Media Informasi Islam Terkini

#Problematika Pembiusan, Masih Wajibkah Menqodlo’ Shalat ?

#Problematika Pembiusan, Masih Wajibkah Menqodlo’ Shalat

Pembiusan yang di lakukan oleh dokter biasanya untuk menghilangkan kesadaran agar ketika di lakukan suatu  pembedahan terhadap anggta badan  tidak merasa kesakitan. Akan tetapi ketika  pembiusan kadang menghabiskan banyak waktu serta tidak sadarkan diri, sehingga ia tidak bisa melakukan kewajiban seperti shalat.

Apakah baginya masih di kenai kewajiban untuk mengqodo’ shalatnya yang tertinggal ?

 *Tidak di wajibkan untuk mengqodlo’ shalat, sebab pembiusan yang dilakukan kerena ada hajat yang sangat di butuhkan seperti operasi yang hukumnya di perbolehkan, meskipun bisa menghilangkan akal.

#Landasan Hukum Fikih 

*Menurut santri-santri Imam As-Syafi’i bahwa di perbolehkan mengkonsumsi obat yang bisa menghilangkan akal ”Bius” jika sangat di butuhkan, Sebagaimana yang telah di tunjukkan oleh pengarang dengan  redaksinya ”seorang mengkonsumsi obat-obatan tanpa ada hajat” apabila akalya hilang sedangkan ini di butuhkan, Maka ia tidak berkewajiban untuk mengqodlo’ shalatnya yang di tinggalkan setelah ia sadar. Sebab hilangnya akal ini di sebabkan sesuatu yang tidak di haramkan semisal pembiusan terhadap seseorang ketika hendak operasi pencangkokan hati dan lain sebagainya.

*barang siapa yang akalnya hilang dengan sebab perkara yang tidak di haramkan, semisal gila, pengidap penyakit epilepsy,  akalnya hilang sebab sakit atau minum obat yang Bius karena ada kebutuhan atau dipaksa untuk minum perkara yang memabukkan sampai akalnya hilang, maka ia tidak berkewajiban menjalankan shalat dan ketika sudah sadar ia juga tidak berkewajiban mengqodlo’ shalat yang di tinggalkan tanpa ada perbedaan pendapat ulama, karena berdasarkan sebuah hadist nabi, baik gila atau pengidap penyakit epilesi itu ada waktu sebentar atau  lama. Ini adalah menurut pendapatnya Imam Syafi’i.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk kita semua aminn…

Sumber Refrensi: Majmu’ Juz 3 Hal 8
               Majmu’ Juz 3 Hal 6


Tag : Islam
0 Komentar untuk "#Problematika Pembiusan, Masih Wajibkah Menqodlo’ Shalat ?"

Back To Top