Media Informasi Islam Terkini

Hukum-Nya Mengeluarkan Zakat Fitrah Dengan Uang

Hukum-Nya Mengeluarkan Zakat Fitrah Dengan Uang
Uang Indonesia


Sahabat Mursyid Hasan yang selalau di beri kesehatan oleh Allah Swt, Nah  untuk kesempatan kalii ini saya akan membagikan informasi seputar zakat dengan uang, semoga artikel ini nantinya bisa memberikan kemanfaatan untuk kaum muslimin, khususnya penulis sampai hari kiamat. Amin..

Melihat kondisi masyarakat saat ini banyak melakukan ibadah yang praktis dan mudah seperti halnya zakat fitrah, untuk saat ini mayoritas masyarakat khususnya di negara Indonesia menggunakan uang, dengan alasannya agar uang itu lebih mutlak di gunakan oleh orang yang menerima zakat. Dengan permasalah seperti ini boleh tidak mengeluarkan zakat fitrah dengan uang rupiah?

Kalau menurut mayoritas Madzhab Imam As-Syafi’ tidak di perbolehkan mengeluarkan zakat fitrah dengan uang.

Sedangkan menurut Imam Madzhab Hanafi memperbolehkan zakat fitrah menggunakan uang, sebab alasan beliau memperbolehkan karna makna dari zakat fitrah itu untuk menuntaskan kemiskinan.

Lalu kalau madzhab Hanafi memperbolehkan mengeluarkan zakat fitrah dengan uang, lalu berapa zakat yang harus di keluarkan, menurut Imam Madzhab Hanafiyah yang harus di keluarkan yakni seharga beras berukuran 3,8 KG , kalau 1 kilo gramnya seharga 12.000 Rp , maka 12.000 kali 3 yakni 36.000 ini yang harus di keluarkan.

Dalam kitab Istmatul Ainaini


Imam Al-Bulqhini berpendapat bahwa boleh mengeluarkan zakat fitrah dengan emas, perak dan uang.  bahkan beliau berkata telah menyakini dan telah mengamalkannya walaupun menurut beliau tidak sesuai dengan Madzhab Syafi’i. kenapa beliau kok memperbolehkan uang sebagai zakat fitra, sebab menurut beliau uang lebih umum bisa di gunakan untuk hal apaun seperti untuk membeli bahan pangan, sandang dan yang lainnya sesuai dengan keinginan orang yang menerima zakat dan juga untuk meminimalisir adanya penipuan yang biasanya terjadi pada emas dan perak.

Kita kan Madzhab Syafi’I, bagaimana kalau mengikuti pendapatnya Imam Al-Bulqhini, jawabannya boleh-boleh saja sebab Imam Al-Bulqhini Seorang ulama ahli Takhrij dan Tarjih. Dan uang di Indonesia sangatlah berharga dan banyak di senangi baik golongan menengah kebawah atau ke atas.

Kitab Al-Fiqhul Islamiyah Juz 1 Hal 272


Menurut Imam Abu hanifah di wajibkan bagi setiap muslim mengeluarkan salah satu di antara 4 hal yang pertama gandum Putih, gandum merah, kurma dan anggur, yang wajib di keluarkan yakni masing-masing setengah sho’ dari tamanan 4 tadi yakni kurma, anggur, gandum merah dan gandum putih.

Lalu pertanyannya berapa 1 sho’ itu?


Menurut Imam Abu Hanifa satu sho’ itu 8 liternya kota irak, sedangkan satu liternya di negara irak itu 130 dirham atau 3700 gram. Lalu Imam Abu hanifah berkata boleh mengeluarkan zakat fitrah dari harga gamdum merah, gandum putih, kurma dan anggur, sebab uang inilah yang lebih di butuhkan untuk membeli peralatan yang di kehendaki. Sebab menurut beliau memakai qimah atau harga dari tamanan tadi itu bisa memenuhi fakir miskin. Ini semua berdasarkan Hadist Nabi:

Penuhilah kebutuhan orang-orang fakir miskin agar ia tidak meminta-minta pada hari ini

 Dari hadist ini dapat di simpulakn bahwa memerikan zakat fitra dengan qimah atau uang ini lebh sempurna, lebih baik, lebih mudah dan qimah itu bisa di gunakan untuk alat tukar sesuai dengan kehendaknya.

Sedangkan kalau menurut Imam As-Syafi’I wajib mengeluarkan zakat fitrah dari makanan pokok negaranya seperti gandum, kurma, beras, jagung. Sedangkan makan pokok di masing-masing daerah itu berbeda-beda, maka yang wajin di keluarkan makan pokok yang sudahlumrah di gunakan di negaranya/ desanya ukuran lumrah ini kalau sudah berjalan selama 1, 2 atau 3 tahun. Dan cukup mengeluarkan zakat dengan makanan yang lebih mahal harganya sebagaizakat dari harta yang lebih rendah harganya, itu di karenakan agar lebih bisa di ambil gizinya dan sudah cukup mengeluarkan zakat dengan qimahnya (uangnya).

Demikianlah artikel yang dapat saya infokan semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya, khususnya pembaca dan penulis. Amin…








Tag : Islam
0 Komentar untuk "Hukum-Nya Mengeluarkan Zakat Fitrah Dengan Uang"

Back To Top