Media Informasi Islam Terkini

#Profil Imam Ibnu Sina Bapak Para ahli Kedokteran

#Profil Imam Ibnu Sina Bapak Para ahli Kedokteran

Abu Ali al- Huseyn bin Abdullah bin Hassan Ali bin Sina atau yang lebih kita kenal dengan nama Ibnu Sina, merupakan seorang tokoh terkenal dengan sejuta pengalaman dalam dunia kedokteran sehingga kitab-kitabnya tak jarang menjadi buku rujukan wajib bagi seluruh para dokter pada masa itu. Menurut sebagian riwayat Ibnu Sina di lahirkan  pada bulan Shafar tahun 375, sedangkan kota yang menjadi tempat kelahirannya yakni  terletak di desa Afshanah dekat kota Kharmaitan Provinsi Bukhara. sekarang kota ini menjadi bagian dari negara Uzbekistan.

Ibnu Sina Sejak berumur 21 tahun sudah pandai dalam hal tulis menulis, jadi, tak heran jika karyanya yang fundamental sangat banyak, tidak heran kalau para ilmuan dan ahli kedokteran menjadikan buku-buku beliau menjadi bahan rujukan.

Karya-karya imam Ibnu Sina  diantarnya:

1. Isaguji, ilmu logika Isagoge.
2. Fi Aqsam al-Ulum al-Aqliyah, tentang pembagian ilmu-ilmu rasional.
3. Ilahiyyat, Ilmu ketuhanan
4. Kitab an-Nayat, buku tentang kebahagiaan jiwa.
5. Fi ad-Din yakni tentang pemilikan.
6. Risalah fi Asab Huduts al-Huruf ,risalah tentang sebab-sebab terjadinya huruf.
7. Bidang syair dan prosa “Al-Qasidah al- Aniyyah” syair-syair tentang jiwa manusia.
8. Risalah ath-Thayr, cerita seekor burung.
9. Bidang politik “Risalah as-Siyasah, Buku tentang politik.

Ibnu Sina dalam masalah keilmuan tidak di ragukan lagi Karena kecerdasan otaknya yang luar biasa ia dapat menguasai semua ilmu yang diajarkan kepadanya dengan sempurna dari sang guru, bahkan melebihi pengetahuan sang guru, sejak usia 17 tahun Ibnu Sina sudah menekuni beberapa ilmu agama dan ilmu umum terutama yang sangat menonjol di kalangan ulama’ yakni ilmu kedokteran, Namun, Bukan hanya ilmu kedokteran yang beliau tekuni tapi  ilmu fisika, matematika dan ilmu hukum. Sedangkan dalam ilmu agama beliau menekuni kitab fikih

Guru-Guru Imam Ibnu Sina diantara: 

-Imam Abu Abdallah  Al-Natali 
-Imam Isma’il sang Zahid
-Imam Al-Farabi 
-Imam Sirajuddin Zar

Sebelum kematiannya Imam Ibnu Sina menderita penyakit golic, karena tekatnya untuk sembuh, beliau sangat rajin meminum obat bahkan sampai delapan kali dalam satu hari, sampai Ibnu Sina benar-benar di panggil oleh Sang maha agung saat usia beliau masih tergolong muda yakni 58 tahun, bertepatan bulan Ramadlan tahun 428 H. Jasad beliau di kebumikan dikota hamdan, Irak.

Semoga Cuplikan profile Ibnu Sina ini menjadikan  kita terus termotifasi untuk selalu bersemangat dalam mencari ilmu agama dan ilmu umum. Aminnn..

















Tag : profil ulama
0 Komentar untuk "#Profil Imam Ibnu Sina Bapak Para ahli Kedokteran"

Back To Top