Media Informasi Islam Terkini

Mitos atau fakta “Mengkaji Jangan Keluyuran Malam-Malam, Syetan Pada Keluar”

Mitos atau fakta “Mengkaji Jangan Keluyuran Malam-Malam, Syetan Pada Keluar”


Sahabat mursyid hasan yang selalu menemani hari-hariku, apa kabar semuanya, sudah lama mursyid hasan tidak hadir di tengah-tengah sahabat semuanya, maklum lah selain sibuk ngeblog mursyid hasan juga mempunyai kesibukan lain yakni ngurusin lomba, mungkin itu tidak penting bagi sahabat-sahabatku hehe lebih penting bahas artikel kali ini apa?

Untuk kali ini mursyid hasan akan membahas masalah mitos atau fakta orang tua menyuruh anak untuk tidak keluar malam-malam, sebab katanya orang dulu syetan-syetan semua pada keluar setelah ba’da magrib. Mungkin sahabat-sahabat pernah mengalami sendiri atau hanya dengaer dari mulut ke mulut .

Ini pengalaman penulis saat kecil dulu atau bahkan sekarang banyak orang tua lebih jelasnya orang tuaku  sendiri setiap menjelang petang selalu mencariku kerumah-rumah tetangga di mana aku bermain di rumah itu, dengan dalih “ Nak ayo pulang jangan keluyuran malam-malam, syetan kalau malam keluar semua . Dengan perasaan takut ahirnya aku kecil dulu menuruti kemauan orang tuaku untuk pulang.

Setelah menginjak dewasa omongan orang tua tidak pernah aku gubris, sebab menurutku itu hanya mitos, tahayyul hanya bahan lelucon saja, agar aku atau sahabat-sahabat di sana pada pulang kerumahnya masing-masing.

Setelah sekian lama omongan” Nak pulang-pulang jangan keluyuran malam-malam, syetan sekarang waktunya keluyuran Loh? Sudah tiada lagi, mungkin karena tidak di gubris lagi atau anak-anaknya patuh-patuh semua atau lebih parah dari zaman dahulu. Ntah itu urusan mereka asalkan aku tahu sekarang?

Aggapan Mitos


Orang yang beranggapan bahwa perkataan orang tua dulu, menyuruh anaknya untuk tidak keluar malam-malam setelah adzan maghrib dengan beranggapan itu mitos, saya pertegas lagi itu orang yang tidak pernah mengaji, kenapa harus begitu, ia sebab penulis dulu beranggapan itu hanya mitos sebab penulis waktu itu belum mengaji kitab, Nah utnuk saat ini setelah mengaji kitab sudah tahu jawabannya bahwa perkataan orang dulu itu sesuai dengan hadist Nabi Muhammad Saw. 

Aggapan Fakta


Dalam hadist Nabi Muhammad Saw menyebutkan bahwa Nabi Muhammad menyuruh umatnya untuk mencegah anak-anaknya untuk keluar malam-malam, sebab pada saat matahari tenggelam syetan-syetan keluar, alasan mengapa anak-anak tidak di perbolehkan keluar saat matahari tenggelam, agar anak-anaknya tidak di ganggu oleh syetan yang terkutuk.

Kenapa dalam hadist itu hanya di peruntukkan untuk anak-anak saja?

Sebab anak kecil itu belum mampu untuk berdzikir, oleh sebab itu hadist di sini hanya untuk anak-anak saja, karena orang  yang tidak pernah berdzikir sangat di khawatirkan terkena godaan syetan, karena anggota batinnya sangat lemah dan rapuh.

Setelah Rasulullah melarang anak-anak untuk berkeliaran di saat matahari tenggelam, Rasulullah Saw juga memerintahkan kepada orang tua saat menutup pintu rumah hendaknya mengucapkan Bismillah, agar syetan tidak mampu masuk dan mengganggu penghuni rumah khususnya anak-anak. Ini berlandaskan hadist yang di riwayatkan oleh Abu Hurairah.

Demikianlah anjuran hadist untuk selalu menjaga anak-anak kita dari gangguan syetan yakni dengan tidak membiarkan anak-anak berkeliaran saat matahari tenggelam dan juga selalu mengucapkan bismillah saat menutup pintu rumah, agar syetan tidak dapat masuk kerumah kita dan juga tidak dapat mengganggu keluarga penghuni rumah kita. Dalam hadist ini anjuran membaca bismillah saat menutup pintu rumah, Namun hadist ini juga berlaku dalam semua hal seperti saat mau makan,bekerja juga selalu membaca bismillah. Dengan niatan membentengi diri dari godaan sytean dan niat mendapatkan ridlo dari Allah Swt.

Semoga artikel yang singkat ini dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi kaum muslimin khususnya dan tulisan ini juga akan memberikan kemanfaatan di dunia dan akhirat. Aminn..
Jazakumullah Ahsanal Jaza’




Tag : Islam
4 Komentar untuk "Mitos atau fakta “Mengkaji Jangan Keluyuran Malam-Malam, Syetan Pada Keluar”"

Wah info mantap nih... Teringat masa kecil

hahaha Iya Mas..ternyata nasib kita sama- hehe

Emang bener sih, lebih baik kalau malam jangan keluar

hahaha betul itu mas..sekarang ini banyak di jalan2 di temukan orang membawa kepala,,,mending diem di dalam rumah..ngopi sambil ngeblog...

Back To Top