Media Informasi Islam Terkini

Kehebatan Wudlu Bisa Menghilangkan Dosa-Dosa Kecil

Kehebatan Wudlu Bisa Menghilangkan Dosa-Dosa Kecil

Wudlu semuanya sudah pasti tahu, kalau wudlu itu di gunakan untuk mengesahkan salah satu rukun islam yang ke dua yakni shalat, tanpa wudlu sudah barang tentu shalatnya tidak sah, berhaji juga harus mempunyai wudlu. 

Nah, untuk artikel kali ini pembahasannya mengenai keutamaan berwudlu, tidak membahas masalah hukum, tapi tenang saja artikel kali ini tidak jauh berbeda dengan artikel-artikel sebelumnya, ini jauh lebih menarik, karena penulis sudah beranggapan baik bahwa jenengan-jenengan semua tahu tata cara wudlu, untuk itu penulis memilih membahas masalah keutamaannya saja.

Hemat penulis kita semua butuh yang namanya penjelasan mengenai keutamaan berwudlu agar kita lebih bersemangat lagi dalam melakukan ibadah-ibadah wajib seperti berwudlu, sedekah dan zakat. Serta mengetahui betapa pentinganya berwudlu bagi kita sendiri.

Dalam melakukan ibadah-ibadah wajib seperti shalat dan haji tidak lepas dari yang namanya wudlu’, banyak yang tahu tata cara berwudlu’ dan niatnya, tapi, sedikit sekali yang mengetahui keutamaan berwudlu, jangan tersinggung dulu ini berlaku bagi penulis saja hehe..

Deskripsi masalah di atas membawa penulis untuk bertanya mengenai apakah keutamaan berwudlu teah di singgung dalam hadist apakah hanya hasil dari pemikiran ulama saja?

*Keutamaan berwudlu yaitu mengahapus salah satu dosa-dosa kecil yang telah di lakukan oleh anggota tubuh manusia, kalau dosa besar harus bersunggung-bersungguh dalam bertobat, merasa menyesal, dan tidak mengulangi lagi. Tidak bisa dosa besar terhapus dengan membaca istighfar saja atau berwudlu saja. Pendapat ini berdasarkan dalam hadist yang di riwayatkan oleh Imam Muslim

#Landasan Kitab Kuning

*Seorang hamba yang beriman yang melakukan wudlu dengan membasuh wajahnya, maka semua dosa-dosa yang di lihat oleh mata, bau haram yang tercium oleh hidung, pendengaran yang haram di dengan oleh telingah, maka dosa-dosa yang di lakukan oleh panca indra tersebut keluar bersamaan dengan jatuhnya air.

Kalau dia membasuh kedua tangannya, sedangkan tanganyapernah menampar atau menyakiti orang lain yang tidak bersalah, maka air yang terjatuh dari basuhan tangannya dosa-dosa yang di lakukan oleh tangannya turut jatuh.

Bila ia membasuh kedua kakinya maka dosa-dosa yang dilakukan oleh kakinya seperti berjalan ke jalan yang di haramkan, maka dosanya akan turut jatuh.

Begitulah keutamaan berwudlu, jadi seseorang yang telah melakukan wudlu, sebenarnya ia keluar dalam keadaan suci, bersih dari dosa.

*Jika seorang hamba yang beriman berkumur-kumur sebelum berwudlu, maka ia telah mengeluarkan dosa-dosa yang di lakukan oleh mulut tersebut. Jika menghirup air kehidung maka dosa-dosanya akan keluar bersamaan dengan tetesan air tersebut, begitu pula ketika membasuh muka, kedua tangan, mengusap sebagian rambut, lalu di teruskan dengan membasuh kedua kaki, maka dosa-dosa yang di lakukan oleh anggota itu akan turut keluar bersamaan dengan tetesan air. Kemudian setelah melakukan wudlu lalu berjalan menuju ke masjid dan melukakan shalat , maka pahala yang akan ia dapat.

Demikian penjelasan mengenai keutamaan berwudlu, semoga bermanfaat bagi membaca yang di rahmati oleh Allah Swt. Aminnn..

Refrensi Kitab:  As-Sunanul Kubra Lil Baihaqy Juz 1 Hal 81
             Ihya Ulum Ad-Din Juz 1 Hal 262 


Tag : Islam
0 Komentar untuk "Kehebatan Wudlu Bisa Menghilangkan Dosa-Dosa Kecil"

Back To Top