Media Informasi Islam Terkini

# Mengangkat Kedua Tangan Saat Berdo'a # Mengusap Wajah Setelah Berdo'a


Mungkin dari kita sudah tahu semua, bahwa ketika kita berdo'a pasti mengangkat kedua tangan lalu mengusap kewajah setelah selesai berdo'a.

Nah, Artikel ini sedikit mengupas hukum mengenai mengangkat kedua tangan serta mengusap kedua tangan ke wajah setelah berdoa.
# Mengangkat Kedua Tangan Saat Berdo'a # Mengusap Wajah Setelah Berdo'a

Dalam kasus ini ada dua keterangan hadist, yakni hadist secara umum dan hadist secara khusus. untuk keterangan yang sifatnya umum berlandaskan Sabda Nabi muhammad SAW.
"Sesungguhnya Allah SWT malu terhadap hambanya, Ketika seorang hamba berdo'a  kepada Allah SWT sambil mengangkat kedua tangan, serta Allah malu untuk menolak permintaanya.
Ada juga hadist yang di riwayatkan oleh sahabat Salman
Suatu ketika Rasulullah Saw bersabda:
"Tiada suatu golongan yang berdo'a mengangkat tangannya kepada Allah SWT untuk meminta hajatnya terkabulkan, melainkan kewajiban bagi Allah SWT untuk menerima permintaanya". Imam al-hafidz al-haitami menilai hadist ini yang meriwayatkan merupakan perawi shahih.
Sedangkan untuk hadist yang sifatnya khusus adalah hadist yang di riwayatkan oleh Sahabat Abdullah Bin Zubair, beliau melihat seorang hamba mengangkat kedua tangannya ketika berdo'a sebelum selesai dari shalat. setelah Abdullah Bin Zubair selesai. 
lalu beliau berkata" Sesungguhnya Rasulullah tidak pernah mengangkat kedua tangannnya kecuali setelah selesai mengerjakan shalat. Al-Hafidz juga menilai perawinya terpercaya.
# Dalil penjelasan tentang mengusap wajah setelah berdo'a
Umar Bin Khattab melihat Nabi Muhammad Saw, ketika  selesai berdo'a beliau tidak pernah melepasnya kecuali terlebih dahulu beliau mengusap ke bagian wajahnya. al-hafidz al-haitami menilai hadist ini hasan.

Dalam penjelasan di atas mengenai mengangkat tangan ketika berdo'a, mengusap wajah setelah berdo'a dan juga tertera jelas hadist-hadistnya maka dapat di ambil pemahaman bahwa mengangkat tangan, mengusap wajah setelah berdo'a hukumnya Sunnah.
Demikian penjelasan mengenai hukum-hukum yang saya buat.

 Semoga Artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan penulis yang selalu mendapatkan rahmad dan taufiq dari Allah swt. Aminn…



Tag : Islam
0 Komentar untuk "# Mengangkat Kedua Tangan Saat Berdo'a # Mengusap Wajah Setelah Berdo'a "

Back To Top