Media Informasi Islam Terkini

Mengenal Lebih Dekat Penyakit BPH (Benign Prostatic Hyperplasia)

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Bph (Enign Prostatic Hyperplasia)
BPH (Benign Prostatic Hyperplasia)


Definisi penyakit BPH “BEnign Prostatic Hyperplasia ” merupakan pembesaran kelenjar prostat pada laki-laki yang menghambat aliran air kemih untuk keluar dari kantung kemih, ini semua di sebabkan adanya factor penuaan (penutupan pada lubang kemaluan laki-laki).

Maka dari itu kita harus hati-hati dengan penyakit ini, lalu apa gejala yang di hadapi oleh orang yang mengalami penyakit ini, nanti dulu di belakang akan kami jelaskan, sekarang lebih urgen-nya menjelaskan  penyebab penyakit BPH (Enign Prostatic Hyperplasia).


A. Kenali Tanda-Tanda Gejala Penyakit BPH


Sulit Memulai Kencing

Mengapa sulit untuk mengeluarkan kemih dari dalam kantung kemih, karena ada hambatan di saluran di sebabkan adanya penuaan ini lubang saluran kemih, ini penyebab seseorang yang mengalami gejala BPH sulit untuk mengeluarkan kemih dari dalam kantung kemih.

Pancaran Kencing Lemah

Karena adanya penuaan di saluran kemih ini berimbas pada pancaran kencing melemah terkadang kemncing terputus dengan kondisi seperti ini seseorang ketika buang air kecil akan mengalami nyeri yang sangat di area saluran kencing yaitu kemaluan laki-laki.

Kencing Putus-Putus

Kencing yang putus-putus ini di sebabkan adanya pembengkakan/ pembesaran pada kantung kemih sehingga menyumbat aliran kemih ketika BAK (Buang Air Kecil). Biasanya ketika terumbat seperti maka akan mengalami nyeri pada saat BAK, maka dari itu mulai sekarang jaga kondisi dengan berolahraga makan makanan yang bernutrisi seperti makan buah atau sayuran.

Selalu Mendesak Saat Buang Air Kecil

Ketika terjadi perbesaran pada kantung kemih, maka air seni akan tersumbat ketika BAK, nah dengan begitu perasaan ingin kencing yang selalu mendesak akan terjadi sewaktu-sewaktu, sebab pada kantung kemih terlalu banyak air seni yang menumpuk.

B. Lalu Apa Penyebab Penyakit BPH Ini?


Kebiasaan merokok akan cepat mengakibatkan berbagai penyakit terutama penyakit BPH.

Gaya hidup kurang sehat akan berdampak pada kelemahan daya tahan tubuh dengan, begitu penyakit BPH ini akan mudah menyerang manusia.

Kurangnya berolahraga akan berdampak pada penurunan daya tahan tubuh, tubuh akan merasa malas, lemas, kurang bergairah untuk hidup, dengan kondisi seperti ini penyakit BPH akan mudah menyerang fisik manusia.

Mengkonsumsi alkohol dampaknya sangat buruk bagi kesehatan tubuh terutama bagi yang sudah kecanduan, sebab di dalam alkohol itu banyak zat-zat yang berbahaya bagi tubuh dengan begitu berbagai penyakit akan mudah masuk ke dalam tubuh, agar itu tidak terlambat hentikan mulai sekarang sebelum terlambat.


C.     Pencegahan Penyakit BPH 


Menghentikan Kebiasaan Merokok

Merokok memang selalu menyebabkan berbagai penyakit, sebab di dalam kandungan rokok itu terdapat zat kimia nikotin, tar yang tidak baik untuk kesehatan, bagaimana rokok itu bisa berbahaya bagi tubuh, sebab zat berbahaya yang di kandung oleh rokok seperti nikotin dan tar akan menempel pada paru-paru. Sebelum penyakit BPH menyerang kita, ayo  sama-sama menghentikan kebiasan buruk 

Kurang Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan sangatlah penting untuk kebutuhan tubuh kita, sebab seseorang yang tidak merawat kebersihan badan, pakaain atau lingkunagnnya pastinya hidup tidak akan sehat, sering-sakit-sakitan dan lain sebagainya, para ahli kedokteran dan syariat islam juga sangat menganjurkan untuk menjaga kebersihan.


Mengenal Lebih Dekat Penyakit Bph (Enign Prostatic Hyperplasia)
Penyakit BPH (Enign Prostatic Hyperplasia)


Aktifitas Seksual

Aktifitas seksual yang di maksud di sini yakni selalu setia dengan satu pasangannya, tidak melampiaskan nafsu seksualnya kepada beberapa wanita atau beberapa laki-laki (tidak berganti-ganti pasangan dalam memenuhi hasrat seksualnya), kondisi seperti ini akan rentan sekali terkena penyakit infeksi saluran kemih setelah mengalami infeksi maka berefek ada pembesaran pada kantung kemih sehingga saluran kemih akan tersumbat.

Kurang Menjaga Pola Hidup Yang Baik

Maksud menjaga pola hidup yang baik yakni selalu menjaga kondisi fisik dan lingkungan, kebanyakan manusia pasti bekerja baik kerja kantoran yang sampai ngelembur larut malam, pagawai bank, tani, usahawan pasti selalu bekerja dengan kemampuan yang di milikinya,  dengan begitu harus seimbang antara bekerja dan istirahat, agar kondisi badan akan terasa nyaman, seimbang dan juga harus rajin berolahraga dan makan makanan yang kaya akan protein dan vitamain untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat.

Demikianlah informasi seputar penyakit BPH (Benign Prostatic Hyperplasia), semoga dengan adanya artikel ini kita atau yang lebih khusunya bisa menjaga kesehatan tubuh agar tidak terserang penyakit BPH atau yang sudak terkena penyakit ini mudah-mudahan dengan hadirnya artikel ini bisa membantu mengobati. Amin..



Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Mengenal Lebih Dekat Penyakit BPH (Benign Prostatic Hyperplasia)"

Back To Top