Media Informasi Islam Terkini

Tips Menghafal Al-Qur'an Dengan Cepat Dan Mudah Usia 5 Sampai 15 Tahun

Tips Menghafal Al-Qur'an Dengan Cepat Dan Mudah Usia 5 Sampai 15 Tahun
METODE MENGHAFAL AL-QUR'AN

Sahabat mursyid hasan yang di muliakan Allah Swt, kita tahu semua bahwa mengfahal al-qur’an itu sulit, apalagi yang Iq-unya rendah, namun kalau sejak dini sudah di biasakan membaca al-atau menghafal qur’an tiada yang sulit, masak yang tidak bisa melihat dan mendengar saja bisa menghafal di usia dini, masak yang normal tidak bisa.  Padahal makannya  sama, minum dan orang tuanya juga sama-sama manusia, masak anak-anak kita kalah dengan anak-anak mereka yang hafal al-qur’an, terus apanya yang salah.

Nah jangan kawatir, Tips ini memudahkan bagi orang tua untuk melatih anak-anak usia dini untuk menghafal al-qur’an dengan mudah dan cepat, yuk kita simak satu-satu...

1. Orang Tua Membacakan Al-qur’an


Peran orang tua sangatlah besar untuk mengembangkan bakat si anak walaupun anak masih kecil, contoh konkritnya jika orang tua menginginkan anaknya menghafal al-qur’an maka tugas orang tua, selalu membacakan al-qur’an di dekat si anak baik anak itu mendengarkan secara seksama ataupun tidak, sebab daya tangkap dan daya ingat anak sangatlah tajam, buktinya nyata bocah cantik asal makasar beliau buta sejak kecil, namun karena ibunya selalu mendengarkan ayat-ayat al-qur’an kepadanya baik di baca sendiri oleh ibunya atau menyediakan kaset atau radio yang selalu di dengar oleh bocah ini, tidak lama kemudian ia dapat menghafal al-qur’an dalam kurun waktu 3 tahun, tidak jauh berbeda dengan bocah kecil asal madinah Syeikh Jihad al-maliki, beliau juga di perdengarkan ayat demi ayat oleh ibunya.

2. Memotifasi 


Anak usia 5 sampai 15 tahun sangat suka dengan sanjungan atau motifasi dari orang-orang terdekat semisal ayah, ibu, kakak atau kakek. Dengan begitu tugas orang-orang ini motifasi anak yang di inginkan bakatnya tercapai, semisal menginginkan anaknya hafal 30 juz, dengan motifasi dari orang-orang terdekat ini, maka anak ini akan tergerak hatinya untuk menghafal al-qur’an bukan atas paksaan atau di suruh oleh orang tua, begitu juga semangat untuk menghafal sangat lah besar sehingga ia akan mudah menghafalnya.

Cara memotifasinya bagaimana? Gampang dunia anak kecil usia 5 tahun sukanya cerita, maka dari itu ceritakan faidah-faidah orang yang menghafal al-qur’an, pahala orang yang menghafal al-qur’an.

Bagaimana kalau orang-orang terdekat tidak bisa memotifasi? Gampang juga belikan kaset tahfidan anak-anak kecil, agar anak kita dengan sendirinya termotifasi dan tergerak hatinya untuk menghafal al-qur’an.

Jangan pernah menyuruh anaknya untuk menghafal al-qur’an tanpa adanya keinginan dari anak itu sendiri , kenapa ? karena, dari pengalaman penulis  anak yang menghafal al-qur’an karena ada paksaan atau di suruh, maka anak akan malas menghafal karena mengalami kesulitan dalam menghafal al-qur’an atau bahkan ada yang sampai putus hafalannya.


Tips Menghafal Al-Qur'an Dengan Cepat Dan Mudah Usia 5 Sampai 15 Tahun
MEMBACAKAN AYAT AL-QUR'AN PADA BAYI

3. Mengulang Bacaan Al-qur’an


Cara cepat menghafal dan mengingat bacaan al-qur’an yakni selalu mengulang-ngulang bacaan al-qur’an tiap-tiap ayat sampai benar-benar hafal maksimal 15 kali bacaan, ini adalah metode yang paling sering di makai para hafid dan terbukti cara ini sangat baik dan cepat, agar hafalannya tidak mudah lupa sebaiknya di baca lagi setiap shalat rawatib (Qobliyah dan Ba’diyah shalat lima waktu).

4. Menggunakan 1 Mushaf


tips yang keempat agar lebih cepat menghafal al-qur’an sebaiknya menggunakan satu mushaf saja jangan berganti-ganti mushaf al-qur’an sebab kita seorang pemula berganti-ganti mushaf saat menghafal al-qur’an, akan kesulitan memperlancar bacaannya, sebab mushaf yang ia hafal berbeda hasil ketika menghafal mushaf yang lain, ini mengalaman penulis yang selalu berganti-ganti mushaf jadinya menghafal al-qur’an lambat dan sulit, kecuali sudah hafid lalu berganti al-qur’an untuk muraja’ah.

Demikianlah artikel tentang 4 tips menghafal al-qur’an dengan cepat dan mudah, mudah-mudahan dengan adanya artikel ini anak-anak kita dengan semangat yang tinggi untuk menghafalkan al-qur’an, bukan hanya al-qur’an tapi bisa menghafal kitab-kitab klasik karangan ulama salaf dan juga penghafal hadits nabi Muhammad Saw. Aminn..







Tag : Inspirasi
0 Komentar untuk "Tips Menghafal Al-Qur'an Dengan Cepat Dan Mudah Usia 5 Sampai 15 Tahun"

Back To Top