Media Informasi Islam Terkini

Ada Kotoran Di Bawah Kuku, Sah kah Wudlu-Nya?

Ada Kotoran Di Bawah Kuku, Sah kah Wudlu-Nya?

Siapa yang tidak  tahu dengan  kuku, kuku terkadang oleh seseorang di buat untuk menghiasi diri baik dengan pacar atau yang lain ada juga yang memanjangkan kuku,  biasanya di lakukan oleh kaum adam bukan untuk menghiasi diri tapi hanya untuk berbangga-bangga.

Terkait dengan ahli medis yang semakin berkembang, para dokter menyarankan menjaga tubuh tetap bersih, agar kondisi tubuh tetap sehat dan prima. Salah satu contoh membersihkan gigi dua kali sehari, berolahraga dan untuk seorang yang memiliki kuku yang panjang yang terdapat kotoran di bawah kuku, agar di bersihkan.

Menurut ahli medis kalau tidak menjaga kebersihan tubuhnya, maka rentan sekali terserang penyakit.
Terkait dengan keabsahan wudlu yakni semua anggota wudlu harus terbasuh dengan sempurna, jika kuku seseorang terdapat kotoran di dalam, apakah wajib di hilangkan, mengingat air harus sampai ke anggota wudlu?

*Menurut pendapat yang kuat di tafsil (diperinci) kalau kotoran yang terdapat di dalam kuku itu bisa mencegah sampainya air ke anggota basuhan wudlu’ maka wajib di hilangkan, kalau tidak, maka tidak harus di hilangkan, cuman sebaiknya di bersihkan saja.

Kalau menurut Imam Al-Ghazali, Al-Juwaini dan Imam Al-Qoffal kuku yang terdapat kotoran itu di maafkandan untuk wudlunya tetap di anggap sah.

Hasyiyah Al-Bajuri  Juz I Hal 51

“wajib menghilangkan kotoran yang terdapat di dalam kuku, jika kotoran itu bisa menghalangi sampainya air kekulit. Dan untuk hukumnya di maafkan jika kotoran itu sedikit. Menurut madhad kita yaitu Madzhab Syafi’i hukumnya di ma’fu secara mutlak.

*Salah satu syarat wudlu ialah tidak adanya perkara yang bisa menghalangi sampainya air ke anggota basuhan wudlu seperti terkena lilin, kapur dan minyak yang membeku, bekas tinta yang masih ada dzatnya.

Menurut kebanyakan ulama’ Dalam wudlu juga di syaratkan tidak ada kotoran yang berda di bawah kuku yang bisa menghalangi sampainya air ke kulit.

Sedangkan menurut segolongan ulama’ termasuk di antaranya Imam ghazali, Imam Zarkasy beliau-beliau ini menerangkan dan memberi kema’fuan terhadap kotoran yang terdapat di bawah kuku.

Pendapat ini menurut Imam Adzro’i sangat lemah, kemudian beliau dalam kitabnya berpendapat yang terdapat dikitab Ar-Raudlah  yakni hukumnya di maafkan terhadap kotoran yang berada di dalam kuku.

Menurut Imam Al-Bughawi kotoran yang di hasilkan oleh debu kemudian masuk ke dalam kuku, maka kotoran itu tidak bisa mengesahkan wudlu, beda halnya kalau kotoran itu di hasilkan oleh keringat atau badannya sendiri maka di ma’fu. 

Demikian penjelasan yang dapat kami uraikan semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Amin Ya Rabbal Alaminnn...

Tag : Islam
0 Komentar untuk "Ada Kotoran Di Bawah Kuku, Sah kah Wudlu-Nya?"

Back To Top