Media Informasi Islam Terkini

Inilah Hukum Air Liur Keluar Saat Tidur

Inilah Hukum Air Liur Keluar Saat Tidur

Apa  air liur itu, Mungkin dari kita sudah tahu apa air liur itu, air  liur ialah  air yang keluar saat kita sedang tidur, Namun tidak semua orang yang tidur mengeluarkan air liur, Tapi ada juga yang sampai dewasa masih mengeluarkan air liur. Lalu bagaimana hukum air liur yang keluar saat sedang tidur apakah najis atau suci?

*Air liur Yang Keluar Saat Sedang Tidur Hukumnya Di Tafsil:

Di hukumi najis jika air liur itu keluar dari dalam perut seseorang yang sedang tidur, lalu bagaimana mengetahui ciri-ciri air liur yang keluar dari dalam perut. Air liur yang keluar dari dalam perut seseorang ciri-cirinya baunya sangat basi, amis dan warna air liur tersebur berwarna kekuning-kuningan.

Di Hukumi suci jika air liur yang keluar itu tidak dari dalam perut semisal dari otak atau hidung, lalu untuk mengetahui ciri-ciri air liur yang tidak dari dalam perut yakni baunya tidak basin, amis serta warnanya putih.

#Landasan Hukum fikih

*air liur yang keluar  dari mulut  saat sedang tidur hukumnya najis, jika air liur itu keluarnya dari dalam perut dengan ciri-ciri berbau basin, amis berwarna kekuning-kuningan.
Dan sebaliknya tidak di hukumi najis jika air liur itu keluar tidak dari dalam perut semisal dari otak atau hidung.

Lalu bagaimana jika mengalami keraguan, apakah air liur itu dari dalam perut atau bukan dan tidak ada bau atau warna, maka hukumnya di anggap suci.

Ibnu Al-‘Imad telah menyebutkan beberapa hukum air liur yang keluar dari mulut saat sedang tidur:

Yang pertama air liur di hukumi suci secara mutlak (baik ada bau atau tidak. Baik berwana kekuning-kuningan atau tidak).

Yang Kedua di hukumi suci secara mutlak (baik air liur itu berbau atau berwarna).

Yang Ketiga hukumnya di perinci, air liur yang keluar dari dalam perut dan yang keluar dari mulut saja atau otak dan hidung.

Perincian Hukum Air Liur

Air liur yang keluar dari dalam saja, otak atau hidung saat sedang tidur hukumnya suci, dan sebaliknya kalau air liur itu keluarnya dari dalam perut hukumnya najis kalau memiliki ciri-ciri seperti berbau amis, basin dan berwarna kekuning-kuningan, walaupun najis tapi tetap maafkan hukunya apabila pada seseorang yang selalu mengeluarkan air liur saat sedang tidur.

Demikian lah sekilas Web MURSYID HASAN menguraikan seputar permasalahan hukum air liur yang keluar saat tidur. Semoga bermanfaat untuk semuanya. Amin…

Refrensi Kitab Kuning: Tarsyih Al-Mustafidin Hal 37
                                      Hasyiyah Al-Bajuri Juz 1 Hal 100

Tag : Islam
0 Komentar untuk "Inilah Hukum Air Liur Keluar Saat Tidur"

Back To Top