Media Informasi Islam Terkini

4 Tips Membina Rumah Tangga Sakinah Mawadah Wa Rahmah

4 Tips Membina Rumah Tangga Sakinah Mawadah Wa Rahmah

Sahabat mursyid hasan yang selalu di berkahi oleh Allah Swt, Nah untuk kali ini mursyid hasan akan membagikan informasi seputar pernikahan Yang selalu tertanam sifat sakinah, mawadah dan warahmah.

Siapa sih yang tidak bahagia memiliki keluarga yang selalu menebar keharmanisan, terpancar sikap kasih sayang.

Sebelum membahas lebih jauh masalah membina rumah tangga yang sakinah mawaddah wa rahmah akan sedikit baik kalau membahas apa itu sakinah mawaddah warahmah, agar kiranya nanti bisa  semakin kuat pemahamannya.

Kata sakinah yang selalu di doakan kepada pengantin ketika ada salah satu sahabat, kerabat yang melangsung akad pernikahan. Dalam al-qur’an surat Al-Rum ayat 21 ditafsirkan dengan kata-kata hati cenderung dan tenteram.

Menurut pakar bahasa menegaskan bahwa kata sakinah itu tidak digunakan kecuali untuk menggambarkan sikap ketenangan dan ketenteraman setelah sebelumnya ada gejolak.
Sedangkan Ada pula yang menafsirkan bahwa mawaddah ialah rasa kasih sayang yang makin lama terasa makin kuat antara suami istri.

Ada pula yang menafsirkan bahwa mawaddah ialah rasa kasih sayang yang makin lama terasa makin kuat antara suami istri.

a.    Suami  Istri  Harus Taqwa Kepada Allah Swt


Tips yang pertama agar rumah tangga semakin harmanonis dan selalu memancarkan sikap sakinah mawadah wa rahma yakni kedua mempelai laki-laki dan perempuan harus memiliki sikap bertaqwa kepada Allah, kenapa taqwa termasuk tips menuju rumah tangga yang sakinah mawadah wa rahmah, sebab ketika mempelai suami istri memiliki sikap taqwa kepada Allah ia akan selalu bertanggung jawab penuh atas segala sesuatu yang menjadi tugasnya, saat suami atau istri akan  selalu menjaga ketaqwaannya kepada Allah. Karena dengan ketaqwaannya yang demikian akan membuat seorang suami atau istri akan selalu berfikir, sudah benarkah apa yang saya kerjakan, sudah sempurnakah kewajibanku padanya?. Sebab allah akan ridlo dan akan selalu menuntun seseorang yang selalu bertaqwa.

b.    Suami Istri Saling Tolong Menolong


Sikap tolong menolong dalam rumah tangga merupakan tips yang kedua untuk menuju rumah tangga yang sakinah mawaddah wa rahmah. Tolong menolong dalam rumah tangga sangat lah penting sebab dengan adanya tolong menolong akan selalu meringankan beban keduanya, kalau saling melengkapi satu sama lain, hubungan keduanya akan semakin harmonis bahagia dan tentram.

4 Tips Membina Rumah Tangga Sakinah Mawadah Wa Rahmah

 

 

c.    Suami Istri Saling Memaafkan


Yang ketiga tips untuk menuju rumaah tangga yang sakinah mawadah wa rahmah kedua suami istri harus memiliki sifat memaafkan, sebab dengan adanya rasa memaafkan permasalah tidak akan berlarut-larut terlalu lama, kenapa tips memaafkan termasuk tips menuju rumah tangga yang sakinah, sebab  pasangan suami istri bukanlah mahluk sempurna yang selalu benar  untuk selalu memahami keinginan pasangannya. Maka dari itu sikap memaafkan ini penting sekali dalam membina rumah tangga. 

Lalu bagaimana sikap seorang suami, jika menemukan istri berbuat kesalahnan kepadanya?

Jangan gengsi untuk memberikan maaf kepada istri, sebab istri bukan makhluk yang selalu berbuat kebenaran.  Peluklah istrimu, cium keningnya dan maafkan ia agar ia merasa tenang. 

lalu bagaimana sikap istri saat suami memintakan maaf untuknya.  balaslah memeluk suamimu, berbisiklah sambal berucap “Jangan capek bimbing aku ya , Sayang..”. dengan sikap saling memaafkan rumah tangga akan selalu di naungi rahmad dan ketentraman oleh Allah Swt.

d.    Suami Istri Saling Menghormati


Tips yang terahir menuju rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah, maka harus adanya sikap saling menghormati satu sama lain, sebab dengan adanya sikap saling menghormati hubungan suami istri akan harmonis.

Sikap seorang suami atau istri akan senang jika diperlakukan dengan baik di mana pun dan kapanpun.  Selalu libatkan pasangan dalam pengambilan keputusan yang menyangkut rumah tangga. Memberi dukungan baik moral maupun materi kepada pasangan dalam mewujudkan impiannya, selama tidak ada bahaya dan tidak keluar dari Syariat islam serta selalu mendukung sepenuh hati, jangan membatasi aktifitas istri atau suami dengan alasan yang menjatuhkan atau menyinggung perasaannya. 

Nah dengan ini pasangan suami istri akan terasa di hormati walaupun bentuk penghormatannya itu bermacam-macam.

Ketentraman jiwa, dan kerukunan hidup berumah tangga. Apabila hal itu belum tercapai, maka semestinya introspeksi terhadap diri sendiri, meneliti apa yang belum di lakukan serta menelaah kesalahan-kesalahan yang telah di perbuat. Lalu menggunakan cara yang paling baik untuk menyelesaikan permasalah rumah tangga dan memenuhi kekurangan tersebut sesuai dengan ketentuan-ketentuan Allah. Sehingga dengan itu semua tujuan perkawinan yang diharapkan akan tercapai, yakni sakinah mawadah warahmah. Aminn..

Baca juga selengkapnya Tips membina rumah tangga  Ala Rasulullah Saw. Klik


Tag : Islam
0 Komentar untuk "4 Tips Membina Rumah Tangga Sakinah Mawadah Wa Rahmah"

Back To Top