Media Informasi Islam Terkini

4 Tips Agar Anak Selalu Sehat Pada Usia 2 Sampai 7 Tahun

4 Tips  Agar Anak Selalu  Sehat Pada Usia 2 Sampai 7 Tahun
Anak Sehat

Bagi para orang tua pasti menginginkan anak yang sehat dan cerdas, kata pepatah sehat itu mahal, maka dari itu orang tua pasti mencarikan agar anak tetap sehat dan terjaga,  mungkin artikel ini dapat membantu orang tua untuk mewujudkan cita-citanya yakni mengasuh agar si anak tumbuh menjadi anak yang sehat usia 2 sampai 7 tahun.

Mengapa artikel ini membatasi hanya usia 7 tahun saja, sebab di usia ini anak rentan sekali terkena penyakit, lemas, kurang begitu bergairah menikamti hidup, mungkin karena factor lingkungan atau karena tidak ada pengawasan dari orang tua.

Apa sich yang menjadi tolak ukur anak itu di katakan sehat. anak yang di katakan sehat itu anak yang gesit, lincah, gembira, nafsu makannya  baik. cepat berkembang dalam segi pemikiran dan fisik.  

Anak yang kurang sehat biasanya anak itu selalu kelihatan murung, berpenyakit, selalu terlihat sedih, nafsu makan kurang baik, perkembangan pemikiran dan fisiknya lambat.

Nah ini lah yang menjadi tolak ukur anak itu bisa di katakan sehat, bukan karena gendut, karena banyak anak yang gendut namun kurang begitu sehat begitu juga sebaliknya. 

4 Tips Anak Sehat Usia 2 Sampai 7 Tahun

Yang pertama 


Asupan makanan harus teratur dan bergizi. Anak yang sehat biasanya foktor utama adalah asupan makanannya sehat seperti memperbanyak sayuran dan juga memberikan susu yang berkualitas seperti dancou, susu formula setiap bangun tidur di waktu pagi dan sebelum tidur di waktu  malam. Karena dalam kandungan sayuran itu terdapat beberapa vitamin dan zat yang baik untuk perkembangan anak usia dini.

Yang kedua 


Istirahat yang cukup, memang Dunia anak-anak adalah dunia bermain, namun jangan sampai lupa kondisi fisik anak harus di jaga seperti istirahat yang cukup, sebab seorang anak yang tidak mengoptimalkan waktu istirahatnya akan mengalami gangguan pada jantung dan pernafasan, sebab jantung juga butuh beristirahat.

Yang ketiga 


Olahraga, iya olahraga pada anak usia dini sangatlah perlu untuk perkembangan fisiknya, agar daya tahan tubuh si anak lebih kuat, segar dan terjaga dari penyakit. Ajak lah anak lari pagi setiap hari agar anak terbiasa olahraga sampai dewasa.

Yang ke empat


di samping tips di atas ini sangat penting, ada satu lagi tips yang berpengaruh terhadap perkembangan anak usia sejak dini, yakni peran orang tua, di zaman sekarang peran tua sudah lumrah di lakukan namun apa yang harus di lakukan oleh orang tua demi perkembangan anak yang sehat itu yang perlu di jelaskan, orang tua dalam memperhatikan perkembangan anak agar menjadi sehat yakni selalu mendampingi, merawat, memberikan ruang agar anak mudah terpancing untuk bertanya seputar kehidupannya, sebab fikiran anak yang berkembang itu juga mendorong anak usia untuk hidup sehat dan cerdas.


4 Tips  Agar Anak Selalu  Sehat Pada Usia 2 Sampai 7 Tahun
Bayi Sehat


Hal-hal yang perlu di hindari agar anak berkembang lebih baik dan sehat


Hindarkan Rokok

Kebanyakan orang Indonesia ahli merokok dan sudah tahu dampak bagi perokok aktif atau perokok pasif, untuk itu merokok harus tahu situasi dan kondisi, saat menggendong atau bersama anak hendaknya jangan sampai asap rokok terhirup oleh anak anda, caranya gimana agar asap tidak terhirup oleh anak iya jangan merokok. 

Lalu apa dampak asap rokok bagi buah hati yang masih kecil, dampaknya sangat banyak salah satunya gagguan pernafasan, asma dan penurunan fungsi paru-paru, untuk itu jangan biarkan anak menghirup asap rokok yang kita buat sendiri

Perlu di ketahui bahwa bau asap rokok itu sangat lekat dengan benda-benda di sekelilingnya, jadi ketika anda perokok berat jangan sekali menyentuh anak sebelum tangan baju di cuci dahulu, sebab bau asap rokok akan menempel di baju.

Hindarkan Sneck berlebih

Dunia anak yakni bermain dan makan sneck, kita dulunya pasti merasakan bagimana menjadi anak kecil yang suka jajan. Maka dari itu kita sebagai  orang tua yang menginginkan perkembangan anak yang sehat, maka jangan kasih sneck yang berlebihan, sebab di zaman sekarang ini sneck atau jajan sudah bercampur dengan bahan kimia yang itu bisa merusak perkembangan anak, baik kerusakan itu di waktu kecil atau ketika dewasa kelak. Kita sudah banyak tahu kan bagaimana sekarang masih terlalu muda sudah mengidap penyakit stoke, kencing manis dan lain-lain, ini menandakan makanan di Indonesia sudah tidak aman lagi untuk tubuh.

Motifasi 

Anak yang usia nya masih kecil itu sangat suka dengan pujian atau motifasi, Nah dengan begitu agar anak memikirannya berkembang sehat maka bagi orang tua selayaknya memberikan motifasi, dengan begitu fikiran anak akan semakin hidup dan akan berdampak pada perkembangan fisik yang sehat, sebab keinginan dan hasratnya terpenuhi dengan baik.

Memberi  kebebasan berfikir

Anak yang usianya menginjak usia 3 sampai 7 tahun lebih, selalu ingin mencoba hal-hal yang baru, untuk itu bagi orang tua jangan sekali-kali membatasi ruang gerak pemikirannya, biarkan anak memilih jalan hidup sendiri selama itu bermanfaat, seperti ingin menulis, membaca buku ini itu atau selalu bertingkah tanpa henti, biarkan saja hal itu ia lakukan, dengan kita memberi kebebasan, maka daya ingat, kreatifitas anak terus berkembang hidup dan akan berdampak pula pada perkembangan fisik anak yang sehat dan selalu bergembira.

Inilah tips yang dapat kami informasikan semoga dengan hadirnya tips ini memberikan dampak positif bagi perkemabngan anak yang di inginkan seperti sehat, cerdas. Aminn…



















Tag : Kesehatan
2 Komentar untuk "4 Tips Agar Anak Selalu Sehat Pada Usia 2 Sampai 7 Tahun"

wah ngerawat anak ribet juga ya mas hahah harus telaten

iya gitu lah mas ..kalau berani buat ya harus berani tanggung jawan (telaten)hihih

Back To Top