Media Informasi Islam Terkini

Puasa-Puasa Sunnah yang Perlu di Ketahui Oleh Umat Islam

Puasa-Puasa Sunnah yang Perlu di Ketahui Oleh Umat Islam

Umat Muslim pastinya sudah mengetahui hukum-hukum puasa, nama puasa yang di anjurkan serta faidah yang di dapat setelah berpuasa, ada yang hukumnya Sunnah ada juga yang wajib, lalu yang Sunnah seperti puasa apa. Kalau puasa yang di hukumi Sunnah yakni seperti puasa Asyura, Tarwiyah, Puasa Arafah dan Puasa senin kamis. Sedangkan puasa yang wajib yakni puasa Ramadlan, kafarat dan puasa nadzar.

Nah, untuk kali ini karena besok lusa sudah di anjurkan untuk umat islam untuk berpuasa Tarwiyah, maka sepantasnya Web MURSYID HASAN membagikan informasi seputar Puasa Sunnah Tarwiyah, Asyura, Puasa Arafah Dan Puasa Senin Kamis.

Dalam puasa wajib dan sunnah memiliki banyak keutamaan dan memiliki segudang pahala bagi yang mengerjakannya. Oleh karena itu Allah Swt menyandarkan puasa itu untuk dzatnya Allah sendiri, bukan yang lain. Dalam hadist Qutsyi di sebutkan.

Bahwa semua perbuatan manusia itu untuk dirinya sendiri, kalau untuk puasa itu untuk Dzatku (Allah Swt) karena puasa hanya untukku dan akulah yang akan membalasnya sendiri. Hadist lain barang siapa melakukan puasa satu hari karena Allah, maka Allah akan membalasnya dengan memisahkan orang tersebut dari neraka sejauh 70 Tahun (Maksudnya tidak di masukkan ke neraka).

Sudah tahu kan keutamaan puasa di atas ini salah satu dari sekian banyak keutamaan dan pahala melakukan puasa baik puasa wajib atau Sunnah. Nah kali ini membahas puasa-puasa Sunah:

a.    Puasa Arafah

Hukumnnya puasa Arafah yaitu Sunah Muakkad (Sunnah yang sangat di anjurkan), untuk waktu pelaksanakan puasa Arafah yaitu tanggal 9 Dzulhijjah, Nammun untuk lebih waspada di anjurkan melakukan Puasa di mulai tanggal 8 dan 9.  Dan di Sunnahkan puasa Sunnah Tarwiyah tanggal 8 Dzulhijjah. Berdasarkan hadist Shahih yang menunjukkan 10 hari bulan Dzulhijjah lebih utama dari pada 10 hari yang ahir pada bulan ramadlan.

Untuk keutamaan puasa Arafah yaitu dapat melebur dosa-dosa kecil selama 1 Tahun, selama tidak ada dosa yang berkaitan dengan hak Adami, kalau berkaitan, maka tidak bisa di lebur dengan berpuasa, Tapi harus meminta maaf.

Niat Puasa Arafah
 
نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

b.    Puasa Asyura
Puasa Asyura di kerjakan pada tanggal 10 Muharram, untuk keutamaan yang di dapat oleh orang yang melakukan puasa Asyuira ini yaitu bisa melebur selama 1 tahun yang telah lewat . hikmah di ampuninya dosa selama dua tahun dalam puasa Arafah sedangkan dalam puasa Asyura hanya satu tahun. Dan juga di sunnahkan puasa tanngal 9 Muharram (Puasa Tasu’a), karena berdasakan hadist nabi: jika aku (dawuhnya Nabi Muhammad) hidup tahun depa niscaya saya akan puasa di mulai tanggal 9 Muharram, Namun beliau wafat sebelum Puasa Asyura tiba.

Niat Puasa Asyura Tanggal 9 Muharram
نويت صوم في يوم تسوعاء سنة لله تعالى
 
Niat Puasa Asyura Tanggal 10 Muharram
نويت صوم في يوم عاشوراء سنة لله تعالى   

c.    Puasa Syawal
Sunnah puasa 6 hari setelah hari raya Idul Fitri, berdasakan hadist shahih yang menyatakan bahwa puasa 6 hari setelh hari raya idul adha adalah seperti halnya puasa selama setahun penuh.

Niat Puasa Syawal

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ ِستَةٍ ِمنْ شَوَالٍ سُنَةً ِللَه تَعَالَي

d.    Puasa Senin kamis
Sunnah bagi kaum muslimin untuk berpuasa senin Dan Kamis karena berdasarkan hadist nabi: Amal-Amal perbuatan yang di lakukan oleh manusia, pada hari senin dan kamis di setorkan ke hadirat Allah Swt, untuk itu kita umat islam di anjurkan agar ketika amal perbuatan di setorkan dalam keadaan berpuasa.

Niat Puasa Senin kamis
 
نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Demikianlah urain mengenai puasa-puasa Sunnah semoga bermanfaat untuk semuanya. Aminn…
Tag : Islam
0 Komentar untuk "Puasa-Puasa Sunnah yang Perlu di Ketahui Oleh Umat Islam"

Back To Top