Media Informasi Islam Terkini

#Hukum Menyembelih Hewan Qurban Dengan Mesin Gergaji Tahun 2017

#Hukum Menyembelih Hewan Qurban Dengan Mesin Gergaji Tahun 2017

Nah, ketemu lagi dengan saya, di artikel yang membahas masalah hewan kurban yang di sembelih menggunakan alat mesin, artikel ini  tidak kalah menarik dengan artikel-artikel sebelumnya.
karna Hari raya qurban tinggal menghitung hari lagi, tidak sedikit orang berlomba-lomba untuk mengorbankan hewan-hewan mereka, untuk di sembelih sebagai qurban hari raya idul adha.  Seiring canggihnya neknologi yang terus berkembang, menuntut semua yang di kerjakan oleh tangan-tangan manusia serba di permudah salah satu contoh menyembelihan hewan qurban menggunakan alat mesin, hal ini di lakukan tak lain agar proses penyembelihan lebih cepat dan mudah. 

# Terus bagaimana hukum fikih menyikapi hal tersebut?

*Penyembelihan hewan menggunakan alat mesin termasuk halal dan di perbolehkan, Jika alat mesinnya dan tatacara penyembelihan memenuhi beberapa syarat:
-Orang yang menyembelih hewan qurban sudah memenuhi syarat-syarat seperti berakal, Muslim atau ahli kitab, dan menyembelih dengan nama Allah.
-Alat yang di gunakan harus tajam bukan terbuat dari kuku dan tulang.
- Sengaja menyembelih hewan qurban.

#Landasan Hukum Fikih

*Syarat alat yang di gunakan untuk penyembelihan hewan qurban harus tajam, seperti pisau, bambu, timah, emas, perak dan besi. Bukan benda yang terbuat dari kuku dan tulang, karena berlandaskan hadist yang di riwayatkan oleh Imam Bukhori Dan Muslim.

*Ulama’ fikih mensyaratkan halalnya penyembelihan dengan beberapa syarat. Antara lain yang berkaitan dengan alat penyembelihan..semisal seseorang memakai pisau yang bisa di di gerakkan menggunakan listrik, syaratnya pisau itu bisa memutus pangkal otot yang wajib untuk di putus ketika penyembelihan. Dan orang yang menyembelih termasuk orang-orang yang telah memenuhi syarat penyembelihan,  kalau sudah terpenuhi semua, maka hukumnya  hewan hasil sembelihan tersebut termasuk halal dan di perbolehkan.
Kalau sampai alat penyembelihan menggunakan listrik itu mati yang belum memutus pangkal otot yang harus di putus, lalu hewan kurbannya mati atau dengan cara mencekik, mematikan hewan yang di sembelih dengan cara-cara yang lain yang tidak memenuhi beberapa syarat-syarat, maka hewan sembelihannya di hukumi tidak halal/ haram.

Semoga Artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Aminn


Sumber Refrensi:  Hasyiyatul jamal Juz 5 hal 286
                 Fatawi Al-azhar Jus 1 hal 228


Tag : Islam
0 Komentar untuk "#Hukum Menyembelih Hewan Qurban Dengan Mesin Gergaji Tahun 2017"

Back To Top