Media Informasi Islam Terkini

# Sholat Tahiyyatul Masjid Saat Khutbah Sedang Di Baca

# Sholat Tahiyyatul Masjid  Saat Khutbah Sedang Di Baca

Shalat Tahiyyatul Masjid (Menghormati masjid) merupakan shalat sunnah dua rakaat yang dilakukan ketika masuk ke masjid sebelum duduk, kalau sudah duduk , maka gugur shalat tahiyyatul masjidnya.
Mengenai hukum shalat tahiyyatul masjid beberapa ulama mengatakan Sunnah. Imam Nawawi juga mendukung pendapat para ulama' bahwa hukum shalat sunnah tahiyyatul masjid sunnah, bahkan beliau mengatakan hukum sunnah ini telah di sepakati oleh kaum muslimin, dengan berlandaskan hadist-hadist Nabi Muhammad SAW.

"Apabila salah satu di antara kalian masuk masjid, janganlah duduk terlebih dahulu, Tapi hendaknya melakukan shalat dua rokaat.

Mayoritas di masjid manapun Ketika seorang menjadi bilal  isi dari bacaan bilal sendiri yakni mengajak para jama'ah untuk diam dan mendengarkan khutbah ketika di baca.
lalu timbul pertanyaan, bagaimana sikap kita ketika khutbah sedang dibaca sedangkan kita baru masuk kemasjid dan belum melakukan shalat dua rakaat, apakah langsung duduk mendengarkan khutbah apa tetap di sunnahkan shalat sunnah tahiyyatul masjid..?

# Tetap di sunnahkan shalat sunnah tahiyyatul masjid, Namun, hendaknya agak di percepat shalatnya. ini pendapatnya para ulama diantaranya Imam al-Hasan ibn Uyainah, Makhul, Ishaq, Ibnu al-Mundzir, Imam As-syafi'I dan Imam Ahmad.
Kasus ini berdasarkan beberapa hadist di antaranya, ketika Sahabat Syulaik al-Ghothafani datang kemasjid sedangkan Nabi Muhammad Saw sedang membaca khutbah, Lalu sahabat Syulaik duduk, lalu Nabi Muhammad  bertanya kepada beliau, sudahkah anda melakukan sholat dua rakaat, beliau menjawab, belum Ya Rasullullah, berdirilah!! kerjakan shalat sunnah dua rakaat lalu ringankanlah, maksudnya (shalatnya agak  di percepat percepat).
Lalu Nabi Muhammad Saw bersabda" ketika kalian masuk masjid sedangkan imam sedang membaca khutbah, maka shalatlah dua rakaat dan ringankanlah, maksudnya (Shalatnya agak di percepat).

# Tidak di sunnahkan melakukan shalat sunnah dua rakaat ketika imam sedang membaca khutbah, lebih baik langsung duduk mendengarkan khutbah yang di baca oleh imam, sebab ketika imam membaca khutbah para malaikat juga turut duduk manis mendengarkan khutbah yang di baca oleh imam, untuk itu tidak mendapatkan pahala.

Dalam kasus di atas yang tidak di sunnahkan untuk melakukan shalat sunnah dua rakaat, merupakan pendapatnya, Imam Ata' Bin Abi Rabat, Ibnu Sirrin, Qotadah al-Laith, Abu Hanifah dan Anas Bin malik.

Semoga Artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Aminn Ya Rabbal 'Alaminn..



Tag : Islam
0 Komentar untuk "# Sholat Tahiyyatul Masjid Saat Khutbah Sedang Di Baca"

Back To Top