Media Informasi Terkini

Allah Sangat Bahagia Dengan Orang Yang Bertobat

Allah Sangat Bahagia Dengan Orang Yang Bertobat
Bertaubat

Sahabat Mursyid Hasan yang selalu mendapatkan Ridlonya, nah artikel ini membahas masalah tentang taubat, meskipun di artikel sebelumnya sudah di bahas masalha ini, tapi, artikel kali ini cenderung terhadap Allah Swt yang sangat bahagia melihat hambanya bertaubat kepadanya. kesalahannya.

Hadits Nabi Tentang Allah Swt Menjulurkan Tangannya

Allah lebih bahagia dengan taubatnya seorang hamba, dari pada bahagianya seorang yang kebetulan menemukan untanya, yang mana untanya itu sempat hilang sampai-sampai pemiliknya itu putus asa”.

Maksud dari hadits ini, Allah sangat bahagia melihat seorang hamba bertaubat atas kesalahannya, dari pada bahagianya seorang hamba yang kehilangan unta di tanah yang luas, sehingga ia merasa putus asa untuk mencari untanya, setelah itu putus asa tanpa di sadari unta yang di cari itu ada di hadapannya, pasti seorang ini sangat bahagia, Nah, Allah Swt lebih bahagia melihat hambanya bertaubat dari pada bahagianya orang yang menemukan untanya kembali. Ini bentuk kebahagian allah swt terhadap hamba yang mau bertaubat.


Dalam Hadits lain di sebutkan:

Allah sangat bahagia melihat hambanya bertaubat kepadanya, melebihi bahagianya seorang hamba yang menunggangi hewan tungganganya, lalu hewan itu lari meninggalkan pemiliknya, kemudian semua bekal makanan dan minumannya terbawa oleh hewan itu, sehingga membuat pemilikinya putus asa, lalu pemiilik memutuskan untuk berteduh di bawah pohon sambil tidur miring, Nah, Saat tidur itulah, hewan tunggangannya sudah berdiri di hadapannya, sehingga tanpa pikir panjang, ia memegang tali kendalinya, dari bahagia seorang hamba ini sampai-sampai berkata” Ya Allah Engkaulah hambaku, dan aku adalah tuhanmu” 

Inilah bentuk bahagianya seorang hamba jika barangnya yang hilang ketemu, sampai-sampai yang ia ucap tidak di sadari salah.

Hadits Nabi Muhammad Saw

Dari Aby Musa Bin Abdillah Bin Qois Al-Say’ari” Sesungguhnya Allah swt menjulurkan tangannya di malam hari untuk menerima taubatnya seorang hamba yang melakukan dosa di siang hari, dan Allah swt juga menjulurkan tanganya di siang hari untuk menerima taubatnya seorang hamba yang melakukan kesalahan di waktu malam, selama matahari belum terbit dari arah matahari tenggelam

Maksudnya hadist seperti ini  seolah-olah gambarannya, ” ketika seseorang terjatuh ke lubang yang sangat dalam, lalu ia mau bangkit lagi, kemudian ada seorang yang menjulurkan tanganya untuk menolong atau menaikan orang tersbut ke atas tanah.

Allah swt seolah-olah mau menolong orang yang terlanjur berbuat kesalahan agar orang ini tidak mendapatkan dosa dan siksa dan juga membenahi dirinya.

Menjulurkan tanganya ini bukan Allah swt memiliki tangan,  bukan, ini yang di maksud  adalah pertolongan Allah swt, seperti dalam ayat Wajhullah (Wajah Allah) yang di maksud adalah ridlo Allah swt, Allah swt duduk di atas Arsy yang di maksud Allah swt sangat berkuasa. 

Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang menyerupakan Allah swt dengan makhluk, karena itu perbuatan dosa besar.

Tertutupnya Pintu Taubat

Allah Sangat Bahagia Dengan Orang Yang Bertobat
Tertutupnya Pintu taubat

Ketika seorang hamba tidak lagi menghiraukan seruan Allah swt untuk bertaubat kepadanya maka sudah pasti Allah swt akan membalas dengan siksaan yang sangat pedih.

Sikksaan api neraka yang ada di bayangan kita dan yang ada di dalam kitab-kitab itu, adalah sebuah gambarannya saja, dari besarnya siksaan Allah swt tidak ada dalam bayangan juga tidak ada dalam buku tulisan, ini menunjukkan betapa besarnya siksaan Allah swt. Sebelum siksaan itu terjadi dan sebelum tertutupnya pintu taubat mari kita sama-sama bertaubat, lalu kapan pintu taubat itu tertutup.
Riwayatnya Abu Hurairah, ”seorang hamba yang bertaubat sebelum matahari terbit dari arah tenggelamnya matahari, maka Allah swt akan menerima taubatnya”. 

Ini menjelaskan bahwa tertutupnya pintu taubat itu saar matahari terbit dari arah barat.

Dari Abi Abdurrahman Abdullah Bin Umar Bin Khattab, dari Nabi Muhammad Saw, “ "Sesungguhnya Allah swt masih menerima taubatnya seorang hamba selama nyawa belum sampai tenggorokannya (Sakaaratul Maut).

Penjelasan hadits ini yaitu Allah swt menerima taubatnya seorang hamba, selama nyawanya belum sampai tenggorokan yang di cabut dari jasadnya.







Tag : Islam
0 Komentar untuk "Allah Sangat Bahagia Dengan Orang Yang Bertobat "

Back To Top