Media Informasi Islam Terkini

Inilah Hukum Menjalankan Kotak Amal Saat Khutbah Jum'at

Inilah Hukum Menjalankan Kotak Amal Saat Khutbah Jum'at

Tempat Sodaqoh jariyah banyak sekali di temukan dimana-mana, baik di jalan raya atau masjid-masjid, untuk tujuan menempatkan tempat jariyah di mana-mana banyak macamnya dari mulai merenovasi masjid, mushalla atau untuk orang meninggal.

Namun, realita yang terjadi di tengah-tengah masyarakat baik di desa atau perkotaan, ketika Khutbah  jum’at sedang berlangsung, biasanya para pengurus masjid (ta’mir), membagikan kotak amal kepada para jamaa’ah jum’at, dengan tujuan yang bermacam-macam seperti untuk merenovasi masjid, sedangkan tujuan membagikan kotak amal saat khutbah jum’at berlangsung, yakni  untuk lebih mudah para jama’ah bershadaqah.

Lalu bagaimana tanggapan hukum fikih mengedarkan kotak amal saat khutbah jum’at berlangsung?
*Kalau mengedarkan kotak amal saat khutbah jum’at berlangsung, maka tanggapan hukum fikih menghukumi makruh, karena hal itu dapat mengganggu kekhusyu’an para jama’ah yang sedang konsentrasi berdzikir kepada Allah dan mendengarkan khutbah.

#Landasan Hukum Fikih

Hukumnya di makruhkan berjalan di antara barisan-barisan jama’ah jum’at, untuk menjalankan  kotak amal atau untuk mendekatkan air minum, serta membagikan undangan dan memberikan sedekah kepada jama’ah. Karena yang demikian itu dapat melupakan atau mengganggu jama’ah jum’at yang sedang berdzikir kepada Allah serta mendengarkan khutbah jum’at.

Kalau kebanyakan yang terjadi di masyarakat yakni bukan pengurs masjid yang turun tangan untuk membagikan kotak amal, melainkan kotak amal di jalankan kebarisan-barisan jama’ah ini dilakukan agar tidak mengganggu para jama’ah, kalau kasusnya seperti ini maka tidak di makruhkan, tapi kalau tetap mengganggu walaupun kotak amalnya di jalankan, maka makruh.

Kemakruhan ini berlaku kalau mengganggu para jamaah jum’at, baik dengan cara pengurus masjid yang menjalankan sendiri atau hanya kotak amalnya saja yang di jalankan.

Demikianlah penjelasan mengenai hukum menjalankan kotak amal di tengah-tengah barisan jama’ah jum’at semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Aminn..

Tag : Islam
0 Komentar untuk "Inilah Hukum Menjalankan Kotak Amal Saat Khutbah Jum'at"

Back To Top