Media Informasi Islam Terkini

#Posisi Yang Benar Bagi Pentalqin Mayit

#Posisi Yang Benar Bagi Pentalqin  Mayit

Kita pastinya sudah tahu semua bahwa, Mentalkin mayit itu hukumnya sunnah setelah di kebumikan. Mentalqin adalah  memberi   pelajaran/nasihat kepada mayit terkait pertanyaan-pertanyaan malaikat yang akan di pertnaggung jawabkan terhadap si mayit, dan juga berupa nasihat kepada  mayit agar ketika malaikat datang jangan gelisah tetap tenang, sebab malaikat yang datang juga sama-sama mahkluk Allah Swt.  

Banyak kita jumpai di pedesaan atau di kota-kota ketika mayit sudah di masukkan ke laing lahat, lalu salah satu di antara para jama’ah yang lebih alim dan terpandang membacakan talqin kepada si mayit, Namun, banyak di antara pentalkin yang berbeda-beda cara dalam mentalkin, terkadang para jama’ah yang hadir di pemakanan dalam posisi duduk sedangkan pentalkin berdiri ada yang sebaliknya. Ada juga yang sama-sama duduk.

#lalu bagaimana tata cara yang benar bagi si pentalqin mayit dengan masyarakat yang turut hadir di pemakaman?

*Untuk si Pentalkin mayit di sunnahkan untuk duduk di bagian atas (Kepala mayit)menghadap ke timur gambarnnya semacam berhadap-hadapan. Untuk para masyarakat yang turut hadir di pemakaman di anjurkan berdiri.

#Landasan Hukum Fikih

Imam Ramli pernah di tanya mengenai duduk ketika mentalkin mayit, Apakah bagi pentalkim mayit dan masyarakat di anjurkan untuk duduk atau sebaliknya.

Lalu beliau berkata” Sesungguhnya yang di anjurkan untuk duduk yakni si pentalkin dan tidak di sunnahkan bagi yang lainnya, karena orang yang mentalkin si mayit dengan posisi duduk itu lebih di dengar oleh si mayit yang berada di liang lahat”

Begitu lah penjelesan mengenai posisi bagi pentalkin mayit yang benar, semoga artikel yang singkat ini bisa bermanfaat bagi kita semua, Aminnn..

Refrensi Kitab : Fatawi Ar-Ramli Juz 2 Halaman 294


Tag : Islam
0 Komentar untuk "#Posisi Yang Benar Bagi Pentalqin Mayit"

Back To Top