Media Informasi Islam Terkini

4 Etika Yang Wajib Di Ketahui Terhadap Pengemis, Tuntunan Nabi Muhammad Saw

4 Etika Yang Wajib Di Ketahui  Terhadap Pengemis, Tuntunan Nabi Muhammad Saw
PENGEMIS


Pengemis ialah seseorang yang tidak memiliki pekerjaaan tetap serta tidak memiliki uang untuk bisa membiayai kebutuhan hidupnya, lalu, mereka meminta-meminta dari satu rumah kerumah yang lain, dengan tujuan meminta sedekah kepada ahlu bait untuk memnuhi kebtuhan hidupnya semisal, membeli beras, membayar SPP anaknya dll.

Banyak di antara kita, ketika ada pengemis meminta sesuatu kepada kita, sikap kita kurang begitu baik, seperti menolak memberi uang dengan kasar, menutup pintu saat ada pengemis, mengusir, bahkan ada yang sampai marah-marah.

Ini meruapakn perbuatan yang sangat tercela dan di benci oleh Nabi Muhammad, lalu bagaimana sikap kita, ketika ada pengemis meminta-minta ke rumah kita.


Berbicara Lembut


4 Etika Yang Wajib Di Ketahui  Terhadap Pengemis, Tuntunan Nabi Muhammad Saw
ETIKA BERBICARA


Seseorang ketika ada yang minta bantuan berupa materi semisal uang sangat lah tidak suka terkadang ada yang marah, Namun, jika di minta nasi, maka akan memberikan nasi secara Cuma-Cuma, intinya masyarakat lebih suka di minta nasi dari pada uang. Untuk kita sebagai umatnya Nabi Muhammad Saw dan juga sebagai orang muslim agar jangan sampai melakukan hal-hal yang di benci oleh nabi Muhammad, sebaliknya, lakukan hal-hal yang membuat nabi Muhammad senang terhadap apa yang kita lakukan contoh kecilnya, ketika ada seseorang meminta sedekah kepada kita  untuk keperluan hidupnya, maka sepatutnya memberi walaupun nominalnya kecil, tapi, memberi sesuai adat.

Bagaimana kalau kita memang tidak memiliki apa mau kita sedekahkan, maka sebaiknya berbicara yang halus, lembut dan sopan, jelaskan dengan jujur, kalau memang tidak memiliki uang atau benda yang mau di berikan, jangan malah marah-marah atau sampai sembunyi.

So, pengemis itu juga memiliki perasaaan sahabat, seperti persaaan yang kita memiliki.

Di Persilahkan Masuk


4 Etika Yang Wajib Di Ketahui  Terhadap Pengemis, Tuntunan Nabi Muhammad Saw
PRILAKU KURANG TERPUJI

Prilaku selanjutnya yang harus kita lakukan saat ada pengemis atau orang minta sumbangan, yakni mempersilahkan masuk. Lalu  bertanya, perihal kedatangannya, dari mana asalnya ada keperluan apa, ini di lakukan agar suasa lebih kalem dan tidak ada perbedaan antara kepala desa yang datang dengan pengemis, semuanya sama-sama hamba Allah swt.

So, tapi tetap harus berhati-hati, maksudnya bagaimana, kalau di dalam rumah itu hanya istri seorang diti tanpa adanya mahram, maka jangan memasukkan pengemis atau orang kedalam rumah kita awalaupun ada maksud apapun,  ini di lalkuakn bukan menyakiti pengemis atau dengan sengaja mengusir, tidak, ini di lakukan agar tidak terjadi fitnah antara suami istri atau hal-hal yang tidak di inginkan.

Di perbolehkan memasukkan pengemis kedalam rumah itu, kalau ada mahram, atau ada pesan dari suami jika ada orang yang bertamu untuk di masukkan kedamal rumah.


Menolak Dengan Lembut


Prilaku yang harus di miliki oleh setiap insan yang berakal ialah  jikalau  ada orang meminta-meminta kepada kita baik di rumah atau di jalan, sedangkan kita memang tidak memiliki uang atau benda untuk di berikan, atau memiliki uang atau harta, namun, sangat membutuhkan semisal di berikan sedikit saja, maka kebutuhan kita tidak di penuhi, maka boleh kita tidak memberi uang kepadanya atau menolak dengan lembut serta lebih indahnya di serta senyuman.

Contoh percakapan yang baik

Mas, Bu,  minta uangnya” kata pengemis sambil mengulurkan kedua tanganyaa.

Maaf bu saya memang tidak memiliki uang, ini ada uang namun saya sangat membutuhkannya, lain kali saja ya bu, insaa allah kalau nanti ada rezeki saya kasih yang lebih bu” jawaban yang baik, sambil memberi senyuman.

Semoga kita semua bisaa meneladani Rasulullah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya. Aminn..





Tag : Iislam
0 Komentar untuk "4 Etika Yang Wajib Di Ketahui Terhadap Pengemis, Tuntunan Nabi Muhammad Saw"

Back To Top