Media Informasi Islam Terkini

Keterangan Seputar Amma Ba'du Menurut Kitab Qurratul 'Uyun

-Keterangan- Seputar- Amma- Ba'du- Menurut- Kitab- Qurratul- 'Uyun


Salam sejahtera untuk sahabat MURSYID HASAN, untuk kali ini pembahsannya tidak jauh beda dengan artikel-artikel sebelumnya.

Kita pastinya sudah pernah mendengarkan lafad ‘Ammaa Ba’du yang di ucapkan oleh kebanyakan Da’i , para Imam yang membaca khutbah jum’at  atau ketika sambutan, bahkan di dalam kitab-kitab klasik banyak di temukan lafad ‘Ammaaa Ba’du’.

Namun ada di antara kita yang belum tahu fungsi lafad  dari Amma Ba’du sendiri serta belum tahu siapa yang pertama kali mengucapkan lafad ini sampai-sampai lafad ini sangat popular, bahkan ketika ada yang berkhutbah atau ceramah yang membaca Amma ba’du akan di nilai negative oleh para pendengarnya, 

Nah, Untuk kajian kali ini akan membahas masalah kenapa sich perlu adanya lafad ‘Amma Ba’du dalam setiap kata pengantar baik khutbah, ceramah? Lalu siapa  siapa yang pertama kali mengucapkan lafad ‘Amma Ba’du.

Ini menarik untuk kita kaji agar kita tahu fungsi lafad Ammaa ba’du dan tahu siapa yang pertama kali ucapkan lafad ini?

Dalam kitab Qurratul ‘Uyun di jelaskan bahwa sekelompok ulama Ahlul ilmi, menjelaskan  fungsi dari lafad Amma Ba’du yakni sebagai pemisah antara kata pengantar dengan isi .

Ada juga yang berkata amma Ba’du itu sebagai permulaan untuk mengawali sebuah ucapan/isi seperti Contoh  dalam khutbah jum’at:


-Keterangan- Seputar- Amma- Ba'du- Menurut- Kitab- Qurratul- 'Uyun


الحمدلله الذى انعمنا وهدانا الى دين الاسلام, اشهد ان لااله الاالله وحده لاشريك له, واشهد ان محمدا عبده ورسوله المبعوث رحمة
 للعالم, اللهم صل وسلم على سيدنامحمد وعلى اله وصحبه الكرام, (اما بعد).... فياعبادالله, اوصيكم ونفسي بتقوى الله وطاعته لعلكم تفلحون
Perlu di ketahui dalam lafad Ba’du boleh di sertakan lafad amma boleh tidak seperti  امابعد   atau بعد  saja.

Sedangkan manusia yang pertama kali mengucapkan lafad ini yakni Nabi Dawud As. Sebagian ulama terjadi khilaf mengenai masalah manusia yang pertama kali mengucapkan lafad ‘Amma Ba’du. 

Namun menurut perkataan yang paling mashur mengenai manusia pertama kali mengucapkan lafad ”Amma ba’du” yakni Nabi Dawud As.

Bahkan Nabi Muhammad Saw setiap beliau berkhutbah selalu bersabda Amma ba’du, ini menunjukkan beliau sangat suka dengan kalimat ini, bahkan di sunnahkan dalam setiap khutbah.

Demikian artikel yang dapat kami paparkan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Aminn..

Tag : Islam
0 Komentar untuk "Keterangan Seputar Amma Ba'du Menurut Kitab Qurratul 'Uyun"

Back To Top