Media Informasi Terkini

12 Kelurahan Di Kota Malang Terserang Wabah Virus Difteri

12 Kelurahan Di Kota Malang Terserang Wabah Virus Difteri
Cegah Wabah Difteri

Penyakit difteri sudah menyerang warga kota malang di 12 kelurahan, dari data yang terdata ada sekitar 19 orang yang terjangkit virus ini, semua usia terinveksi virus difteri ada yang muda ada juga yang tua, namun menurut ahli kesehatan rata-rata yang paling banyak terjangkit virus ini yakni anak-anak.

Menurut dokter Asih beliau menjelaskan bahwa penyakit difteri ini virus yang sangat menular, proses penularannya melalui pernafasan yang di sebarkan oleh udara buruk dan juga menghirup udara yang sudah bercampur dengan bakteri, karena bakteri inilah yang mengancam kesehatan manusia bahkan nyawa bisa melayang di sebabkan oleh virus difteri.

Beliau dokter Asih juga merinci beberapa gejala yang di akibatakan virus difteri, salah satunya demam tinggi, terkadang sampai menggigil, batuk, sakit pada tenggoroan dan sesak. Sebab virus difteri ini menyerang pada anggota-anggota tertentu seperti hidung dan tenggorokan.

Dokter kesehatan menghimbau kepada warga masyarakat khususnya kota malang yang penduduknya terjangkit virus difteri, agar selalu hidup sehat, makanlah makanan yang mengandung vitamin, bergizi. seperti buah-buahan dan yang terpenting selalu rajin berolahraga.

Progam yang di rencanakan oleh pihak kesehatan yakni selalu memberikan sosialisasi kepada warga baik rumah sakit, balai desa atau acara-acara yang di selenggarakan oleh warga sendiri, ini di maksudkan agar warga selalu menjaga kesehatannya dan juga progam ini lebih mengena kepada masyarakat dari pada harus memberikan striker kesehatan atau melalui iklan-iklan.

Progam selanjutnya yang di kemas oleh dokter Asih yakni akan memberikan imunisasi masal kepada anak-anak warga malang baik yang sudah terjangkit difteri atau belum, progam ini akan di laksanakan di beberapa sekolah yang tersebar di malang, beliau juga menghimbau kepada pihak rumah sakit di malang untuk mengelar imunisasi masal, ini di lakuakan agar anak-anak malang atau warga khususnya terhindar dari virus difteri ini. Dan beliau juga akan memusatkan penuh progam ini terhadap 12 kelurahan yang positif dan terbanyak mengalami virus difteri.

Dalam progam imunisasi masal ini akan di bagi menjadi 3 tahap menurut dokter Asih yang pertama anak-anak usia 1-8 bulan karena anak usia dini rentan sekali terkena virus-virus seperti virus difteri, untuk tahap yang ke 2 akan di tujukan kepada bayi yang berumur 1,6 tahun, 

Stelah itu imunisasi akan di berikan kepada anak sekolah seperti SD, smp kalau waktunya memungkinkan smk sederajat akan kami progamkan juga tergantung waktunya” menurut dokter Asih.


12 Kelurahan Di Kota Malang Terserang Wabah Virus Difteri
Progam Imunisasi 


Nah untuk tahap yang ke 3 ini sasarannya kepada remaja atau orang tua karena virus ini tidak mengenal usia, baik usia bayi, remaja atau tua sekalipun pasti akan terserang juga, sesuai tingkat pola hidup yang di lakukan, untuk itu alangkah baiknya memperhatikan pola hidup yang sehat, memakan makanan yang mengandung gizi dan vitamin serta rajin berolahraga setiap hati.

Menurut dokter Asih selaku ketua progam imunisasi gratis ini, beliau menuturkan bawa progam imunisasi gratis ini sudah teralisasi , kemarin sudah ada 6.011 orang putra dan putri , baik usia dini, remaja dan tua sudah di lakukan imunisasi. Namun beliau juga menambahi bahwa warga juga proaktif dalam membentengi dirinya dari virus difteri salah satunya aktif memberikan imunisasi, pola hidup yang sehat rajin berolahraga. Ini semua adalah progam pendukung untuk menghindari adanya virus difteri” kata dokter Asih.

Penyakit difteri ini bisa di cegah dengan beberapa tahap sepeti yang di kemukakakn oleh dokter Asih di atas, kenapa harus di cegah?, sebab kalau virus ini tidak di cegah, maka akan mengakibatkan kematian, yakni ketika virus atau bakteri mengeluarkan racun lalu menyerang ke jantung dan maupun saraf, maka ini akan membahayakan yakni terjadi kematian” tutur beliau.

Selain imunisasi ada beberapa progam yang bisa mencega datangnya virus difteri yakni Outbreak response immunization (ORI) sebelum mengelar imunisasi masal ini, juga pernah di lakukan progam ORI. Dengan adanya ORI ini bisa mencerah secara keseluruhan, terang dokter Asih, 



Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "12 Kelurahan Di Kota Malang Terserang Wabah Virus Difteri"

Back To Top