Media Informasi Islam Terkini

Pencegahan Sakit Maag sejak Dini

Pencegahan Sakit Maag sejak Dini

Dunia kedokteran tanah air kita saat ini telah di rundung duka yang mendalam lantaran salah satu dokter muda yang berparas ganteng telah meninggal dunia di rumah duga, hasil pernytaan dari keluarga terkait meninggalnya mendiang Dokter Tamrin yaitu dokter tamrin memiliki masalah pada saluran cerna, tepatnya pada mag. Dokter rian sendiri tidak mau berobat kerumah sakit walaupun sakit mag sedang menggerogoti tubuh beliau, sampai-sampai tubuh beliau sangat memprihatinkan, kurus kering.

Terkadang penyakit yang di sepelekan kalau tidak segera di tangani dengan serius apalagi tidak mau berobat, maka penyakit ini akan berakibat fatal, salah satu contoh penyakit mag yang di alami oleh Alm Dokter tamrin, 

Untuk itu artikel ini menjelaskan tanda-tanda gejala maag agar kiranya penjelsan ini bisa bersikap hati-hati terhadap kondisi tubuh kita.

Penyakit maag gejalanya ada dua kategori:

1.    Penyakit Maag akut adalah  penyakit maag yang penderitanya akan merasakan perih di bagian lambung sebab adanya iritasi atau luka pada organ pencernaan dan penyakit maag akut ini akan terasa menjadi jika mengkonsumsi makanan yang mengandung asam atau makan pedas dan juga akut ini  mulasnya terasa amat sakit bahkan ada yang sampai muntah, sebab terjadi iritasi pada lambung dan juga adanya infekasi pada serangan bakteri helycobacter. Nafsu makan yang menurun selalu buang air besar terkadang sampai berdarah.

2.    Penyakit maag ringan. Maag ringan biasanya penderita hanya mengalami rasa sakit dan mulas saja. Pada maag ringan ini, apabila diperiksa akan terlihat terjadi kelebihan asam lambung pada dinding lambung. Maag ringan ini biasanya dapat diobati dengan makan dan minum obat teratur.

Ciri-Ciri Gejala penyakit Maag

1.    Kembung merupakan penyakit dimana perut akan terasa keras, untuk gejala ini biasanya susah sekali untuk beraktifitas dengan baik seperti duduk, berjalan dan tidur karena perut akan terasa sakit. perut kembung juga merupakan dampak dari peningkatan asam lambung dan gas yang berada dalam lambung maupun usus, selain itu terjadi pula perlambatan pergerakan lambung dan usus. Untuk itu orang yang sakit maag tidak boleh makan sesuatu yang membuat tambah kembung.

2.    Perut Terasa Penuh Gejala sakit maag selanjutnya yang sering dikeluhkan oleh pasien adalah perut yang terasa penuh, hal ini juga terjadi karena lambatnya pergerakan usus dan lambung sehingga makanan cendrung tertahan dalam saluran cerna. Itulah mengapa orang yang sakit maag dianjurkan untuk makan sedikit-sedikit tapi sering.

Anjuran Bagi Penderita Maag

a.    Bagi penderita maag di anjurkan untuk banyak minum air putih, jangan banyak minum kopi
b.    Ketika penyakit Maag menyerang kebanyakan penderita merasa nafsu makannya berkurang, untuk itu agar penyakit ini tidak semakin parah agar tetap makan dikit-demi sedikit yang penting rutin.
c.    Makan makanan yang bergizi seperti buah-buahan dan sayur, hindari makanan yang mengandung asam atau pedas. Karena saat makan pedas perut akan cepat merespon sehingga maag akan kambuh.

Obat tadisional Pencegah Sakit Maag

*Kacang Hijau juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan lambung agar lambung tidak  mudah terkena asam lambung yang tinggi. Cara menghilangkan sakit maag dengan menggunakan kacang hijau adalah sebagai berikut ini :

Rendam Kacang hijau selama 30 menit, Kemudian rebuslah kacang hijau menggunakan tiga gelas air sampai mendidih, Ketika airnya tinggal setengah makan kacang hijau tersebut bersamaan dengan air rebusannya., lakukan pengobatan itu sebanyak tiga kali dalam sehari dengan dosis satu sendok makan sampai dua sendok makan dalam sekali mengkonsumsi.

*Singkong di bakar jangan terlalu masak biarkan agak mentah saja, konsumsi 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

*Bawang putih untuk bumbu masakan  satu ini, juga bisa digunakan untuk meredakan sakit maag. Kandungan antiseptik dan juga zat-zat lainnya yang ada di bawang putih bisa digunakan untuk menetralisir asam lambung yang tinggi. Cara mengatasi maag dengan menggunakan bawang putih adalah berikut ini 

Geprek kasar 3 siung bawang putih. Seduh menggunakan air panas. Minumlah seduhan bawang putih itu saat hangat.Agar cepat sembuh anda bisa meminum air seduhan itu dua kali dalam sehari secara teratur. Mengatur Pola Makan

*Pola makan yang tidak teratur merupakan penyabab paling banyak menderita penyakit Maag, kalau kita saat tidak nafsu makan, namun takut terserang penyakit Maag, maka solusinya  bisa memberlakukan pola makan sedikit tapi sering. Hal itu akan membantu kita dalam menjaga lambung agar tidak terkena maag. Maag akan bisa kambuh jika telat makan atau makan tidak teratur juga sering mengkonsumsi makanan pedas. Oleh sebab itulah kita harus memperbaiki pola makan jika ingin menghindari sakit maag secara tuntas.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Aminnn…






Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Pencegahan Sakit Maag sejak Dini"

Back To Top