Media Informasi Islam Terkini

Inilah Hukum Mentato Yang Perlu Di Ketahui

Inilah Hukum Mentato Yang Perlu Di Ketahui

Jumpa lagi  di artikel kali ini semoga sahabat-sahabatku selalu di beri kesehatan oleh Allah, Nah untuk artikel kali pembahasannya mengenai masalah hukum mentato tubuh, semoga bermanfaat.
 
Kita semua pasti tahu apa itu yang di namakan TATO, tato ialah Mengiasi tubuh dengan gambar-gambar yang di inginkan baik gambar macan, singa, atau tulisan. dalam pembuatan tato  sendiri menggunakan tulang binatang sebagai jarum ada pula dengan duri pohon jeruk, dan ada pula yang menggunakan tembaga panas untuk mencetak gambar naga di tubuh. Benda itu di tusukkan ke kulit setelah mengeluarkan darah, maka darah tersebut di campur dengan zat pewarna agar mendapatkan warna yang sesuai dengan gambar dan keinginan.

Apakah mentato di anggota tubuh itu sakit, kalau pertanyyaan seperti ini pasti merasakan sakit yang luar biasa, yang paling sakit pembuatan tato di anggota tubuh yang sangat sensitive seperti dada, wajah, punggung, Namun karena nilai yang tinggi dari tato tersebut, serta menampakkan keindahan pada tubuh yang di tato tersebut, maka rasa sakit itu tidak dianggap ada “Katanya..

Lalu bagaimana tanggapan hukum fikih menyikapi hal demikian apakah anjis atau tidak, kalau najis wajibkah harus di hilangkan?

*Mentato hukumnya najis dan wajib di hilangkan bila mencegah air sampai ke kulit, kalau tato itu di buat setelah dewasa, dalam keadaan islam dan tidak ada bahaya yang di rasakan.

Kalau mentatonya itu ketika masih kafir atau mentatonya itu mulai kecil dan ada indikasi membahayakan kesehatan jika di hilngkan, maka tidak wajib untuk di hilangkan. Maka hukumnya di ma’fu.

#Landasan Hukum Fikih

*Tato hukumnya najis, dan wajib untuk menghilangkan tato tersebut jika tidak membahayakan kesehatan, di buat setelah dewasa serta dalam keadaan islam. Kalau tato itu di buat ketika masih kafir, masih kecil dan membahayakan kesehatannya maka tidak wajib di hilangkan.

*Menghilangkan tato hukumnya wajib. Karena tato itu pembuatannya dengan menusukkan jarum ke kulit hingga berdarah, lalu di taburi dengan bahan pembuat tato, sehingga daging bisa berwarna sesuai keinginan, kewajiban menghilangkan tato tersebut jika tidak menghawatirkan kesehatannya dan apabila di khawatirkan terjadi bahaya, maka tidak wajib secara mutlak.

Dan juga berlaku jika ada keperluan yang mendesak untuk mentato atau mentatonya saat masih kecil atau gila maka tidak perlu untuk di hilangkan.

Jika tidak membahayakan dan pembuatannya ketika dewasa, lalu  orang yang bertato itu melarang untuk di hilangkan, maka pihak yang berwenang untuk memaksa menghilangkan tato tersebut seperti qodli (Ulama, pemimpin), jika tidak mau untuk menghilangkan tato tersebut, maka shalatnya tidak bisa sah sebab tato itu di hukumi najis.

Bertato hukumnya haram dan wajib untuk di hilngkan dengan beberapa syarat:

a.  Tatonya tidak memiliki kemanfaatan

b.  Orang yang bertato dalam keadaan islam tidak gila, maka wajib untuk menghilangkan, sebab ia memiliki kewajiban shalat, sedangkan syarat shalat harus suci.

c.  Selama masih hidup wajib menghilangkan tato, kalau sudah meninggal dunia tidak wajib.

d.  Hukum wajib ini selama tidak membahaykan dirinya yang memperbolehkan untuk bertayammum, seperti lamanya masa penyembuhan.

Kalau pembuatan tato itu karena di paksa, masih kecil, gila, maka tidak wajib menghilangkan secara mutlak ini menurut Imam Ar-Ramli.

e.    Tato tidak tertutupi oleh kulit yang tipis, dan apabila tertutupi, maka wajib untuk menghilangkan tato. Kalau tidak boleh di hilangkan dengan sebab-sebab yang sudah di jelaskan, lalau bagaimana hukum wudlunya. Wudlu nya di ma’fu (Wudlu saja).

Nb: Seseorang yang meminta untuk di buatkan tato dan orang yang mentato Allah Dan rasulnya Melaknat, menjauhkan dari Rahmad Allah Saw..Dalilnya Shahih dari Hadist Dan Al-Qur’an..semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Aminn..

Refrensi Kitab: Fiqh Al-Ibadah Juz 1 Hal 230
                          I’anatut Thalibin  Juz 1 Hal 107
                         Tarsih Al-Mustafidin Hal 35
                         Al-Qur’an Surah An-Nisa’ ayat 119
                         Hadist Riawayat Imam Bukhori



Tag : Islam
0 Komentar untuk "Inilah Hukum Mentato Yang Perlu Di Ketahui"

Back To Top