Media Informasi Terkini

5 Ulama Salaf Mengomentari Hukum Pembangunan Makam Orang Saleh

5 Ulama Salaf Mengomentari Hukum  Pembangunan Makam Orang Saleh
KUBAH MAKAM IMAM AS-SYAFI'I

Assalamualaikum sahabat mursyid hasan yang selalu mendapatkan petunjuk dari Allah swt, mari kita sama-sama membahas masalah hukum tentang legalitas pembangunan  makam orang saleh.

Perlu di ingat, bahwa yang mengatakan makam tidak boleh di bangun sebuah menara atau kubah, keharaman dan kemakruhan ini hanya sebuah bangunannya saja, bukan makam dan jenazahnya yang harus di bongkar, ini marak terjadi di negara timur tengah seperti negara arab saudi iraq. 

Penulis perjelas lagi, makam yang sering terjadi longsor atau rawan di gali oleh binatang buas, maka di bangun sebuh menara atau kubah di makam tersbut hukumnya boleh, sebab ada tujuan tertentu semisal takut di bongkar oleh binatang buas atau takut makamnya terjadi longsor, begitu juga boleh di bangun untuk  makam-makam para nabi, sahabat, ulama dan orang-orang soleh.

Terkait hukum makruh dan haram itu kalau tidak ada tujuan tertentu dalam melakukan pembangunan makam, selain makam nabi dan orang-orang saleh. Maka pembangunan makam orang-orang soleh boleh secara umum, baik ada tujuan tertentu atau tidak.

Makam Nabi Muhammad saw yang terletak di masjid nabawi kota madinah juga di bangun sebuah kubah hijau. Semua umat muslim di seluruh dunia sepakat untuk membangun sebuah kubah hijau pada makam Nabi Muhammad Saw.

Pernyataan ini bukan terlahir dari satu ulama saja, melainkan semua ulama sepakat, bahkan ada yang menghukumi sunnah, seperti ungkapan 5 ulama di antaranya:

a. Menurut al-habib al-qodli al-haq al-farmalawi


Membangun sebuah kubah di makamnya para nabi, wali dan orang-orang saleh hukumnya di perbolehkan, sebab ini termasuk bid’ah hasanah (Bid’ah yang baik)

Menaruh lilin di atas makam, memberi taber berupa tirai, kain kafan di atas makam dan yang lainnya, ini merupakan hal-hal yang sering kita lihat di makam para wali-wali Allah Swt, perkara ini trmasuk di perbolehkan, tujuannya di lakukan perkara ini, yakni untuk memulyakan dan mengagungkan para wali-wali Allah Swt yang sudah tiada, maka tujuan seperti itu di nilai sangat baik.

b. Syeikh muhammad Ibn Muhammad as-Syarqawi


Di pembahasan di muka sudah di jelaskan, jika ada masyarakat yang sanak keluarganya meninggal dunia, lalu di bangunnya sebuah kubah di atas makam, tanpa adanya tujuan yang di perbolehkan seperti, takut di bongkar oleh binatang buas atau takut terjadi longsor, maka hukum membangun kubah hukumnya makruh.

Kecuali makam para wali, orang-orang saleh, makam Nabi dan para suhada’ , kalau hendak membangun sebuah kubah, maka di perbolehkan. tujuannya agar umat islam lebih semangat dalam bertabarruq dan berziarah.


5 Ulama Salaf Mengomentari Hukum  Pembangunan Makam Orang Saleh
MAKAM PARA WALI  ALLAH SWT

c. Syeikh Hafidz as-suyuti


Hukum membangun kubah di atas makam para wali Allah Swt dan makam para orang-orang saleh di perbolehkan, walaupun makam keduanya berada di kuburan umum, apalagi tanah miliknya sendiri, pendapat ini di setujui oleh kalangan ulama as-Syafi’iyah dan ulama fiqhiyah. Keterangan kitab ihya’ al-maqbur Min adlillati Jawazi Ibna’ al-Masajid

d. Syeikh Ibn Hajar al-Haitami


Dalam kitab Ihya’ Ulum ad-din dan dalam kitab al-wasith telah di jelaskan di perbolehkan membangun kubah di atas makam orang-orang saleh, guru islam, di bangun sebuah kubah ini atas tujuan tertentu, semisal agar ada rasa memulyakan terhadap orang-orang saleh.

e. Syeikh Ibn Rif’ah 


Beliau menyetujui pendapatnya imam al-Ghzali yang menuturkan di perbolehkannya makam para wali-wali Allah Swt, di bangun sebuah kubah. 

Bahkan beliau Imam Ibnu Rif’an menghukumi sunnah membangun kubah di makamnya para wali-wali Allah Swt, penuturan ini sangat di benarkan tanpa adanya rasa ragu, karena menurut beliau ini merupakan tradisi yang terus berlangsung sejak dulu sampai sekarang (zamannya Imam Ibnu Rif’ah). 

Inilah pendapatnya para ulama mengenai hukum di perbolehkannya membangun sebuah kubah, memberi tabir, lampu di atas makam orang-orang saleh.

Semoga artikel ini bermanfaat dan kita semua mendapatkan barakahnya para wali-wali Allah Swt dan orang-orang saleh. Aminn..






Tag : Islam
0 Komentar untuk "5 Ulama Salaf Mengomentari Hukum Pembangunan Makam Orang Saleh"

Back To Top