Media Informasi Islam Terkini

#No !!! Perayaan Valentine day

No !!! Perayaan Valentine day

Valentine Day merupakan salah satu kegiatan yang di lakukan oleh non muslim, namun sekarang ini bukan hanya non muslim yang merayakan, muslim pun ikut merayakan walaupun caranya sedikit berbeda. 

Menurut satu pendapat bahwa sejarah perayan valentine day berawal dari  hukuman yang di terima oleh Saint Valentine pada masa kekaisaran Clasdius. Saint Valentine merupakan sosok pria yang selalu taat beribadah kepada tuhannya, ia mendapat hukuman mati dari pemerintahan kaisar Clasdius  bertepatan dengan hari 14 Februari 270 m.

Sebab kematiannya di latar belakangi oleh pengingkaran terhadap kebijakan  pemerintahan kaisar Clasdius,  dalam hal melarang terjadinya pertunangan atau pernikahan, semua kebijakan ini bermula dari banyaknya pertumpahan darah, sehingga kaisar merasa kesulitan untuk mengajak para pemuda untuk ikut bergabung memperkuat armada perangnya  agar bisa membentengi kerajaanya.
Para pemuda ini tidak ikut serta dalam memperkuat armada perangnya, para pemuda ini lebih memilih diam bersama keluarga dan kekasihnya, berawal dari ini banyak pendapat bahwa hari Valentine day termasuk hari kasih saying, baik terhadap keluarga, sahabat atau kekasih.

Paus Gelasius menetapkan hari 14 februari sebagai hari memperingati kematian Saint Valentine yang mati karena menolak kebijakannya kaisar Clasdius.

Nah, sudah jelas bukan bahwa valentine itu perayaan orang non muslim, untuk memperingati kematiannya Saint Valentine. Namun di Indonesia perayaan valentine day semakin marak di lakukan oleh kaum remaja, lebih memprihatinkan lagi di lakukan oleh remaja muslim. Mereka beranggapan perayaan sangat tepat di lakukan   sebagai wujut cinta kasih terhadap pasangannya.

#Bagaimana Hukum syariat Menyikapi kasus seperti ini,  yang semakin marak di lakukan oleh remaja muslim?

*perayaan valentine yang di lakukan oleh remaja muslim itu termasuk dalam kategori kufur, Jika bertujuan untuk menyerupai orang kafir dan sampai kagum terhadap agamanya. Kalau tujuannya untuk menyerupai golongn non muslim di serta kekaguman terhadap agama mereka, maka haram hukumnya. Sekilas penjelasan mengeni hukum merayakan Valentine Day.

Semoga Artikel yang sekilas ini bermanfaat untuk kita semua. Aminnn…

Sumber Refrensi:  Al-Fatawi Al-Fiqhiyah Juz 3 hal 229
                                Bughyatul Mustarsyidin  Halaman 407
                                Is’adur Rofiq Juz 2 Halaman 127



Tag : Islam
0 Komentar untuk "#No !!! Perayaan Valentine day"

Back To Top