Media Informasi Islam Terkini

Inilah Hukum Membaca Yasin Untuk Orang Yang Mengalami Sakaratul Maut

Inilah Hukum Membaca Yasin Untuk Orang Yang Mengalami Sakaratul Maut

Tradisi Warna Nahdiyin atau NU ketika salah satu warganya akan meninggal dunia (Sakaratul Maut)  biasanya di bacakan salah satu surat yang ada di dalam al-qur’an seperti surat Ar-Ra’du atau Yasin, ini di lakukan hanya semata-mata untuk meringankan beban orang yang mengalami sakaratul maut, harapannya kalau memangAllah menakdirkan ia hidup maka di percepat kesembuhannya tapi kalau Allah menakdirkan sebaliknya, maka ia memang orang yang di cintai oleh Allah.

Lebih jelasnya sakaratul maut itu kondisi pasien yang sedang menghadapi kematian, Sakaratul maut sendiri merupakan  kejadian yang dahsyat, tekanan, dan himpitan kekuatan kematian yang mengalahkan manusia dan menguasai akal sehatnya. 

Terkadang orang yang hidup melihat orang yang mengalami sakaratul maut merasa iba kasian, karena orang sakaratul maut itu sedang berperang melawan kematian, untuk banyak warga Nu membacakan surat yasin atau Ar-Ra’du dengan harapan agar orang yang mengalami sakaratul maut itu di ringankan bebannya. 

Apakah ada landasan hukum yang menganjurkan membacakan surat yasin atau Ar-Ra’du di samping orang yang mengalami Sakaratul maut.

*Membaca surat yasin atau Ar-Ra’du di samping orang yang mengalami sakaratul maut adalah Sunnah dan ada landasan hukumnya. Yakni dalam hadist yang di riwayatkan Abu Dawud dan Ibnu Hibban. Sedangkan landasan hukum mensunnahkan membaca surat Ar’ra’du atau yasin di samping orang yang mengalami sakaratul maut, landasannya di dalam hadist yang di riwayatkan oleh sahabat Jabir Ra.

#Landasan Hukum Fikih

*Orang yang mengalami sakaratul maut di sunnahkan untuk membacakan surat Ar-Ra’du atau yasin, karena berlandaskan hadist, “ Bacakanlah Surat Ar-Ra’du atau Yasin di sampaing orang yang hendak meninggal dunia”. Hadist ini di riwayatkan oleh sahabat Ibnu Dawud dan Ibnu Hibban menshohihkan  hadist ini,

Inilah Hukum Membaca Yasin Untuk Orang Yang Mengalami Sakaratul Maut

Imam Jurubandi berkata mengenai Hikamh di bacakan surat yasin atau Ar-Ra’du bagi seseorang yang mengalami sakaratu maut yakni ketika orang mengalami sakaratul maut yang ada di pandangan mata dan fikirannya hanya kiamat dan kehupan yang akan di tempuh, jadi ketika di bacakan surat tersebut, maka ia akan ingat terhadap Rabb-nya yang menjadikan dirinya dan menjadikan kehidupan setelah kematian, dan ia akan terus melantunkan kalimat-kalimat tauhid dan istigfar.

Hikmah yang kedua berlandaskan hadist “Barang siapa seseorang yang mengalami Sakaratul Maut di bacakan surat yasin atau surat Ar-Ra’du, maka dengan bacaan tersebut mempermudah keluarnya ruh.

#lalu seandainya ada perbedaan antara membaca surat yasin karena di sunnahkan dengan berlandaskan hadist dengan membaca surat Ar-Ra’du ? maka yang lebih di prioritaskan untuk di baca..

Dalam kasus ini masih di pertimbangkan dan sebaiknya di lihat dulu orang yang mengalami sakaratul maut, kalau orang yang mengalami sakaratul maut itu terlihat ada tanda-tanda ingat dengan hari akhirat yakni terlihat segar dan selalu membaca kalimat tauhid, maka di anjurkan di bacakan surat yasin, kalau tidak ada tanda-tanda tersebut sebaiknya di bacakan surat Ar-Ra’du.

Hemat penulis sebaiknya di baca kedua-duanya agar mendapat barakah dari kedua surat al-qur’an tersebut.

Jadi kesimpulannya orang yang mengalami sakaratul maut di sunnahkan di bacakan surat yasin atau Ar-ra’du karena ada hadist yang mendasarinya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Amin… serta semoga kita semua termasuk orang-orang yang di ringankan kematiannya dan mati dalam keadaan islam dan membawa Iman.. amin Ya Robb…

Refrensi Kitab Kuning:  Syakhul Bahjati Al-Waradiyati Juz 5 Hal 403
                                       Nihayatul Muhtaj Juz 8 Hal 33
                                       Jami’u Al Bayan Fii Tafsiri Al Quran Juz 26 Hal 100-101
                                       Fathul Qadir  Juz 5 Hal 75




Tag : Islam
0 Komentar untuk "Inilah Hukum Membaca Yasin Untuk Orang Yang Mengalami Sakaratul Maut"

Back To Top