Media Informasi Islam Terkini

Tips Jurus Ampuh menaklukkan Perjalanan Jauh

Tips Jurus Ampuh menaklukkan Perjalanan Jauh

Ada sebagian di antara kita sangat membenci yang namanya naik mobil, bukan karena males perjalanan tapi trauma mabuk perjalanan, bahkan untuk melakukan perjalanan yang tergolong dekat masih takut untuk naik mobil terutama angkot, entah karena kendaraannya kurang nyaman atau memang dari orangnya sendiri.

Ternyata yang mengalami mabuk perjalanan ini bukan hanya golongan anak kecil saja, melainkan juga orang dewasa atau sudah tua, seorang supir terkadang juga mabuk, lah ini yang lebih aneh. Sampai saat ini tidak diketahui mengapa seseorang rentan mengalami mabuk perjalanan, sementara orang lain tidak. Bahkan, orang yang sama tidak selalu mengalami mabuk perjalanan di setiap kesempatan berkendara baik anak kecil, ibu-ibu atau orang dewasa.

Tidak ada para pakar yang bisa mendeteksi secara pasti penyebab mabuk perjalanan yang sering mengganggu, ketika melakukan perjalanan jauh  adalah suatu hal yang sangat mengganggu ketika mabuk. Karena itulah, kita  harus mengatasi hal tersebut agar perjalanan tetap terasa nyaman, bahkan kita tidak mual atau pusing dan tidak perlu merasa khawatir ketika melakukan perjalanan jauh.
Ada beberapa tips ketika melakukan perjalanan jauh, saat mengendarai mobil pribadi atau umum tidak mudah mabuk, namun perlu di ketahui ini pengalaman pribadi saya  saat keseringan mabuk saat melakukan perjalanan jauh atau dekat, Gejala pertama biasanya terjadi  adalah keringat dingin, kepala pusing, perut kembung, duduk tidak nyaman, suara busing. Kalau hal itu tidak segera di tangani, maka tanpa menunggu lama kita akan muntah.

1.    Duduk di Bagian Depan

Tips ini kebanyakan ampuh untuk menghindari mabuk perjalanan, banyak kan seseorang yang selalu mabuk perjalanan, lebih memilih duduk di bagian depan. Kenapa duduk di bagian depan dapat menghindari mabuk perjalanan, karena saat duduk di depan pandangan kita selalu jelas dan lebih focus, namun kalau kita duduk di bagian belakang, pandangan kedepan terhalang oleh tempat duduk atau orang, sudah pastiia tidak bisa melihat ke depan secara jelas, sehingga pandangan matanya selalu bingung untuk melihat objek, kebanykan menundukkan kepala atau tidur, hal seperti ini yang kebanyakan mabuk, apalagi kalau jalannya banyak tikungan.

2.    Usahakan Kaca Mobil Terbuka

Kekurangan oksigen dan juga sensitif terhadap udara dingin AC, ini penyebab lebih banyak orang mabuk, kendaraan yang seperti ini kebanykan yang terjadi di angkutan umum, dari banyaknya penumpang, kaca kendaraan tertutup. Kita duduk di bagian tengah. Untuk menghindari kondisi tersebut, sebaiknya kita membuka sedikit kaca jendela mobil untuk menghasilkan sirkulasi udara yang baik. Hal tersebut akan membantu suplai oksigen yang cukup ke dalam kendaraan sehingga tubuh kita juga tidak kekurangan oksigen dan lebih ssegar. Selain itu, sirkulasi udara yang baik juga akan memberikan rasa nyaman bagi tubuh. Kalau kendaraan umum kita duduk di dekat candela, kalau penumpang terlalu banyak, sehingga menghalangi kita untuk duduk, sebaiknya cari angkutan lain yang lebih nyaman, kalau maksa resiko di tanggung sendiri. Betul kan..

3.    Jangan Makan Terlalu Banyak

Makan terlalu banyak dampaknya saat melakukan perjalanan, tubuh kita tidak terlalu nyaman, apalagi ini di alami oleh para pemabuk jalanan, sebaik sebelum melakukan perjalanan jauh, kita sebaiknya mengkonsumsi makanan yang bernutrisi untuk mencegah tubuh merasa kelelahan. Namun, jangan mengkonsumsi makanan terlalu banyak. Tidak hanya itu saja, usahakan agar kita menghindari makanan yang memiliki kandungan lemak berlebih dan juga makanan pedas. Karena hal ini saat melakukan perjalanan jauh perut akan terasa melilit.

4.    Mengkonsumsi Wedang Jahe

Mengkonsumsi wedang Jahe merupakan minuman yang bisa mencegah mabuk saat melakukan perjalanan jauh, sebab mengkonsumsi wedang jahe adalah satu jenis rempah-rempah yang dapat menghilangkan pencernaan yang mengganggu ketika mabuk perjalanan. Untuk mengkonsumsi wedang jahe tidak harus saat melakukan perjalanan, bisa di konsumsi sebelum melakukan perjalanan.

5.    Bersikap Tenang

Saat kita melakukan perjalanan jauh hendaknya Jangan terlalu  tegang dan mencemaskan, rileks saja jangan berfikiran, gimana kalau nanti mabuk, sudah naik saja, mabuk atau tidak mabuk urusan belakang.. Kecemasan semacam itu justru dapat memicu kehadirannya seperti mual, parut kembung. Berusahalah sesantai mungkin. Ketika ada tanda-tanda awal. Kalau di mobil pribadi istirahat saja, tiduran di bawah pohon atau  ambillah nafas dalam-dalam atau tutup mata, 

Nb: Tanamkan sebelum melakukan perjalanan jauh, bahwa kita tidak akan mengalami mabuk perjalanan. Semoga tips ini bermanfaat untuk kita semua khusunya bagi yang sering mengalami mabuk perjalanan. Aminnn










Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Tips Jurus Ampuh menaklukkan Perjalanan Jauh"

Back To Top