagus,
Sebab, kebotokan yang yang ia alami menyebabkan masyarakat merasa jijik kepadanya, dengan melihat keluhan dari orang yang botak tersbut, malaikat lalu mengusap kepala yang tidak di tumbuhi oleh rambut.

Setelah malaikat mengusap kepalanya, seketika itu tumbuh rambut yang sangat bagus, setelah mengabulkan permintaan orang yang botak untuk menumbuhkan rambut, lalu malaikat tadi berkata lagi, “Harta apa yang kamu inginkan. Kemudian ia menginginkan seekor sapi, lalu di berikalah seekor sapi yang sedang hamil, lalu malaikat tersebut mendoakan agar Allah Swt memberikan barakah padanya.


Setelah sekian lama orang ketiga dari bani israil ini hidup dengan sempurna dengan bentuk fisik yang bagus serta memiliki kekayaan yang melimpah, lalu malaikat yang dulu pernah mengabulkan permintaannya, datang lagi untuk menguji ketiga orang ini.

Terlebih dahulu malaikat mendatangi orang yang dulu pernah mengalami penyakit belang, malaikat yang di utus oleh Allah Swt ini berbentuk seorang laki-laki, lalu berkata, “Aku ini seorang laki-laki yang miskin yang tidak bisa melanjutkan perjalanan, sebab kehabisan bekal.

Sekarang sudikah kamu memberikan sesuatu yang pernah aku kasihkan kepadamu, seperti kulit yang bagus, warna kulit yang putih harta yang melimpah, untuk bekal dalam perjalananku ini, dengan perkataan malaikat yang berubah wujud manusia ini.

Lalu orang yang pernah mengalami penyakit belang ini berkata, Maaf, masih banyak hak-hak yang harus aku kerjakaan, maksudnya tidak mau memberi.

Dengan jawaban dari orang pertama ini, malaikat yang berubah wujud sedikit membuka memori masa lalu,  agar orang ini ingat kalau dulu ia pernah mengalami penyakit belang yang di jauhi oleh manusia serta miskin. Dan meminta kepada Allah Swt untuk menyembuhkan penyakitnya.

Kata malaikat kepada berpenyakit belang, “sepertinya aku mengenalimu, yang dulu pernah mengalami penyakit belang dan di jauhi oleh masyarakat serta orang yang fakir, kemudian Allah Swt memberimu harta yang melimpah.

Dengan sombongnya orang sembuh dari  penyakit belang ini berkata, “harta yang melimpah ini warisan dari ayahku dan ayahku mendapat warisan dari kakekku.

Dengan jawaban ini, malaikat berkata, “jika kamu berbohong atas perkataanmu tadi, semoga Allah Swt mengembalikan ke bentuk semula dan menjadikan kamu miskin lagi, ternyata benar tidak berselang lama penyakit yang dulu menimpanya kambuh lagi dan jatuh miskin.

Setelah orang pertama gagal, lalu malaikat beralih mendatangi orang kedua yakni orang yang dulunya mengalami kebotakan, orang kedua ini kisahnya sama dengan orang yang pertama, baik dalam segi pertanyaan malaikat dan juga jawaban orang yang kedua ini sama dengan jawan orang yang pertama, sehingga menjadikan orang kedua ini menjadi seperti yang dulu lagi (botak).

Setelah orang pertama dan orang kedua gagal, malaikat mendatangi orang yang dulu pernah di sembuhkan kebutaannya serta memiliki beberapa ekor  kambing,

Lalu, malaikat tersebut berkata, “aku ini seorang laki-laki yang tidak dapat melanjutkan perjalananku, di sebabkan, habisnya bekal, demi Dzat yang telah menyembuhkan kebutaan, aku sekarang meminta kambing kepadamu untuk biaya perjalananku.

Kisah Inspirastif. Orang Buta Berjiwa Malaikat
Orang Botak



Lalu orang ketiga ini berkata, “Dulu aku pernah buta yang di sembuhkan oleh Allah Swt, maka sekarang ambillah kambing yang kamu mau, kalau mau mabil semuanya, demi Allah hari ini aku tidak merasa berat memberikan semua kambing kepadamu, karena semua ini kerena Allah semata.

Dengan keihklasan orang yang sembuh dari kebutaan tersebut, dengan memberikan semua kambing kepada malaikat yang sedang mengujinya, lalu malaikat tersebut berkata kepadanya?

Jagalah kambing ini, sesungguhnya aku datang kepada mu hanya ingin menguji saja, sesungguhnya Allah Swt meridloi pekerjaanmu tadi, dan Allah Swt murka terhadap kedua temannmu yang tidak mau bersyukur. Cerita ini oleh para ulama di sohihkan kebenarannya.

Penulis mengharap, khususnya kepada diri saya sendiri dan para pembaca yang budiman, kiranya dapat mengambil hikmah di balik kisah ini, kenapa, agar bisa meneladani, mengamalkan dan juga selalu bersyukur, atas apa yang kita miliki sekarang ini. 

Semoga kisah ini menjadikan kita seorang insan kamil yang selalu di ridloi. Aminn 
  



Tag : hikayah
0 Komentar untuk "Kisah Inspirastif. Orang Buta Berjiwa Malaikat"

Back To Top