Media Informasi Islam Terkini

4 Tips Paling Ampuh Mencegah Penyakit Usus Buntu

4 Tips Paling Ampuh Mencegah Penyakit Usus Buntu

Siapa yang mau terkena penyakit, siapa juga yang gak mau di obati kalau sedang sakit, sebelum kedua-duanya terjadi sebaiknya mengenali hal-hal yang bisa mendatangkan penyakit, walaupun tidak semua penyakit bisa di kenali, gimana caranya mengenali penyakit yang hendak menyerang kita, salah satunya harus peka, kalau sakit di daerah perut pasti kemungkinan kalau tidak lambung, usus buntu, setelah kita mengenali gejala seperti itu, hendaknya berantisipasi agar penyakit yang akan menyerang kita bisa musnah. Atau mencari obat alamai agar terhindar dari penyakit tersebut.

Di artikel kali pembahasannya mengenai gejala usus buntu, supaya kita lebih waspada, bisa mengobati dengan cara yang alami tanpa harus menunggu dokter, ini berlaku kalau gejala usus buntu tidak parah, nah kalau parah gimana, jangan manja, ada Rumah sakit terdekat. Iya kan…

A.    Badan Panas dan Demam Ringan

Gejala awal seseorang yang akan mengalami penyakit usus buntu biasanya badan merasa panas terkadang juga demam ringan dan meriyang. Jadi, kalau kita seumpama mengalami sakit perut yang sangat sampai-sampai tidak bisa untuk berdiri, berjalan dan duduk, dan juga badan kita mengalami demam, maka bisa jadi itu merupakan ciri-ciri usus buntu.

B.    Tidak Nafsu Makan

Gejala kedua bagi penderita usus buntu yakni tidak nafsu makan serta mengalami mual-mual bahkan sampai ada yang muntah, gejala seperti  Ini juga merupakan gejala yang sering kita temui. Biasanya tidak nafsu makan, mual-mual, ini terjadi di awal bahkan sebelum adanya rasa sakit di perut. Kalau sampai Muntah akan lebih intens ketika sakit perut datang dan gejala usus buntu semakin memburuk.

C.    Perut Kembung

Gejala perut kembung merupakan gejala pelengkap dari mulai badan merasa panas, tidak nafsu makan dan perut kembung, ini ciri-ciri gejala usus buntu, terkadang sebelum penyakit usus buntu menyerang  susah kentut, apalagi jika kita merasa bahwa tidak ada masalah lain yang menyebabkannya seperti mimum minuman bersoda, terlalu banyak makan sayur, dll. Jadi ketika perut kita kembung, di satu sisi mengalami sakit perut kanan bawah dan demam, maka mungkin saja itu merupakan gejala usus buntu.

Sakit perut kalau tidak segera di tangani secara serius bisa berakit fatal apalagi kalau seseorang itu tidak mengetahui ciri-ciri usus buntu atau penyakit lambung, untuk itu sakit apapun itu harus di tangani secara serius, kalau tidak parah kita bersykur kalau sampai parah, susah juga kan..

Seseorang yang menderita usus buntu biasanya mengalami beberapa gejala seperti yang saya jelaskan di atas, secara umum akan mengalami beberapa gejala. terkadang gejalanya tergolong ringan sehingga tidak diwaspadai sejak awal. Padahal jika tidak segera ditangani, semakin lama usus buntu semakin berbahaya, semakin membesar dan bisa pecah. Meskipun operasi pengambilan usus buntu ini hanya berupa operasi kecil saja, namun jika sudah pecah bisa jadi akan menjadi operasi besar, kita tidak mau kan operasi besar, apalagi biayanya juga besar..

A.    Jahe

Jahe merupakan tumbuh-tumbuh yang banyak di temukan di pasar-pasar dan juga dapat tumbuh di tanah mana pun dan kapan pun. Tumbuhan Jahe kaya akan antiinflamasi alami yang membantu mengurangi peradangan dan nyeri perut. Jahe juga efektif dalam memberikan bantuan pada gejala lain seperti mual dan muntah. Agar Anda dapat merasakan manfaatnya, Anda dapat mengonsumsi teh jahe atau menggunakan jahe untuk memijat bagian perut.

a.    Minum teh jahe sebanyak 2-3 kali sehari. Untuk membuatnya, didihkan satu sendok teh jahe parut atau iris dalam secangkir air mendidih selama 5-10 menit.

B.    Kunir Dan Jeruk Nipis

kunir memiliki beberapa manfaat tidak hanya sebagai bumbu masakan di dapur, tapi juga baik bagi kesehatan. Serta dapat mengobati gejala usus buntu, kunir  terkenal sebagai anti bakteri, mengurangi peradangan. Sedangkan jeruk nipis juga terkenal sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakit seperti batuk, amandel, serta dapat mengobati gejala usus buntu.

Cara penyajiannya dengan mencampur air perasan 1 butir buah jeruk dan parutan 1 rimpang kunir dengan 1 potong gula aren dan sedikit garam.

Campuran tersebut kemudian diseduh dengan air panas 1 gelas lalu disaring untuk diminum. bisa meminum campuran ini setiap pagi sehabis makan.

Pencegahan Sebelum Usus Buntu Datang

a.    Jangan Menunda Buang Air Besar

Kalau seseorang hendak buang hajat yakni BAB jangan menunda terlalu lama sebab hal seperti sangat rentan sekali terkena penyakit usus buntu, Meskipun masalah ini  terlihat sepele, tapi inin bisa berakibat fatal bisa terkena radang usus buntu. Ketika kita menahan BAB, kita akan mengalami penumpukan feses padahal penumpukan feses itu adalah hal yang bisa menyebabkan radang usus buntu.

b.    Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Setelah kita mencegah dengan cara yang lain, ini ada Cara lain untuk mencegah usus buntu adalah banyak mengkonsumsi air putih. Air putih bisa melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Feses yang keras bisa dilunakkan dengan cairan yang ada di dalam tubuh, oleh sebab itu orang yang kurang dalam mengkonsumsi cairan dirinya akan rentan untuk terkena sembelit dan juga radang usus buntu. 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Aminnn…







Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "4 Tips Paling Ampuh Mencegah Penyakit Usus Buntu"

Back To Top