Media Informasi Islam Terkini

# Isyarah Memakai Jari Telunjuk Saat Tasyahud Awal Dan Tasyahud Akhir

# Isyarah Memakai  Jari Telunjuk Saat Tasyahud Awal Dan Tasyahud Akhir

Kita semua sudah memahami tatacara sholat, Namun, tidak banyak di antara kita mengerti apakah semua tatacara sholat ada dalilnya atau tidak, misal ketika tasyahud memakai isyarah jari tulunjuk terkadang ada yang di gerakkan ada yang tidak di gerakkan telunjuknya, supaya tidak saling tuduh salah ketika tasyahud, dan juga supaya semuanya ada dalil yang jelas, sehingga yang mau di gerakkan atau yang tidak di gerakkan tidak apa-apa.

#Dalil isyarah memakai jari telunjuk ketika tasyahud

Di dalam hadis shohih yang di riwayatkan oleh Imam muslim untuk tatacara tangan saat tasyahud adalah meletakkan tangan kanan di atas paha dengan menggenggam kemudian Rasulullah berisyarah dengan jari telunjuk. 

#Dalil Menggerakkan Jari Telunjuk Ketika Tasyahud

Hadist yang di riwayatkan oleh imam An-Nasa'I dari sahabat Wail beliau melihat Nabi Muhammad sedang tasyahud saat itu beliau mengangkat jarinya, lalu wail melihat Nabi Muhammad menggerakkan jari telunjuknya.
Imam malik memilih Hadist yang di riwayatkan oleh Imam Nasa'I dari Wail yang menganjurkan untuk menggerakan jari telunjuk saat tasyahud.

#Dalil Yang Tidak Mengerakkan Jari Telunjuk Saat Tasyahud 

Sahabat Zubair yang di riwayatkan oleh Imam Abu Dawud bahwa Rasulullah saat tasyahud meletakkan tangan beliau di atas lutut dan beliau tidak menggerakkan jari telunjuknya. 
Menurut Imam Abu Hanifah mengangkat telunjuk di sunnahkan saat mengucapkan lafad Ashadu al "Laa" . ketika lafad "Laa" di sunnahkan untuk mengangkat telunjuk dalam syahadat  tasyahud tanpa menggerakkn jari telunjuk.
Menurut Imam syafi'I menganjurkan mengangkat jari telunjuk  saat mengucapkan "Illa Allah" tanpa menggerakakn jari telunjuk.

# Dari kesimpulan di atas dapat di pahami bahwa dua hadist ini seolah-olah bertentangan, Namun Ahli hadist Imam Al-Baihaqi mencoba memadukan makna keduanya" bisa jadi yang di maksud 'menggerakkan tangan' adalah berisyarah dengan mengangkat jari telunjuk bukan menggerakkan jari telunjuk terus menerus (Aun Al-Ma'bud Syarah Sunan Abu dawud, Juz 2 hal 305).
Mengapa Jari Telunjuk Sebagai Isyarah Ketika Tasyahud?

Menurut Imam Syafi'I sebagai isyarah untuk mengesakan Allah SWT, dengan satu jari telunjuk.
Menurut Imam al-Baihaqi meriwayatkan dari Rasulullah tentang waktu mengangkat telunjuk adalah ketika mengucapkan kalimat sahadat, dan pada  saat itu berniat untuk bertauhid dan ikhlas beribadah kepada Allah".

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua, Aminnn…



Tag : Islam
0 Komentar untuk "# Isyarah Memakai Jari Telunjuk Saat Tasyahud Awal Dan Tasyahud Akhir"

Back To Top