Media Informasi Islam Terkini

Kenapa Kita Shalat, Ini Alasannya. Berlandaskan Al-Qur’an Hadist Dan Kitab Mu’tabar

Kenapa Kita Shalat, Ini Alasannya Berlandaskan Al-Qur’an Hadist Dan Kitab Mu’tabar
Shalat Berjama'ah

Salam sejahtera sahabat-sahabatku sekalian, kali ini mursyid hasan akan membagikan informasi seputar shalat, mungkin semuanya sudah faham apa itu rukun dan syarat-syarat shalat. Untuk itu web mursyid hasan akan membahas kenapa kita di wajibkan untuk shalat??

Semua umat muslim khususnya tidak tahu kelak akan di masukkan kesurga atau keneraka, Allah Swt telah menentukan takdir kita kelak apakah di masukkan ke surga atau sebaliknya sesuai dengan kebijakan Allah Swt. Lalu apa gunanya kita shalat lima waktu dan apa manfaatnya kita shalat ?

Seandainya Allah dulu tidak menciptakan surga atau neraka, lalu Allah Swt memerintahkan kita untuk shalat? Apakah kita mau, pasti jawabnya mau, kenapa kok gitu, sebab kita shalat bukan mengharap surga atau terhindar dari api neraka, tapi semata-mata menjalankan perintah Allah dan mengharapa ridlo dari Allah Swt (Ta’abud), alasan yang kedua kita sebagai mahluk yang di ciptakan sudah sepantasnya menyembah-nya sebagaimana firman Allah Swt :

Tidak lah aku ciptakan (Allah Swt) jin dan manusia kecuali untuk menyembah Allah Swt”.

Inilah salah satu yang kita kerjakan bukan mengharap surga atau neraka, tapi semata-mata menjalankan perintah Allah swt. Sebab dalam ayat tadi Allah tidak menyebutkan,  menciptakan jin dan manusia untuk di masuukan ke surga atau neraka tapi untuk menyembah, beribadah dan menjalankan perintahnya.

Lebih logisnya kita di dunia ini seperti halnya seorang tamu yang hanya singgah sesaat, dan bumi ini milik Allah Swt semata sebagai tuan rumah, lalu surga atau neraka itu seperti halnya hidangan untuk tamu, kita tidak perlu memikirkan atau mengurusi hidangan yang akan di suguhkan oleh tuan rumah, kita di kasih apapun terserah tuan rumah kita harus menrima, tapi yang harus kita pikirkan betul-betul yakni tingkah kita saat bertamu yakni harus sopan dan berpakaian rapi. Begitu juga dengan shalat kita tidak perlu memikirkan tapi harus di kerjakan.

Dalam Kitab Tafsir At-Thabrani Juz 12 Hal 69
Dalam Tafsir Ibnu Katsir Juz 8 Hal 403

Rasulullah Saw bersabda dalam salah satu hadist “bahwa semua manusia sudah di tentukan tempat kembalinya kelak apakah di surga atau di neraka, lalu ada salah satu sahabat beliau bertanya, lalu untuk apa ya Rasul kita masih shalat, sedangkan kita sudah di tentukan tempat di akhirat kelak. Kita pasrah saja, tanpa harus mengamal.

Kalau kita melakukan shalat dan mudah untuk melakukannya berarti Allah ridlo dan memberikan rahmad kepada hambanya yang mau menjalankan perintahnya dan ini menjadi  ciri-ciri seorang hamba akan di permudah jalan menuju surga, sebab kelak di akhirat cuman hanya ada dua tempat yaitu surga atau neraka..kalau Allah Ridlo berarti Allah akan menempatkan kita di surga tapi kalau sebaliknya maka Allah akan menempatkan kita di neraka tanpa harus di harap.

Abu Bakar Asy-siddiq bertanya kepada baginda nabi Muhammad Saw, kita beramal karena Allah Swt telah mencatatnya dulu sebagai orang yang beramal dan tidak bisa berubah, atau beramal agar kita semua selamat? Baginda nabi Muhammad Saw bersabda” kita beramal karena kita telah di tetapkan seorang yang beramal. Lalu Abu Bakar bertanya lagi” Ya Rasul lalu untuk apa kita beramal? , Rasulullah menjawab pertanyaan sahabatnya” semua orang yang di permudah melakukan amal sesuai dengan takdirnya ini menjadi ciri-ciri orang-orang yang selamat dan mendapatkan ridlo dari Allah Swt.

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang di takdirkan orang yang di permudah menjalankan amal-amal wajib dan selalu di ridlo oleh Allah Swt dan di tempatkan di tempat yang paling baik.. aminn.









Tag : Islam
2 Komentar untuk "Kenapa Kita Shalat, Ini Alasannya. Berlandaskan Al-Qur’an Hadist Dan Kitab Mu’tabar"

Oh jadi gitu mas, makasih infonya
sangat bermanfaat bagi yang kurang

terima kasih kunjungnya mass..iya betul .

Back To Top