Media Informasi Terkini

Lengkap. Pembahasan Tentang Murtad Menurut Islam

Lengkap Pembahasn Tentang Murtad Menurut Islam
MURTAD

Murtad merupakan salah bentuk perbuatan untuk memutus islam baik dengn perbuatan seperti menyembah berhala, atau dengan ucapan seperti mengakui Allah Swt itu dua dan dengan kehendaknya sendiri bukan paksaan.

Kalau di paksa untuk murtad, Namun hatinya tetap mengimani Allah Swt, maka orang seperti tetap islam, tidak di katakan murtad, sebab, ia murtad karena di paksa.

]Murtad merupakan salah satu perbuatan yang paling dimurkai Allah Swt, sebab, dengan murtad ia telah menyekutukan Allah Swt, bagi orang yang murtad, lalu ia meninggal dunia sebelum bertaubat, maka semua amal kebaikan selama hidupnya di hapus.

Beda halnya kalau orang yang murtad tadi memeluk agama islam lagi,  maka kebaikan selama hidupnya masih tetap, hanya saja pahalanya yang hilang, seperti amal ibadah berupa shalat, zakat atau haji.

Menurut sebagian keterangan orang murtad yang bertubat tidak berkewajiban mengulangi semua amal kebaikan yang pernah ia kerjakan sebelum murtad. sedangkan Kalau menurut Imam Abu Hanifah  wajib mengulangi semua  ibadah yang pernah ia kerjakan.
Tapi, Hanya kewaiban saat ia murtad saja yang harus di ganti, semisal tanggal 1 jam 11:00 siang ia murtad, lalu jam 20:00 ia kembali memeluk agama islam, jadi ia telah meninggalkan ibadah shalat dluhur, ashar, magrib dan isya’, maka ibadah ini yang harus di ganti semua, bukan amalan ibadah sebelum  ia murtad.


Contoh Murtad Sebab I’tiqat


Contoh murtad yang di barengi dengan keyakinan seperti menyakini bahwa Allah Swt itu tidak ada, menyakini dan mengakui kalau Nabi Muhammad Saw itu bukan utusan, atau menentang hukum yang sudah di sepakati seperti shalat itu wajib, semua ulama sepakat, Namun, ia menentangnya kalau shalat itu tidak wajib, maka ia telah murtad

Murtad sebab sujud kepada selain Allah Swt walapun bersujud kepada Nabi Muhammad Swt, sujud di sini yakni menyembah. Kalau sujud karena memulyakan maka boleh.

Contoh Murtad Sebab Perbuatan


Contoh murtad kerena pekerjaan sseperti berjalan kegereja dengn bertingkah layaknya orang kafir baik dengan berpakaian layaknya orang kafir atau membuang lembaran al-qur’an ke tempat sampah.

Kewaijiban Orang Murtad


Orang yang murtad  baginya wajib di suruh untuk bertaubat kembali ke agama islam, kerena hak kelanjutan hidupnya masih terjaga lantaran sebelumnya telah memeluk agama islam dan kemungkinan mengalami kesubhatan pada dirinya lalu di hilangkannya.

Kalau orang yang murtad tidak mau kembali keagama islam, maka bagi hakim atau yang mewakili wajib membunuhnya dengan cata memenggal kepalanya, tidak di perbolehkan membunuh dengan cara lain.

Wajib membunuh orang murtd sesuai dengan hadits Nabi Muhammad Saw, “ barang siapa di antara kamu semua mengganti agama (Murtad) maka bunuhlah, kecuali ia mau kembali memeluk agama islam lagi, maka islamnya sah dan tidak di bunuh. Sekalipun berkali-kali melakuakn kemurtadan.

Cara Kembali Ke Agama Islam Bagi Orang Murtad


Menurut pendapat yang muktamat orang murtad atau orang yang kafir sejak lahir cukup membaca dua kalimat syahadat untuk kembali memeluk agama islam, kalau orang tersebut dapat berbicara. Kalau semisal dapat berbicara namun tidak dapat melafadkan syahadat menggunakan bahasa arab, maka boleh baginya melafadkan dua kalimat syahadat menggunakan bahasa apapun.

