Media Informasi Islam Terkini

# Solusi Shalatnya Orang Yang Selalu Mengalami Was-was


# Solusi Shalatnya Orang Yang Selalu Mengalami Was-was

Tak sedikit di antara kita yang selalu was-was saat melakukan shalat, terkadang untuk berniat yang bersamaan dengan takbiratul ihrom  saja, sampai menghabiskan waktu terlalu lama, kadang sampai tertinggal dengan imamnya demi untuk memantapkan niat.

# Solusi shalat bagi orang yang selalu was-was, agar ketika shalat tidak tertinggal dengan imam dan tidak menghabiskan waktu terlalu lama. Maka solusi utamanya mengikuti pendapatnya imam Abu Hanifah yang memperbolehkan shalat tanpa niat sah, karena niat menurut Imam Abu Hanifah hukumnya Sunnah.

#Landasan Hukum Fiqih

Dalam karya Al-khodim dari sebagian orang-orang yang sangat berhati-hati dalam mengambil hukum, yang lebih utama bagi orang yang mengalami was-was untuk mengambil hukum yang paling ringan. Agar was-was yang di alaminya tidak terlalu parah dan juga mencegah hal-hal yang bisa keluar dari ketentuan syar’I.

Untuk Mengambil hukum yang paling ringan agar seorang yang mengalami was-was tidak terlalu parah dan itu itu menjadikan suatu ‘ilat” Alasan” keutamaan mengambil pendapat yang ringan. Maka boleh saja baginya meninggalkan niat dengan mengikuti pendapatnya imam Abu hanifah, karena menurut beliau niat termasukperbuatan Sunnah. Atau dengan mengikuti pendapatnya imam Abu hanifah di dalam masalah di perbolehkannya seorang meninggalkan bacaan Fatihah di belakang imam shalat, agar was-was itu bisa hilang darinya.

Nah, demikian lah ulasan mengenai solusi bagi orang yang mengalami was-was agar shalatnya tidak memberatkan baginya   menurut pandangan syariah yang dapat Kami bagikan. semoga bermanfaat , amin.

Tag : Islam
0 Komentar untuk "# Solusi Shalatnya Orang Yang Selalu Mengalami Was-was"

Back To Top