Media Informasi Islam Terkini

#Kewajiban Seorang Istri Terhadap Suami


#Kewajiban Seorang  Istri Terhadap Suami

Sabda Nabi Muhammad SAW" barang siapa seorang istri mendirikan sholat, berpuasa ramadlan, menjaga kemaluannya dan mematuhi suaminya, maka di katakan kepadanya "masukkan kedalam surga dari segala pintu yang engkau kehendaki".
Begitu besar pahala seorang istri yang mau mentaati suaminya' namun perintah yang harus di patuhi yakni tidak berlawanan dengan syari'at islam seperti tidak boleh solat 5 waktu, puasa ramadlan dan menduakan Allah.

kalau tidak berlawan dengan syariat maka wajib bagi istri untuk mentaati perintah suaminya, Namun bagi suami juga harus mengetahui dan peka terhadap kondisi istri, jangan mentang-mentang menjadi suami menyusuh istri seenaknya sendiri tanpa balas kasihan.

Ada kisah seorang suami pamit berjihad  kepada istrinya, lalu sang suami berpesan kepada istriya  untuk diam di dalam rumah" saat suami berjihad, ada kerabat dari istriya datang dan  mengetuk pintunya, lalu memberi tahu bahwa ibunya sedang sakit parah, namun sang istri enggan keluar di ingat pesan suaminya untuk tetap diam di dalam rumah, kerabatnya bolak balik, namun sang istri tetap enggan keluar sampai ibunya meninggal.
kejadian ini sempai terdengar oleh baginda nabi Muhammad SAW. lalu Nabi bersabda" sungguh beruntung suami yang memiliki istri seperti ini. sungguh beruntung wanita ini, sebab ia dengan ikhlas memenuhi perintah suaminya meskipun ibunya sakit parah memintanya untuk datang sampai wafatnya. berkat memenuhi perintah suaminya surga rindu dengannya".
Kewajiban-Kewajiban Seorang Istri Terhadap Suaminya
# istri wajib mentaati suaminya 
# istri tidak boleh keluar rumah, puasa sunnah tanpa seizin suaminya. Kalau Puasa Ramadlan, puasa nadzar dan puasa kafarat maka wajib di lakukan walaupun suami melarang.
# Istri berusaha dalam segala aktifitasnya untuk memperoleh ridlo suaminya dan menghindari hal-hal yang membuat suami marah atau tersinggung.
# istri tidak boleh menolak ajakan suami untuk bersenang-senang dengan dirinya, Namun suami juga harus tahu kondisi istrinya.
# Istri termasuk orang yang mahjur Alaihi (wanita yang di batasi pentasarrufannya walaupn hartanya sendiri)untuk itu wanita dalam akad trasnsaksi harus meminta izin suaminya.
#Istri mendahulukan kepentingan suaminya di banding kepentingan kerabat bahkan orang tuanya sendiri,
#Istri dilarang mengumbar kejelekan suaminya
# Istri Wajib menjaga harta, anak dan rumah suaminya
#Istri senantiasa bersikap malu terhadap suaminya
#Istri berdiri saat suaminya mau keluar atau masuk kerumah.
kewajiban istri memang banyak di bandingkan kewajiban seorang suami terhadap istri, Tapi, tidak juga bertanggung jawab penuh terhadap istrinya.

semoga Para istri dengan ikhlas ridlo mematuhi perintah suaminya dan semoga dengan keridlo'an ini memasukkan ke surga tanpa hisab. Amin Ya Rabbal Alaminnn…

 Di balik kesulitan terpendam sejuta kesuksesan. 

Tag : Islam
0 Komentar untuk "#Kewajiban Seorang Istri Terhadap Suami"

Back To Top