Media Informasi Islam Terkini

# Larangan Shalat Sunnah Setelah Sholat Subuh Dan Ashar


#Larangan Shalat Sunnah Setelah Sholat Subuh Dan Ashar
Sholat secara bahasa yakni do'a sedangkan menurut istilah ucapan dan gerakan yang di dahulu dengan takbir dan di akhiri dengan salam serta melakukan rukun-rukunnya.
Shalat merupakn ibadah wajib yang harus di kerjakan oleh umat islam, shalat di syariatkan ketika Nabi muhammad di Isra'kan oleh Allah SWT, pertama kali sholat yang di kerjakan oleh nabi setelah Di isra'kan yakni Dluhur sebab pada saat subuh nabi belum mengerti tatacara shalat. 
untuk shalat sunnah yang di kerjakan setelah sholat lima waktu ada yang di anjurkan ada pula yang di haramkan seperti shalat sunnah setelah shalat Shubuh Dan Ashar.

#Hadist Mengenai larangan Shalat Sunnah setelah sholat Shubuh Dan ashar

Di riwayatkan oleh Sayyidina Umar
"Ada salah satu sahabat Nabi Muhammad setelah shalat ashar lalu beliau melakukan shoalat sunnah Ba'diyah, maka beliau di marahi oleh Sayyidina Umar. 
Sayyidana Umar Bin Khattab berkata:" Sesungguhnya Rasulullah Saw melarang shalat sunnah setelah shalat ashar".
Di riwayatkan oleh sayyidina Ali 
"jangan lah shalat sunnah setelah melakukan shalat ashar kecuali kamu shalat, sementara matahari sudah tenggelam. maksudnya (sudah masuk waktu magrib), ini tidak termasuk shalat sunnah ba'diyah shalat ashar, Tapi, shalat sunnah qobliyah magrib.
# Alasan Kenapa Sholat Sunnah Setelah Shalat Subuh Dan Ashar Dilarang..??
Rasulullah Bersabda: 
"Janganlah shalat setelah subuh, karena saat matahari terbit berada di dua tanduk syaithan, pada saat orang-rang kafir bersyujud kepadanya. Dan janganlah shalat sunnah setelah melakukan shalat ashar, sebab ketika matahari mau tenggelam berada di antara dua tanduk syaitan, lalu orang-orang kafir berbondong-bondong untuk berujud kepadanya.

Supaya kita tidak menyerupai kaum kafir, lalu Rasulullah melarang umatnya untuk sholat sunnah setelah sholat ashar.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua khususnya bagi pembaca yang di rahmati oleh Allah Swt. Aminnn… 


Tag : Islam
0 Komentar untuk "# Larangan Shalat Sunnah Setelah Sholat Subuh Dan Ashar"

Back To Top