Belum di katakan islam kalau hanya mengimani saja,  tanpa mengucapkan kalimat syahadat menurut Imam al-Ghazali dan segolongan ulama mutahaqqin. Menurut Madzhab Asy’ari dan Maturidi barng siapa mengakui dalam hatinya tanpa iqrar dengan lisannya  (mengucapkan kalimat syahadat), maka ia di hukumi islam disisi Allah Swt belum di katakan islam dalam hukum di dunia.


10 Hal Musibah Terbesar Bagi Orang Murtad


Orng islam yang mencari agama lain dan memeluk agama selain islam, maka hak-haknya sebagai orang islam terputus.

Yang pertama


Orang murtad tidak dapat mewariskan harta kepada keluarganya, semisal orang murtad itu kaya raya lalu meninggal dunia, maka harta peninggalannya tidak dapat di wariskan begitu juga tidak dapat menerima harta warisan dari salah satu keluarganya yang meninggal.

Cacatan penting orang murtad tidak menerima warisan juga tidak dapat mewariskan harta peninggalannya baik yang menerima warisan itu kafir, atau pemilik harta warisan kafir.

Pernikahnnya Batal


Lengkap Pembahasn Tentang Murtad Menurut Islam
MURTAD



Semisal orang menikah sebelum murtad, lalu murtad, maka pernikahannya dengan wanita muslimah opomatis batal, kalau mau menikahi perempuan muslimah maka hukumnya haram.

Dalam al-qur’an juga di jelaskan tidak di perbolehkan seorang laki-laki muslim menikahi perempuan musrik atau murtad begitu juga perempuan muslim tidak di perkennankan menikahi laki-laki musryi atau murtad, karena syarat sahnya nikah kedua mempelai harus islam.

Kalau menikahi perempuan ahlu kitab atau menikah dengan laki-laki ahlu kitab, maka sah nikahnya, Namun, syaratnya kitab yang di pelajari belum di ubah.

Tidak Dapat Mewalikan Nikah


Laki-laki yang berpindah agama selain agama islam, lalu memiliki anak perempuan yang hendak menikah, maka ia tidak boleh menjadi wali nikah, sebab wali nikah syaratnya harus islam dan adil. Lalu siapa yang berhak menjadi wali nikah, kalau ayahnya murtad.

Saudara kandungnya kalau memiliki kakak laki-laki, kakeknya atau pamannya, kalau semuanya ini tidak ada, maka hakim atau tokoh masyarakat yang adil.

Adil disini yakni orang yang jauh dari dosa besar dan tidak terus-menerus melakukan dosa kecil. Kalau tidak menemukan orang yang adil, solusinya mencari laki-laki yang menurut pandangan dlohirnya baik, tidak harus di teliti secara detail.



Mayatnya Tidak Di Urus


Kalau orang meninggal dunia dalam keadaan murtad, maka baginya tidak boleh untuk di mandikan, tidak boleh di kafani apalagi sampai di shalati, lalu ketika mau di makamkan tidak boleh di makamkan di  tempat pemakaman orang islam. Dan juga ketika orang yang murtad sudah di kubur tidak boleh bagi orang islam mendoakannya.

Inilah hal-hal yang harus kita lakukan jika ada salah satu orang islam murtad. Untuk itu jangan sekali-kali melakukan kemurtadan baik karena dorongan dari keluarga, sahabat atau bahan istri, sebab ancaman bagi orang yang murtad  sangatlah besar di akhirat nanti, di dunia juga tidak di perlakukan sebagaiman rang islam.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Aminnn..














Tag : Islam
0 Komentar untuk "Lengkap. Pembahasan Tentang Murtad Menurut Islam"

Back To Top