Media Informasi Terkini

5 Perbedaan Laki-Laki Dengan Wanita Dalam Shalat


Perlu di ketahui bersama, banyak orang melakukan shalat tapi tidak mengetahui kalau shalat yang ia kerjakan seperti shalatnya wanita, padahal dalam kitab-kitab mu’tabarah sudah di jelaskan perbedaan laki-laki dengan wanita dalam shalat.

Langsung saja agar pembahasan kali ini lebih mengena dan bermanfaat bagi semuanya.

Yang pertama

Merenggangkan siku-siku saat ruku’


5 Perbedaan Laki-Laki Dengan Wanita Dalam Shalat
RUKU' YANG BENAR


Banyak di masjid-masjid  ketika shalat jamaah, ada makmum yang shalat seperti shalatnya perempaun seperti menempelkan kedua siku-siku tangan ke bagian dada bawah, padahal sebenarnya untuk laki-laki yang sempurna harus merenggangkan siku-siku saat ruku’ sampai ketiaknya terbuka.


Merenggangkan tangan saat sujud


5 Perbedaan Laki-Laki Dengan Wanita Dalam Shalat
SUJUD YANG BENAR




Merenggangkan tangan ketika melakukan sujud ini juga banyak yang kurang sempurna, yang di lakukan oleh laki-laki, yaitu menempelkan kedua tangan ke perut, padahal yang sempurna merenggangkan kedua tangan sampai ketiaknya terbuka lebar.


Mengeraskan bacaan


Saat melakukan shalat yang mana shalat itu di haruskan keras bacaanya, maka bagi laki-laki harus mengeraskan bacaan shalat seperti dua rakaat di shalat maghrib, Isya, subuh, hari raya idul fitri dan idul adha.


Membaca Subhanallah


Ketika melakukan shalat berjamaah, lalu imam lupa menambah rakaat shalatnya, maka solusi yang harus di kerjakan oleh makmum ialah, mengucapkan lafad subhanallah sekira imam mendengar bacaan Subhanallah.

Ketika seseorang makmum mengucapkan lafad subhanallah dengan tujuan berdzikir saja atau memberi tahu beserta ada tujuan berdzikir  saja, bahwa si imam  menambah rakaat atau mengumumkan bacaan subhanallah, maka shalatnya makmum yang membaca subhanallah tidak batal shalatnya.

Kalau makmum membaca subhanallah dengan tujuan memberi tahu imam saja bahwa telah menambah rakaat shalat tanpa adanya niat dzikir, maka batal shalatnya makmum.

Auratnya Laki-Laki Dalam Shalat


Ketika seorang laki-laki mengerjakan shalat, maka harus tahu batasan auratnya laki-laki, batasan auratnya laki-laki mulai lutut sampai pusar. Maka bukan di namakan aurat bagi laki-laki, yaitu di atas pusar di bawah lutut.

Seseorang  yang melakukan shalat menggunakan celana pendek yang menutupi lutut sampai pusaarnya, secara fikih shalatnya sah, sebab auratnya tertutup, Namun, secara ilmu Tasawwuf shalatnya tidak sempurna bahkan bisa batal sebab tidak memiliki etika saat menyembah kepada Rabb yang maha mulia.

Demikian uraian artikel yang dapat kami informasikan semoga bermanfaat untuk semuanya. Aminn 





Tag : Islam
0 Komentar untuk "5 Perbedaan Laki-Laki Dengan Wanita Dalam Shalat"

Back To Top