Media Informasi Islam Terkini

Bolehkah? Menyentuh Al-Qur’an Di Hp Android

Bolehkah Menyentuh Al-Qur’an Di Hp Android

Canggih teknologi masa kini telah merubah perkembangan zaman, semuanya di bikin praktis dan inovatif. Memang perkembangan teknologi Tak dapat dipungkiri lagi sebab kemajuan teknologi masa kini  perkembangannya sangatlah pesat.

 Perkembangan teknologi ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi-kreatifitas yang telah dibuat oleh ahlinya masing-masing. Mulai teknologi yang palig sederhana, sampai teknologi yang menghebohkan dunia. Salah satu contohnya robot pengantar makanan. Aplikasi Kumpulan kitab atau Al-Qur’an dalam HP Adroid.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini memang sangat penting aktifitas manusia zaman sekarang ini dalam memenuhi kehidupan sehari-harinya. 

Fungsi teknologi sendiri ialah alat  untuk menunjang kemajuan manusia serta untuk mempermudah dalam  kehidupan manusia.

Banyak kita temui di  belahan masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi, alat bantu manusia seperti Hp bisa untuk alat informasi, komuniksi dan banyak juga yang lain.

Dengan perkembangan teknologi masa kini sebagaimana contoh yang sering kita ketahui di mayarakat, adanya aplikasi software kumpulsn kitab-kuning atau yang banyak kita jumpai Software Aplikasi Al-Qur’an di  android. Aplikasi ini di fungsikan agar lebih mudah tersedia saat di butuhkan semisal bagi yang hafal al-qur’an, saat menghadiri pemakaman dan tahlilan.

Bagaimana tanggapan fiqh memegang Hp atau Cd yang di dalamnya terdapat aplikasi al-qur’an saat hadast.

*Hukum memegang aplikasi al-qur’an di dalam Hp atau sejenisnya tidak sampai mengharamkan, kerena yang di maksud dalam kitab-kitab yang haram bagi yang berhadast memegang mushaf.
Sedangkan Mushaf sendiri ialah sesuatu perkara yang yang terdapat tullisan al-qur’an secara nyata yang bertujuan untuk belajar, maka aplikasi yang ada di Hp atau CD tidak tergolong mushaf, karena yang ada di HP atau CD itu hanya berbentuk suara atau tulisan yang di pancarkan oleh sinar.

Refrensi Kitab Nihayatul Zyain hal 32

“Definisi mushaf sesuatu yang  perkaran yang ditulis menggunakan huruf dari al-qur’an tujuannya untuk belajar seperti papan, tiang, tembok, maka kalau seperti itu haram menyentuh al-qur’an yang di tulis tadi kalau dalam keadaan hadast. Baik  menyentuhnya pada bagian yang di penuhi dengan tulisan atau hanya menyentuh di penggirnya saja.Pendapat ini sebagai langkah untuk berhati-hati.

Al-Fiqhul Ibadaat Syafi’i Juz 1 Hal 131

Ada perkara yang di haramkan untuk menyentuh al-qur’an di antaranya: membawa mushaf, menyentuh kertasnya baik bagian dalam, pinggir atau sampulnya al-qur’an, walaupun menyentuhnya dengan potongan kain. Sedangkan untuk al-qur’an yang berada di dalam CD atau Hp Android hukumnya tidak haram sebab hp atau CD bukan termasuh mushaf.

Demikianlah keterangan ini Semoga bermanfaat untuk kita semua. Aminnn



Tag : Islam
0 Komentar untuk "Bolehkah? Menyentuh Al-Qur’an Di Hp Android"

Back To Top