Media Informasi Islam Terkini

6 Tips Ampuh Berhenti Merokok Tanpa Resiko

6 Tips Ampuh Berhenti Merokok Tanpa Resiko

Bagi para pecandu rokok yang ingin berhenti sangat lah susah, Namun, bukan berarti tidak bisa selama ada kemauan dan niat yang kuat, terkadang seseorang memeiliki tekat yang kuat untuk berhenti merokok tapi niat kurang, hal seperti ini kebanykan gagal, ada juga niat sudah kuat tekat sudah ada, Tapi, kurangnya dukungan dari orang-orang sekitar, hal ini juga kebanyakan gagal.

Ada Banyak cara yang dilakukan agar bisa berhenti merokok, seperti yang kebanyakan orang lakukan seperti halnya minum soda katanya bisa membuang lendir rokok di tenggorokan, ada juga yang Makai obat, saya ulangi lagi kalau tidak di barengi dengan niat dan tekat yang kuat pastinya gagal, pengalaman pribadi saya , banyak orang sekitar yang mau berhenti rokok, dengan cara yang tadi saya sebutkan, tapi, bukannya berhenti malah semakin menjadi, ini caranya yang keliru apa orangnya.

Seseorang yang melakukan puasa rokok biasanya fikiran terganggu seperti sering melamun, gelisah, pengen marah, terkadang drop. Jangan gelisah ini wajar, sebab kondisi seperti ini sedang melawan nafsunya untuk berhenti merokok.

a.    Hindari Kebiasaan Yang Membuat Anda Merokok

Seseorang yang sudah taraf pecandu biasanya sulit untuk berhenti merokok, Tapi, tidak menutup kemungkinan bisa berhenti, salah satu tips yang harus di hindari  yaitu menghilangkan kebiasaan merokok seperti menghisap, memegang rokok, membuang putung rokok ini kebiasaan yang tidak pernah hilang, kebiasaan yang seperti ini harus di hilangkan, kalau ingin berhenti merokok. Caranya bagaimana cobalah melakukan aktifitas yang jauh dari rokok, seperti bekerja kalau kebiasaan buruk itu muncul semisal pengen merokok, cepat-cepat hilangkan fikiran seperti itu dengan melakukan aktifitas yang lain.

Juga hindari kebiasaan yang selalu anda kombinasikan dengan merokok seperti menonton televisi, membaca majalah atau surfing internet dan mengetik.

b.    Menyibukkan Diri

Sibuk dengan menyibukkan sendiri itu berbeda demi menghilangkan nafsu rokok selalu menyibuukan sendiri dengan melakukan hal-hal yang jauh dari kombinasi dengan rokok. Yang ringan-ringan saja, lakukan kesibukan dengan hal-hal yang anda sukai dan cobalah untuk tidak meninggalkan banyak waktu untuk menyendiri sehingga terpikir keinginan untuk merokok. Juga, cobalah untuk mengalihkan keinginan tersebut dalam kegiatan yang intens, misalnya dengan melakukan beberapa kegiatan berjalan kaki atau bersepeda.

c.    Minum lebih Banyak Air

Banyak alasan bagi seorang yang ingin berhenti merokok, tapi, tidak mengapa asalkan mau berhenti, kebanyakan orang yang melakukan puasa rokok tenggorokan kering, lekat dengan lendir, mulut tidak nyaman, kalau seperti itu Cobalah untuk minum lebih banyak air. Air membantu dalam menghilangkan racun dari merokok yang telah terakumulasi dalam tubuh anda lebih cepat, sekaligus mengurangi keinginan anda untuk merokok.

d.    Berpikirlah Positif

Positif di sini yaitu berfikir kemanfaatan berhenti merokok untuk tubuh kita, Jangan sekali-kali berpikir berhenti merokok sebagai sebuah musibah danpengorbanan.tapi hendaknya  Pikir bahwa kalau kita berhenti merokok kita akan mendapatkan lebih banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

e.    Selalu Siapkan Camilan

Sebelum kita melakukan puasa rokok selamanya, hendaknya menyiapkan Sneck (camilan) yang sangat kita sukai dan usahakan memiliki pemanis yang tahan lama seperti Permen atau makanan yang banyak mengandung gula, kenapa harus pemanis, sebab orang yang pertama kali melakukan puasa rokok, mulut kita akan selalu tidak nyaman, pahit, serta lengket dengan lendir oleh sebab itu siapkan makanan yang banyak pemanisnya. Atau kalau tidak suka yang manis-manis hendaknya  memilih jenis cemilan sesuai selera masing-masing. Kalau saya pribadi lebih menganjurkan kunyah permen karet ketika hasrat untuk merokok muncul. Adanya cemilan ini berguna mengalihkan perhatian agar tak merokok lagi. Faham kan..

f.    Bersikap Sabar

Kenapa sabar termasuk tips untuk berhenti dari kebiasaan merokok, pengalaman pribadi saya walaupun sebenarnya saya bukan perokok hehe..gini kebanyakan orang yang ingin berhenti merokok sedangkan niatnya kurang begitu mantap, terkadang ada saja orang yang usil, mengganggu, contoh” kenapa harus berhenti merokok, apa kamu mau ganti kelamin, harus sabar ya.. kamu nyusur saja kayak nenek saya..lagi-lagi harus sabar..ini ujian bagi perokok..










Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "6 Tips Ampuh Berhenti Merokok Tanpa Resiko"

Back To Top