Media Informasi Islam Terkini

Hukumnya Buang Hajat Menghadap Dan Membelakangi Arah Kiblat

Hukumnya Buang Hajat Menghadap Dan Membelakangi Arah Kiblat

 
Kita sudah tahu apa itu yang di namakan Kiblat, kiblat sendiri yaitu suatu tempat yang kita wajib untuk menghadap kearahnya saat melakukan ibadah seperti melakukan shalat, kita harus menghadap kepada tempat itu (Baitullah), kalau kita tidak menghadap kepadanya saat salat maka solatnya batal.
Kiblat atau Baitullah merupakan sebuah masjid yang di mulyakan dan didirikan untuk beribadah hanya kepada Allah bahkan di tempat ini pula haram menumpahkan darah baik untuk orang islam atau orang Kristen.

Karena di mulyakan maka tidak di perbolehkan bagi seorang bocah menghadap kepada arah kiblat saat buang hajat, kalau tidak mengetahuinya, maka bagi orang tua wajib melarangnya.

Yang di maksud menghadap arah kiblat atau membelakangi kiblat yang di haramkan saat buang hajat ialah menghadap kiblat dengan dadanya dan membelakangi kiblat dengan punggungnya.

Dan ada pula yang berpendapat bahwa yang di haramkan menghadap kiblat saat buang hajat yakni dengan qubul (kelamin bagian depan) dan membelakangi kiblat dengan duburnya (Kelamin bagian belakang). Lalu bagaimana keharaman  mengahadap kiblat saat buang hajat yang benar ?

Ulama Dalam Menyikapi Hal Demikian Masih Ada Perbedaan:

Menurut satu ulama hukumnya di haramkan buang hajat menghadap kea rah kiblat dengan dada dan membelakangi kiblat dengan punggungnya, sekalipun kelamin bagian depan dan belakang tidak mengahap atau membelakangi kiblat.

Menurut pendapat yang lain haram menghadapkan kelamin bagian depan kearah kiblat dan membelakangi kiblat kelamin bagian belakang, ketika keluarnya kotoran tanpa ada penutupnya semisal satir (Tembok, kayu pagar).


Hukumnya Buang Hajat Menghadap Dan Membelakangi Arah Kiblat

#Landasan Hukum Fikih

*tidak di perbolehkan bahkan haram bagi seseorang yang buang hajat menghadapkan kubul dan duburnya kearah kiblat baik ke baitullah atau ke baitul maqdis…jika di antara orang yang buang hajat dan arah kiblat tidak ada penutupnya semisal di lapangan sepak bola dan padang pasir, atau ada penghalang tapi jaraknya terlalu jauh dengan orang yang buang hajat semisal jaraknya 10 meter, ini di lakukan semata-mata untuk mengagungkan Baitullah.

*menghadap kiblat yang di maksud itu ialah orang yang buang hajat menghadap kiblat dengan wajahnya ini sudah lumrah kita ketahui. Sedangkan yang di maksud membelakangi kiblat ialah membelakangi kibalt dengan punggungnya saat buang hajat.

Ada ulama yang mengatakan posisi yang telah di sebutkan itu tidak termasuk membelakangi kiblat yang di haramkan, kecuali jika dzakarnya yang di hadapkan kea rah kiblat.

Menurut Qoul yang mu’tamat berlandaskan hadist nabi hukumnya di haramkan  “Apabila kalian mendatangi tempat untuk baung hajat, maka janganlah kalian menghadap kearah kiblat atau membelakanginya.

Andaikan orang buang hajat mengahadp kiblat dengan dadanya dan membelokkan kelaminnya dari arah kiblat, kemudian ia kencing maka tidak ada keharaman baginya. Kalau sebaliknya yakni kelaminnya di arahkan kearah kiblat, maka haram hukumnya.

Nah, Demikian informasi mengenai Hukum BUANG HAJAT MENHADAP ARAH KIBLAT yang dapat Kami bagikan. Semoga bermanfaat,amin.


Refrensi Kitab Kuning: Fatawy Ar-Ramli Juz 1 Hal 76
                                      Minhajul Qowwim Juz 1 Hal 74
                                      Hasyiyatul Bajuri Juz 1 Hal 63
                                      I'Anatut Thalibin Juz 1 Hal 110-111
                                      Hasyiyah Bujairimi Juz 2 Hal 132





Tag : Islam
3 Komentar untuk "Hukumnya Buang Hajat Menghadap Dan Membelakangi Arah Kiblat"

Yang kadang bikin bingung, jaman sekarang banyak banget closet menghadap arah barat... Kira" gimana solusinya ya..

kalau pembuatan closet menghadap kiblat karna belum tahu hukumnya,maka gpp..walaupun buang hajatnya menghadap kiblat atau membelakangi kiblat intinya tidak ada niatan untuk menghina kiblat....

tapi kalau sekarang closet kan ada pembatasnya semisal tembok atau tirai maka gpp...yang gak boleh itu semisal gak ada pembatas semisal baung hajat di tanah lapang..padang pasir..

Back To Top