Media Informasi Islam Terkini

#Hukumnya Tidur Sampai Waktu Shalat Habis

# Hukumnya Tidur Sampai Waktu  Shalat Habis

Ibu Sulastri merupakan seorang  perawat di rumah sakit ternama di Surabaya , waktu pekerjaan selalu berganti-ganti  terkadang berangkat pagi pulang malam, kadang berangkat malam pulang pagi. Begitulah seterusnya . terkadang  Ibu Sulastri merasa kecapean sebelum shalat subuh  tiba ahirnya Ibu sulastri tidur. 

Bagaimana hukumnya  jika Ibu Sulastri tidur sebelum masuk waktu Subuh , Sementara Ibu Sulastri mempunyai, ,dugaan yang sangat kuat bahwa dirinya akan bangun sebelum waktu shalat shubuh habis atau sudah terbiasa tidak akan bisa bangun kecuali setelah waktu shalat habis..?

*Di perbolehkan, karena saat Ibu Sulastri tidur belum di wajibkan atasnya tuntutan untuk shalat, tuntutan shalat itu dibebankan kepada seseorang kalau sudah masuk waktunya. Namun, sebaiknya jangan membiasakan diri melakukan hal-hal seperti itu.


#Landasan Hukum Fikih

*Seseorang yang tidur sebelum waktu shalat masuk hukumnya tidak di haramkan, sekalipun ia memiliki tujuan  tidak melakukan shalat pada waktunya. Kalau kasusnya seperti ini seseorang tidur sebelum waktu shalat jum’at dengan tujuan akan meninggalkan shalat jum’at maka hukumnya haram.

*Seseorang pernah mengajukan pertnyaan kepada Imam Ar-Ramli terkiat orang yang tidur sebelum waktu shalat fardu tiba, Semisal shalat Shubuh  ia mempunyai dugaan kuat sesuai adat kebiasaan, bahwa tidak bisa bangun kecuali setelah waktu shalat shubuh habis, 
Apakah tidur seperti ini du hukumi haram atau tidak?

*Imam Ar-Ramli menjawab pertanyaan tersebut: sesungguhnya  tidurnya orang yang di sebutkan di atas hukumnya tidak haram, karena ia tidak terkena khitbah (tuntutan), melakukan shalat shalat. Adapun orang yang tidur sebelum masuk waktu shalat , maka hukumnya sudah jelas (tidak berkewajiban menunaikan shalat), sedangkan setelah waktu shalat sudah masuk dan masih dalam keadaan tidur, maka tidak ada tuntutan shalat. Berbeda dengan orang yang tidur setelah masuk waktu shalat, maka tidurnya di hukumi haram, terkecuali dia yakin atau mempunya dugaan yang kuat bahwa ia akan bisa bangun dan mengerjakan shalat pada waktunya.

Demikianlah Uraian mengenai hukum tentang tidurnya seseorang sebelum masukwaktu shalat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua .aminnn…

Refrensi Kitab: Hasyiyah Bujairami ‘Alal Mnhaj Juz 2 hal 137
                            Fatawi Ar-Ramli Hal 115


Tag : Islam
0 Komentar untuk "#Hukumnya Tidur Sampai Waktu Shalat Habis "

Back To Top