Media Informasi Islam Terkini

Aurat Wanita kelihatan Saat shalat, batalkah Shalatnya?

Aurat Wanita kelihatan Saat shalat, batalkah Shalatnya?

Kita sudah mengetahui hukum shalat, dan juga mengetahui syarat dan rukunnya karena tanpa adanya rukun dan syarat tidak terpenuhi maka konsekuensinya shalatnya bisa batal, oleh sebab itu kita harus mengetahui rukun dan syarat.

Nah, masih banyak di luar sana yang sudah faham betul masalah rukun dan syarat, Namun, masih banyak juga yang masih melakukan sesuatu syarat yang tidak di perbolehkan bagi seorang wanita dalam shalat semisal seluruh tubuh wanita harus tertutupi kecuali telapak tangan dan wajah, tapi kebanyakan wanita saat melakukan sujud tumitnya kelihatan.

Dengan masalah di atas ini bagaimana hukum shalatnya, apakah membatalkan atau tidak?
*kalau seorang wanita dalam shalat tumitnya kelihatan, maka sudah pasti shalatnya batal, sebab aurot bagi wanita dalam shalat seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan wajah.  

#landasan Hukum

Wajib bagi wanita untuk menutup seluruh tubuhnya kecuali telapak tangan dan wajah dan juga wajib menutup rambut kepala, telapak kaki, akan tetapi sudah di anggap menutupi kedua telapak kaki ketika berdiri.

Menurut Imam Zakaria Al-Anshori ketika bagian tubuhnya kelihatan saat melakukan sujud atau ruku’ maka shalatnya batal. Dan jika pakaainnya bisa menutupi semua kedua telapak kakinya dan tidak menyentuh pada batin telapak kaki, maka sudah di anggap cukup di buat menutupi, kerena pakaiaan itu bisa menutupi bagian yang terlihat dan bagi wanita tidak di perbolehkan memakai sepatu. Berbeda dengan apa yang di duga oleh sebagian kaum hawa yang lemah pemikirannya (yang mewajibkan memakai sepetu). Hanya saja seorang wanita ketika sujud wajib menjaga terangkatnya pakaiaan tersebut dari dalamnya telapak kaki, karena demikian itu bisa membatalkan shalat, maka hendaknya selalu di ingat.

NB;
Hendaknya bagi kaum hawa ketika hendak melakukan shalat bentuk mukena harus di perhatikan, ukuran mukena lebih di perpanjang/ di besarkan dari badan, sebab mukena yang tidak terlalu besar rawan sekali anggota tubuh terlihat saat ruku’ atau sujud.

Refrensi Hukum: Hawasyis Sarwani Juz 2 Hal 112



Tag : Islam
0 Komentar untuk "Aurat Wanita kelihatan Saat shalat, batalkah Shalatnya?"

Back To Top