Media Informasi Terkini

Lengkap, Penjelasan Taubat Tidak Di Terima Allah Swt, Prespektif Hadits Dan Ijma’

Lengkap, Penjelasan Taubat Tidak Di Terima Allah Swt, Prespektif Hadits Dan Ijma’


Assalamualaikum sahabat mursyid hasan yang selalu berbahagia, artikel kali ini tidak jauh berbeda pembahasannya dengan artikel yang telah di posting, Namun, artikel kali ini lebih terperinci sesuai hadist dan ijma’ ulama’, semoga bermanfaat.


Ciri-ciri Taubat tidak di terima Allah Swt


Postingan sebelumnya telah di jelaskan syarat-syarat taubat bisa di terima oleh Allah swt, salah satunya berkomitmen untuk tidak mengulangi pelanggaran yang telah di lakukan, benar-benar merasa enyesal telah melakukan pelanggran itu, Nah, artikel kali ini penjelasannya ciri-ciri taubat tidak di terima oleh Allah swt.

1. Tidak merasa menyesal melakukan suatu pelanggaran, justru ia berbangga melakukan pelanggarann yang  tidak di ketahui oleh orang lain, contoh seseorang mencuri sepeda motor, lalu dari aksi kejahatannya itu tidak di ketahui oleh orang lain, lalu merasa berbangga aksinya ini tidak di ketahui orang lain, merasa lebih hebat, merasa lebih lihai. 

2. Selalu mengulangi pelanggaran yang pernah di lakukan, meskipun sudah tahu pelanggran yang ia lakukan menimbulkan malapetaka bagi dirinya sendiri.

3. Meremehkan Ampunan Allah SwtAda ayat yang menjelaskan “Mintalah ampunan kepadaku niscaya aku akan menghapus dosa-dosa yang pernah engkau lakukan.”. lalu ia bertaubat kepada Allah Swt, tapi, selalu berusaha melakukan pelanggaran-pelanggrannya denga dalih psti Allah swt mengampuni dosa-dosa.


Taubat Tidak menunggu Ajal


Sudah kita ketahui ajal itu tidak ada yang tahu, baik manusia, jin, syetan atau malaikatpun tidak ada yang tahu kecuali Allah Swt, maka dari itu atas ketidak tahuan kita atas kematian yang akan di hadapi, sudah sepatutunya untuk selalu waspada dan intropeksi diri, sebelum semuanya terlambat.
Mati tidak perlu tua, “Saya nanti saya taubatnya, toh sekarang masih muda”, banyak bayi masih kecil sudah meninggal, dalam kandungan pun janin itu ada yang meninggal, apakah tetap dengan pendirian kita, taubat akan di lakukan kalau sudah pensiun saja, kalau sudah tua, dengan anggapan datangnya ajal itu kalau sudah tua.

Mati tidak perlu sakit, “saya taubatnya nanti saja kalau sudah sakit parah”. Mati tidak ada syarat harus sakit dulu, harus strok dulu, tidak, banyak orang duduk baca koran meninggal, sedang tidur pulas tidak kembali dari tidurnya

Alasan taubat tidak di terima oleh Allah Swt


Lengkap, Penjelasan Taubat Tidak Di Terima Allah Swt, Prespektif Hadits Dan Ijma’
TAUBAT TIDAK DI TERIMA

Tempat

Tempa juga menentukan taubat tidak di terima oleh Allah Swt. Semisal taubat di pasar saat melakukan akad transaksi jual beli , taubat di tempat hiburan malam, discotik, atau tempat-tempat yang banyak terjadi kemungkaran.

Taubatlah di tempat yang paling baik, seperti  di masjid, mushalla, rumah, dengan berpakain yang paling baik.

Manusia sendiri

Alasan yang kedua karena ulah manusianya sendiri taubat tidak di terima oleh Allah swt, seperti orang kafir, orang munafik yang bertaubat sungguh-sungguh, namun, di balik itu semua ada niat jelek yang hendak mempengaruhi orang islam, bertaubat dengan tujuan duniawi bukan sematmata karena Allah Swt.

Demikian artikel singkat ini semoga kita semua termasuk orang-orang yang selalu di terima taubatnya oleh Allah Swt, dan di akhir hayat Allah swt mengampuni dosa-dosa kita, sehingga ketika usia kita sudah sampai pada waktunya, kita tidak membawa pelanggaran-pelanggaran.



Tag : Islam
0 Komentar untuk "Lengkap, Penjelasan Taubat Tidak Di Terima Allah Swt, Prespektif Hadits Dan Ijma’"

Back To Top