Media Informasi Islam Terkini

#Shalat Qoshar, Memilih Jalur Yang lebih Jauh


# Shalat Qoshar, Memilih Jalur Yang lebih Jauh

Pak Dandi merupakan pedagang sukses yang selalu bepergian jauh dari satu kota ke kota yang lain, tujuannya hanya berdagang, lalu ketika dia bepergian dari kota seragen menuju kota kendal, Pak Dandi kebingungan untuk memilih jalur untuk ia lalui, Apabila Pak Dandi memilih jalur purwodadi ke barat tentu jaraknya sangat dekat, Namun, Pak Dandi mempunyai kendala bahwasannya jalan yang akan di lalui rusak parah. Apabila Pak Dandi memilih jalur solo ke semarang tentu jaraknya sangat jauh, Tapi, Jalannya lumayan Bagus, Kalau pak dandi memilih jalur yang lebih jauh yakni jalur solo-semarang sekalian jalan-jalan untuk melepas rasa jenuh serta menghindari kecelakaan semisal melalui jalur seragen-kendal.

Melihat kasus di atas apakah Bagi Pak Dandi di perbolehkan shalat qoshar, karena jalur yang akan ia lewati (Solo-Semarang) telah mencapai Masafatul Qoshri?

*Di perbolehkan shalat qoshar kalau tujuannya tidak bermaksiat seperti Jalannya lebih bagus, bersilaturrahmi, menjenguk orang sakit, berdagang. 

*Tidak di perbolehkan kalau tujuannya hanya ingin di perbolehkannya shalat qoshar, Imam Syafi’i juga berpendapat demikian, sedangkan menurut Abu Hanifah, Imam Ahmad dan Abu Dawud dalam kasus di atas boleh secara mutlak.

#Landasan Hukum Fikih

Kalau ada dua jalur, jalur A sangat jauh sedangkan jalur B sangat dekat, sedangkan musaffir memilih jalur A karena ada tujuan-tujuan yang di perbolehkan oleh Syara’ semisal, memilih jalan yang lebih bagus, menjenguk sanak famili atau menjenguk orang sakit dan berdagang, Maka bagi musaffir di perbolehkan shalat qoshar karena telah menetapi persyaratan, yakni melalui perjalanan yang di perbolehkan..

Kalau tujuannya hanya ingin di perbolehkaannya shalat qoshar atau tidak ada tujuan sama sekali, sebagaimana keterangan yang ada di kitab majmu’, Maka musaffir tidak di perbolehkan shalat qoshar.

Demikianlah uraian mengenai hukum shalat qoshar bagi seseorang yang melalui jalur tertentu dengan tujuan-tujuan yang telah di sebutkan di atas.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Aminnn...

Refrensi Kitab: Nihayatul Muhtaj Juz 2 Hal 262


Tag : Islam
0 Komentar untuk "#Shalat Qoshar, Memilih Jalur Yang lebih Jauh"

Back To Top