Media Informasi Islam Terkini

Tips Menghindari segala penyakit hanya Dengan Bersiwak

Tips Menghindari segala penyakit hanya Dengan Bersiwak

Siwak merupakan pekerjaan yang dimana pekerjaan itu untuk menghilangkan kotoran-kototan yang menmpel di dalam mulut, juga berfungsi untuk menguatkan sesuatu yang berada di dalam mulut semisal gigi atau gusi.  Bersiwak sendiri  menggunakan kayu arak yang berasal dari  tanah hijaz, 

Bersiwak merupakan pekerjaan yang selalu di kerjakan oleh baginda Nabi Muhammad Saw, jadi siwak merupakan ibadah Sunnah. Bahkan pernah nabi menganjurkan bersiwak kepada Umatnya setiap mau shalat atau di luar shalat, setelah nabi menganjurkan bersiwak kepada umatnya, ada kekawatiran yang di rasakan oleh nabi Muhammad yakni khawatir siwak ini wajibkan kepada umatnya, sedangkan Nabi Muhammad khawatir umatnya tidak kuat untuk melakukan.

Memiliki tubuh yang sehat bugar dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya memang sudah menjadi keinginan banyak orang, namun faktanya semakin lama semakin banyak orang yang terkena penyakit berbahaya dan penyakit - penyakit baru juga banyak bermunculan.

Pada dasarnya untuk menghindari beberapa penyakit banyak cara terutama menjaga tubuh agar tetap sehat, menjaga pola makan, istirahat dan yang paling rutin untuk berolahraga minimal 20 menit, ini tips mencegah agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Nah, untuk artikel kali ini membhas masalah siwak bisa di gunakan untuk mencegah agar tubuh tidak mudah terserang penyakit, penjelsan ini penulis mendapat keterangan yang di sampaikan oleh Kyai pada waktu itu beliau memberikan tausiyah di salah satu majlis.

Jadi penulis menelusuri di beberapa kitab mengenai landasan yang di kemukakan oleh kyai tersebut, Keterangan mengenai siwak bisa di buat tameng segala penyakit selain kematian, pendapat ini di kemukakan oleh Sayyid Al-Marhumi, bahwa seseorang yang bersiwak di sunnahkan menenlan ludahnya ketika bersiwak di bagian mulut dan sebelum siwak di gosok-gosokan berulang kali, karena yang demikian itu mempunyai kasiat bisa terhindar dari beberapa penyakit lepra (belang), Kusta Dan segala penyakitnya.

#Landasan Kitab Kuning

Redaksi dari Syekh Zakaria Al-Anshori pengarang kitab Al-Bujairimi dari Al-Marhumi, orang yang bersiwak du sunnahkan untuk menelan ludahnya pada awal mula bersiwak, dan setiap meletakkan siwak di mulutnya dan sebelum menggerak-gerakkan siwaknya berulang kali, kerena ada keterangan “Sesungguhnya itu bisa menjadi tameng (terhindar) dari penyakit lepra, kusta dan segala penyakit yang lainnya, kecuali mati. Orang-orang yang bersiwak tidak di sunnahkan menelan ludahnya setelah siwak di gerak-gerakkan, kerena kalau kita melakukannya itu bisa menyebabkan penyakit was-was

Demikianlah keterangan singkat terkait siwak dapat terhindar dari penyakit semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Aminnn

Refrensi Kitab: Tuhfatul Muhtaj Fii Syarhil Minhaj Juz 2 Hal 372


Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Tips Menghindari segala penyakit hanya Dengan Bersiwak"

Back To Top