Media Informasi Islam Terkini

3 Bahaya Sofliens Kotak Untuk Kesehatan mata


3 Bahaya Soflien Kotak Untuk Kesehatan mata
Lensa merupakan alat yang berfungsi untuk menggantikan kaca mata bagi yang menderita Minus, cara makainya pun sangat praktis dan lebih pede. Terkadang banyak yang memakai lensa ini hanya untuk tampil keren dan gaya, sehingga banyak yang tidak mengetahui dampak bagi si pemakai kalau sampai ceroboh, semisal terlalu  keseringan Makai lensa, memakai lensa saat tidur, mengagaruk-garuk mata saat memakai lensa. Ini sering di lakukan oleh si pemakai.

Untuk mencegah sesuatu yang belum terjadi, maka saya memberikan informasi seputar bahaya memakai lensa yang berlebihan. Banyak kan di TV atau media social dan cetak, seorang perempuan saat tidur memakai lensa, setelah bangun ia tidak bisa melihat lagi, setelah di cek ke dokter ia mengalami kebutaan yang permanen, kita tidak mau kan hal itu terjadi kepada mata kita. memang sih soflens itu terkenal keindahannya untuk mata bagi pemakai, tapi sebelum menuju kesana, kenali dulu dampak-damapk bagi si pemakai sofleins.

Dampak Bahaya Soflens Untuk Mata

 1. Kebutaan Permanen
Dampak yang pertama yaitu kebutaan ini dampak terparah bagi si pemakai,  kenapa sih lensa atau yang ngetren di kalangan remaja dengan sebutan Soflen bisa berakitab kebutaan yang permanen, sebab saat soflen atau lensa di masang ke mata mengalami pencairan sebab soflen atau lensa terbuat dari plastic sehingga meleleh sebab terkena panas dari asap sehingga cairan plastik softlens tersebut merekat kencang kemata, kalau hal itu bisa terjadi maka sangat sulit sekali untuk mengambil soflen yang meleleh kemata. Orang yang mengalami hal tersebut pun mengalami kebutaan permanen. Menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa pengguna softlens tidak boleh dekat-dekat dengan api maupun dengan asap dari api tersebut. Hal itu akan sangat berbahaya sekali sebab bisa menyebabkan cairan plastik softlens meleleh dan melekat ke mata. 

2. Iritasi dan Mata Merah
Dampak yang kedua bagi pemakai soflen yaitu mata akan mengalami iritasi dan mata merah, kenapa harus iritasi, sebab adanya benda asing yang menempel di bola mata, untuk itu jangan sekali-kali menyentuh soflen kalau tangan kotor. Sedangakn mata merah ini di sebakan mata mengalami kekeringan, untuk menghindari sesuatu yang tidak di inginkan, maka di anjurkan untuk menetesi soflen  dengan tetes mata yang khusus untuk soflen. 

Kenapa seseorang kebanyakan memakai softlen ini pengalaman dari teman-temanku ia berkata memakai softlen itu jalan pitas bagi penderita Minus agar tetap tampil keren dan pede.

3. Infeksi
Dampak pemakaian soflen yang ketiga yakni mata mengalami infeksi, infeksi ini jika pemakai tidak rutin membersihkan soflen yang di pakai, untuk pemberihannnya pun harus dengan alat yang khusus untuk Soflen,  kalau si pemakai menggunaan softlens yang salah dan tidak tahu cara merawatnya justru akan mengalami berbagai macam masalah mata. Seperti infeksi mata maka akan menimbulkan bekas luka di kornea mata. Kalau mata sudah terkena infeksi, kebanyakan mata akan merasa gatal, menggaruk dengan tangan yang kotor, ini akan banyak menimbulkan banyak penyakit. Untuk hindari..

Kesalahan fatal bagi Pemakai Soflen. Hindari!!

1.    Tidur memakai Soflein
Ini kebanyakan di lakukan oleh remaja, alasannya kecapean tidak sempet melepas Soflen, ketiduran, males yang mau melepas dan pengen tetap keren. Hilangkan hal itu kalau tidak ingin menderita seumur hidup.

Kenapa  harus di lepas saat mau tidur, ini alasannya Pada saat tidur, bakteri pada lensa kontak dapat tumbuh subur di bawah kelopak mata yang hangat dan lembab. Hal ini berpotensi menyebabkan iritasi kornea dimana pada jangka waktu panjang bisa membuat mata terasa sangat sakit hingga mengalami kebutaan. 

2.    Menggunakan lensa melebihi masa Pakai
Jangan bandel ikuti saran dokter kalau kita ingin memkai soflen, kalau ada saran pasti ada resiko. Seandainya kita membeli soflen untuk hal-hal kesehatan atau yang lain usahakan patuhi rambu-rambu pemakaian, Jika Anda membeli lensa kontak dengan masa pakai 1 bulan, maka setelah lewat dari 1 bulan sejak masa pemakaian, ada baiknya untuk mengganti dengan yang baru, kalau lensa sudah masa tenggang. ,kenapa lensa harus di ganti kalau melebihi masa pakai. Sebab ini akan beresiko mengakibatkan infeksi mata yang memicu kebutaan. Ciri-ciri lensa yang sudah kadaluarsa  adalah mata terasa perih, gatal, atau mengganjal saat dipakai.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. aminn








Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "3 Bahaya Sofliens Kotak Untuk Kesehatan mata"

Back To Top