Media Informasi Islam Terkini

#Sosok Tauladan Penuh Keistiqomahan Kh Mudlari Ganjaran#

#Sosok Tauladan Penuh Keistiqomahan Kh Mudlari Ganjaran#


Perjalanan sosok pak mudlari penuh dengan tauladan yang perlu kita contoh terutama soal keilmuan dan terhadap pendidikan, beliau selalu mengajarkan istiqomah terhadap satri-santrinya, mungkin Terlalu banyak perjalanan hidup sosok yang bernama Bapak Mudzhari ini jika untuk ditulis, lebih-lebih kenangan di hampir setiap murid-murid madrasah Raudlatul Ulum Ganjaran Gondanglegi Malang. Sebab nyaris semua murid sekolah itu adalah anak didik beliau, termasuk sebagian besar tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di unit putri yang sekarang ini sedang mengabdi.Hal yang pasti terpatri di benak setiap muridnya adalah: 1) Keistiqamahannya. 2) Kederhanannya.

Sebagai guru tertua, sebetulnya kondisi fisik seusia beliau terlihat sangat udzur untuk aktivitas mengajar. Tetapi ruhul jihad yang tetap membara dalam jiwa beliau, membuat semangat mendidik anak-anak tingkat Ibtidaiyah dijalani dengan tulus. Bahkan rasa penat dan sakit semisal batuk-pilek tak menjadi penghalang untuk terus ikut serta mencerdaskan anak bangsaKeistiqamahan beliau ini seakan tak pernah tertandingi, sekalipun oleh pengajar sejawat yang umurnya jauh lebih muda.

 Alhasil, kendati usia beliau telah senja namun semangat mendidik bagai anak muda. Sementara tidak jarang dari kita yang terbilang muda tetapi kemauan mengajar sebagian kita tak sebanding usianya.Di bagian lain, beliau dikenal pribadi sangat sederhana. Kala banyak pengajar merasa lebih cepat memotong waktu dengan kendaraan bermotor, beliau tetap santai dengan sepeda ontel. Anehnya, walau hanya bermodal sepeda yang harus dikayuh dengan kaki itu, kegiatan mendidik hampir-hampir tak tertinggal. Sedangkan sebagian kita yang konon melesat dengan kendaraan bermotor, namun keaktifan mengajar selalu saja dihiasi izin keperluan dan kebutuhan ini dan itu.

Semoga kita mampu meniru keistiqamah dan kesederhanaan beliau.Terima kasih wahai guru kami. Engkau adalah bagian dari suri tauladan dalam hidup kami.

Tag : Inspirasi
0 Komentar untuk "#Sosok Tauladan Penuh Keistiqomahan Kh Mudlari Ganjaran#"

Back To Top