Media Informasi Islam Terkini

#Sunnah-Kah Menggosok Gigi Saat Berpuasa?


# Sunnah-Kah Menggosok Gigi  Saat Berpuasa?

Ada Sabda Baginda Rasulullah Saw:
Orang yang berpuasa bau mulutnya kelak berbau harum laksana minyak misik

Menggosok gigi merupakan keharusan bagi seseorang setelah makan dan sebelum tidur, tujuannya untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel, dan menjaga gusi supaya tetap bersih, membantu untuk menyingkirkan plak yang menyebabkan pembusukan, dan membuat napas menjadi segar. 
Melihat esensi hadist di atas, kita tidak di anjurkan menghilangkan bau saat berpuasa, di sebabkan kelak di akhirat bau yang tidak sedap itu akan berubah menjadi bau yang sangat wangi melebihi wanginya minyak misik.sehingga ulama’ fikih memakruhkan bersiwak  setelah matahari tergelincir.

#Lalu bagaimana hukum fikih menanggapi orang yang berpuasa lalu menggosok gigi dengan tujuan untuk menghilangkan bau mulut yang di sebabkan tidur, Apakah tetap di makruhkan?

*Hukum menggosok gigi dengan deskripsi masalah yang telah di sebutkan hukumnya tidak makruh, bahkan sangat di sunnahkan, beda halnya dengan pendapatnya Imam IBNU hajar.

#Landasan Hukum Fikih

*Menurut Imam Ibnu Hajar di makruhkan bagi seorang yang bersiwak setelah tergelincirnya matahari sampai waktu berbuka puasa (Maghrib), sekalipun ia telah tidur atau memakan sesuatu yang bisa menyebabkan bau mulut sangat tidak sedap.

*Namun sebagian ulama’ tidak memakruhkan akan tetapi sunnah bersiwak jika di sebabkan tidur, 
Imam Ibnu Ruslan dalam karyanya “Subdah” berkata: menurut saya orang yang bersiwak dalam keadaan berpuasa, setelah tergelincirnya matahari tidak makruh. Dan haram hukumnya berpuasa wishol, pendapat ini di kutip oleh Imam Kita As-Syafi’i Dan Imam Al-Turmudzi.
*Ulama’ munghukumi sunnah bersiwak, andaikan perubahan bau mulut itu di sebabkan tidur atau lupa memakan sesuatu yang bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap. Imam Al-Khatib memilih pendapat yang mensunnahkan bersiwak.

Semoga artikel yang singkat ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Aminnn..

Refrensi Kitab: Fathil Mu’in Syarah I’Anatut Tholibin juz 2 Hal 239




Tag : Islam
0 Komentar untuk "#Sunnah-Kah Menggosok Gigi Saat Berpuasa?"

Back To Top