Media Informasi Islam Terkini

#Madrasah Diniyah Raudaltul Ulum I “Dari Masa Ke Masa”

#Madrasah Diniyah Raudaltul Ulum I “Dari Masa Ke Masa”

Pesantren Raudlatul Ulum 1 didirikan untuk menampung para santri dari berbagai daerah guna mencari, mendalami dan mengaplikasikan sebuah ilmu yang dipelajari  ke dalam kehidupan sehari-hari.

Pesantren Raudlatul Ulum I memiliki beberapa kegiatan rutin yang wajib di lakukan oleh para santri salah satu kegiatan rutinitas di antaranya, Shalat berjama’ah, sekolah fomal atau non formal, Musyawarah kitab kuning dan mengaji kitab ke pengasuh Pesantren.

Salah satu dari sekian banyak kegiatan Pesantren yakni madrasah diniyah pendidikan non formal yang dimiliki oleh Pesantren PPRU I, yang didirikan oleh Alm KH. Khozin Yahya putra pertama dari pasangan KH yahya Sabrowi dengan Nyai Mamnunah Bukhori.

Madrasah diniyah Raudlatul Ulum I bertambahnya tahun para santri-santrinya semakin bertambah, mulai dari 60 santri sekarang madrasah diniyah ini sudah memiliki 130 santri. ini tidak lepas dari perjuangan, kesabaran dan ketelatenan para Ustad dan Kyai dalam mendidik dan membimbing para santri-santrinya.

Madrasah diniyah ini telah mencetak para santri-santrinya untuk menghafal memahami Nadlom yang di karang oleh Imam Malik Al-Andalusi yakni Al-Fiyah Ibnu Malik. Namun terlepas dari kegiatan yang di rancang oleh Para Ustad-Ustad Madarasah Dinyah.

Madrasah diniyah Radlatul Ulum I untuk dua tahun berjalan ini telah melakukan rutinitas wajib sebeum mata pelajaran di mulai yakni Shalat Sunnah Dluha berjama’ah yang di imami oleh para ustad-ustad madrasah dinyah, kegiatan ini bertujuan untuk melatih santri agar tetap istiqomah melakukan shalat dluha serta mengingatkan kepada santri betapa pentingnya shalat dluha bagi para penuntut ilmu.

Selain kegiatan shalat sunnah berjamaah, ada yang lebih menarik untuk kami beritakan kepada panjenengan semua yang dirahmati Allah yakni para ustad menjalankan progam santri diniyah wajib memakai seragam, untuk warna seragam para asatid meilih seragam pondok pesantren yakni baju putih, songkok putih dan sarung warna biru. Seragam ini menambah keserasian dan kekompakan di tambah lagi kegiatan shalat sunnah dluha berjama’ah.

#Madrasah Diniyah Raudaltul Ulum I “Dari Masa Ke Masa”

Semakin bertambahnya tahun para asatid dikit demi sedikit merangkak membenahi segala progam yang di rancang untuk madarsah diniyah Raudlatul Ulum. Semoga kegiatan ini bukan hanya untuk bahan pujian saja,  tapi lebih jauh dari itu, bisa mencetak para santri yang handal dalam bidang kitab kuning mampu mengaplikasikan dalam kegaiatn sehari-hari dan juga tidak lupa selalu menghiasi dirinya dengan akhlakul karimah.

Madarsah diniyah Raudlatul Ulum sudah sekian kalinya mewisuda para santri-santri senior, santri senior ini nantinya bisa saja akan di tugas keluar daerah guna mengajarkan dan membimbing masyrakat sekitar dengan kemampuan yang dimiliknya. Bisa juga para santri yang sudah di wisuda ini akan di tarik oleh pengurus pesantren pusat guna membantu menjalankan progam-progam yang telah di bentuk.

Demikian lah sekilas liputan mengenai kegiatan diniyah yang dapat penulis beritakan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Aminnn..


Tag : Liputan
0 Komentar untuk "#Madrasah Diniyah Raudaltul Ulum I “Dari Masa Ke Masa”"

Back To Top